Kanselir Kadipaten Lancaster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kanselir Kadipaten Lancaster
Chancellor of the Duchy of Lancaster
Lambang Kadipaten Lancaster
Bendera Kadipaten Lancaster
Petahana
Oliver Dowden

sejak 25 Oktober 2022 (2022-10-25)
GelarThe Right Honourable (formal)
Anggota
Atasan
Dicalonkan olehPerdana Menteri
Ditunjuk olehYang Mulia Raja
atas saran dari Perdana Menteri
Masa jabatanSesuai kehendak Yang Mulia Raja
Pejabat perdanaSir Henry de Haydock
Dibentuk1361
Situs webwww.duchyoflancaster.co.uk

Kanselir Kadipaten Lancaster (Inggris: Chancellor of the Duchy of Lancaster) adalah sebuah jabatan menteri[1] di dalam Pemerintahan Britania Raya. Kanselir Kadipaten Lancaster saat ini merupakan jabatan menteri negara tertinggi kedua dalam Kantor Kabinet, berada dibawah perdana menteri dan merupakan jabatan paling utama di dalam Departemen Kantor Kabinet[2]. Peran utama dari Kanselir Kadipaten Lancaster berkaitan dengan tanggung jawabnya dalam pelaksanaan administrasi pertanahan dan sewa-menyewa di dalam Kadipaten Lancaster[3].

Secara resmi Kanselir Kadipaten Lancaster diangkat oleh YM Raja atas nasihat dari Perdana Menteri[4][5], dan bertanggung jawab untuk menjawab segala pertanyaan yang diajukan dalam persidangan Dewan Rakyat atas pelaksanaan pemerintahan dalam Kadipaten Lancaster[6]. Pada saat ini keterlibatan Kanselir Kadipaten Lancaster dalam pelaksanaan urusan sehari-hari di Kadipaten sangat sedikit, dan jabatan ini dipegang oleh politisi senior yang tentu perannya dalam Kadipaten sangat jauh berbeda. Dalam pelaksanannya jabatan ini bisa dipandang sebagai jabatan yang sangat enteng, dimana perdana menteri akan mengangkat jabatan tambahan berupa Menteri Tanpa Portofolio dalam Kabinet. Pada bulan September 2021 tugas Kanselir Kadipaten Lancaster ditambah untuk memberikan nasihat kepada perdana menteri atas kebijakan implementasi dan pembangunan serta yang berkaitan dengan kebijakan Brexit[7].

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Aslinya, Kanselir Kadipaten Lancaster merupakan pejabat utama dalam pelaksanaan keseharian manajemen Kadipaten Lancaster dan wilayah Lancashire, tetapi tanah di daerah tersebut saat ini dijalankan oleh seorang deputi yang secara otomatis membuat Kanselir menjadi seorang anggota Kabinet dengan sedikit kewajiban atas Kekanselirannya. Jabatan ini sering dianggap sebagai menteri negara dengan tanggung jawab yang berkaitan dengan area kebijakan yang tidak ada di dalam departemen manapun di kabinet.

Pada tahun 1491, jabatan Wakil Kanselir daerah Lancashire dibentuk. Saat ini jabatan tersebut dijabat oleh seorang Hakim di bidang Divisi Kearsipan dalam Mahkamah Agung yang berkedudukan di wilayah barat laut Inggris.

Zaman Modern[sunting | sunting sumber]

Dibawah UU Sumpah Janji tahun 1868, Kanselir Kadipaten Lancaster harus mengucapkan sumpah setia dan sumpah jabatan[8]. Di masa tersebut, Sir Oswald Mosley yang diangkat menjadi Kanselir Kadipaten Lancaster adalah seorang menteri tanpa portofolio. Saat Sir Oswald menjabat ia fokus pada tingkat pengangguran setelah dilantik pada tahun 1929 dalam Kabinet MacDonald Kedua[9].

Setelah kampanye Dardanelles, Winston Churchill dilantik menjadi Kanselir Kadipaten Lancaster pada tahun 1915, sebuah hilangnya perangkap kekuasaan yang memalukan[10].

Kanselir Kadipaten Lancaster diberikan gaji dibawah aturan UU Gaji Menteri 1975. Namun daalm bab 3 dari UU tersebut menyatakan bahwa "gaji yang diberikan mungkin dapat dikurangi dengan jumlah gaji yang akan dibayarkan kepadanya selain dari gaji yang disediakan sehubungan dengan jabatannya[11].

Dari tahun 1997 sampai 2009, Kanselir Kadipaten Lancaster juga menjabat sebagai Menteri Urusan Kantor Kabinet. Hal ini dilaksanakan ketika Alan Milburn yang diangkat menjadi Kanselir Kadipaten Lancaster oleh Perdana Menteri Tony Blair di tahun 2004 dan pada waktu yang sama ia juga bergabung dalam sidang kabinet. Bagaimanapun dalam reshuffle kabinet pada tanggal 5 Juni 2009, jabatan Kanselir dijabat oleh anggota Dewan Bangsawan, Baroness Royall. Dalam kabinet Cameron Pertama, jabatan Kanselir Kadipaten Lancaster tetap dipegang oleh Pemimpin Dewan Bangsawan sampai tahun 2014.

Ketika David Lidington diangkat menjadi Kanselir Kadipaten Lancaster pada tanggal 8 Januari 2018, jabatan Menteri Urusan Kantor Kabinet dijabat juga olehnya. Hal ini terus berlanjut sampai pada diangkatnya Michael Gove menjadi Kanselir pada bulan JUli 2019. Gove diberikan tanggungjawab atas Kantor Kabinet, tetapi ia belum mulai menjabat sebagai Menteri Urusan Kantor Kabinet, meskipun pada reshuffle kabinet di tahun 2020 Gove diberikan jabatan Menteri Urusan Kantor Kabinet.

Steve Barclay kemudian diangkat menjadi Kanselir Kadipaten Lancater pada tanggal 15 September 2021. Ia juga menjabat sebagai Menteri Urusan Kantor Kabinet sampai bulan Februari 2022 ketika ia dilantik menjadi Kepala Staf 10 Downing Street. Jabatan Menteri Urusan Kabinet diserahkan kepada Michael Ellis meskipun Barclay tetap menjabat sebagai Kanselir Kadipaten Lancaster.

Kanselir Kadipaten Lancaster saat ini adalah Oliver Dowden yang ditunjuk pada tanggal 25 Oktober 2022.

Tanggung jawab dan Wewenang[sunting | sunting sumber]

Kanselir Kadipaten Lancaster bertanggung jawab atas pelaksanaan administrasi pertanahan dan sewa menyewa dalam Kadipaten Lancaster. Kanselir Kadipaten Lancaster juga merupakan anggota Kabinet dan bertugas memberikan nasihat kepada perdana menteri untuk urusan pembangunan dan impelementasi kebijakan pemerintah[12]. Selain itu Kanselir Kadipaten Lancaster juga bertanggung jawab atas hal :

  • Mengetuai komite-komite dalam kabinet.
  • Bertanggung jawab atas urusan pemerintahan.
  • Mengawasi komite-komite dan satuan tugas penerapan, konsekuensi akibat keluarnya Britania Raya dari Uni Eropa dan urusan-urusan konstitusional.
  • Memberikan pengawasan untuk semua kebijakan Kantor Kabinet[12].

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ House of Commons Disqualification Act 1975 c. 24, Schedule 2
  2. ^ "Chancellor of the Duchy of Lancaster - GOV.UK". 
  3. ^ Chancellor of the Duchy of Lancaster – Glossary page – UK Parliament Diarsipkan 6 November 2010 di Wayback Machine.. Parliament.uk (21 April 2010). Retrieved 30 September 2011.
  4. ^ FAQs, duchyoflancaster.co.uk. Archived 2009-09-01 on the Internet Archive.
  5. ^ The Government, Prime Minister and Cabinet: Directgov – Government, citizens and rights Diarsipkan 21 July 2011 di Wayback Machine.. Direct.gov.uk. Retrieved on 30 September 2011.
  6. ^ Vernon Bogdanor (9 November 1995). The Monarchy and the Constitution. hlm. 188. ISBN 9780198277699. . (Citing House of Commons Debates 17 November 1987 col 11, Standing Committee G.)
  7. ^ "Prime Minister Boris Johnson: Who's in his cabinet?". BBC. British Broadcasting Corporation. Diakses tanggal 24 July 2019. 
  8. ^ Promissory Oaths Act 1868 section 5 and Schedule
  9. ^ Gunther, John (1940). Inside Europe. New York: Harper & Brothers. hlm. 363–364. 
  10. ^ "Summer 1915 (Age 40)". International Churchill Society. 10 February 2015. 
  11. ^ Ministerial and other Salaries Act 1975 sections 1 & 3 and Schedule 1
  12. ^ a b "Chancellor of the Duchy of Lancaster – GOV.UK". www.gov.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 25 July 2019.