Kandagawa Jet Girls

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kandagawa Jet Girls
Visual utama
神田川JET GIRLS
(Kandagawa Jetto Gāruzu)
GenreOlahraga
Seri anime
SutradaraHiraku Kaneko
Produser
  • Satoshi Motonaga
  • Noritomo Isogai
  • Shigeto Takeyama
  • Shogo Kosakai
  • Chiaki Tanimoto
SkenarioGō Zappa
MusikNoisycroak
StudioTNK
PelisensiSentai Filmworks
Saluran
asli
AT-X, Tokyo MX, MBS, BS11
Tayang 8 Oktober 2019 7 Januari 2020
Episode12 + OVA[1]
Permainan
PengembangHoney∞Parade Games
Penerbit
GenreBalap
Platform
RilisPlayStation 4
  • JP: 16 Januari 2020
  • WW: 25 Agustus 2020
Microsoft Windows
  • WW: 25 Agustus 2020
 Portal anime dan manga

Kandagawa Jet Girls (Jepang: 神田川JET GIRLS, Hepburn: Kandagawa Jetto Gāruzu) adalah proyek multimedia yang dibuat oleh Kadokawa, Marvelous dan Egg Firm. Seri televisi anime dari proyek ini diproduksi oleh TNK dan ditayangkan mulai tanggal 8 Oktober 2019 hingga tanggal 7 Januari 2020. Adaptasi permainan balap ini dirilis oleh Marvelous dan dikembangkan oleh anak perusahaannya, Honey∞Parade Games, serta dirilis di Jepang untuk PlayStation 4 pada bulan Januari 2020. Versi bahasa Inggris dari permainan ini dirilis untuk PlayStation 4 dan Microsoft Windows pada bulan Agustus 2020. Versi Amerika Utara dirilis oleh Xseed Games, sedangkan versi Eropa dan Australia dirilis oleh Marvelous Europe.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Balap jet adalah olahraga terkenal di mana tim yang terdiri dari dua gadis bekerja bersama. Mereka terdiri dari jetter, yang mengemudikan perahu, dan shooter, yang menembakkan pistol air ke tim lawan. Bercita-cita menjadi jetter seperti ibunya yang legendaris, Rin Namiki memutuskan untuk meninggalkan rumahnya di pedesaan untuk mewujudkan mimpinya. Setibanya di Asakusa, ia bertemu dengan Misa Aoi dan mereka menjadi pasangan. Setiap pertandingan, ikatan mereka tumbuh lebih kuat.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Rin Namiki (波黄 凛, Namaki Rin)
Pengisi suara: Yū Sasahara[2]
Seorang gadis berusia 15 tahun yang pindah dari Nagasaki ke Asakusa dan bersekolah di SMA Putri Asakusa. Ia memiliki kepribadian yang sederhana dan jujur sehingga ia bisa bergaul dengan siapa saja. Ibunya adalah seorang jetter legendaris dan memiliki akal sehat, tetapi ia tidak pernah berpartisipasi dalam balapan resmi sehingga ibunya benar-benar amatir dalam hal pengetahuan. Ia menjadi jetter dalam balap jet dan berpasangan dengan Misa.
Misa Aoi (蒼井 ミサ, Aoi Misa)
Pengisi suara: Riko Kohara[2]
Seorang gadis berusia 15 tahun yang bersekolah di SMA Putri Asakusa. Karena beberapa alasan, ia berhenti dari olahraga balap jet favoritnya. Ia kemudian memutuskan untuk melanjutkannya ketika ia bertemu dengan Rin. Ia memiliki kepribadian yang keren dan tidak aktif terlibat dengan banyak orang, tetapi ia perlahan menjadi pasangan yang baik saat bingung oleh Rin yang mendekatinya hingga ia menjadi shooter dan berpasangan dengan Rin.
Kaguya Shijyuin (紫集院 かぐや, Shinjūin Kaguya)
Pengisi suara: Azusa Tadokoro[2]
Seorang jagoan jetter yang bersekolah di SMA Putri Musashino. Meskipun ia adalah gadis muda yang percaya diri dan sombong, ia sebenarnya adalah pekerja keras dan ia benar-benar melatih dirinya sendiri. Kerja sama dengan rekannya, Kuromaru, sangat bagus, tetapi ia terlalu terobsesi dengan kemenangan.
Kuromaru Manpuku (満腹 黒丸, Manpuku Kuromaru)
Pengisi suara: Aya Suzaki[2]
Seorang jagoan shooter yang mahir menggunakan senapan dan bersekolah di SMA Putri Musashino. Ia memiliki kepribadian yang riang dan polos. Ia bisa mentoleransi latihan ketat, tetapi ia sangat rakus dan suka makan hingga ia tidak pandai membatasi dietnya. Ia berpasangan dengan Kaguya.
Pan Ziyu (パン・ツウィ, Pan Tsui)
Pengisi suara: Rumi Okubo[2]
Kakak kembar Dina yang bersekolah di CS Production School dan seorang jetter yang menarik perhatian di dunia balap jet sebagai idola yang bisa bernyanyi dan berlari. Ia biasanya berperilaku seperti idola, tetapi di baliknya, cara bicaranya sengat pedas. Ia tidak puas dengan kebijakan sekolah yang lebih mengutamakan kegiatan idola daripada balap jet dan ia ingin serius bertanding balap jet.
Pan Dina (パン・ティナ, Pan Tina)
Pengisi suara: Naomi Ōzora[2]
Adik kembar Ziyu yang bersekolah di CS Production School dan seorang shooter yang memiliki keseimbangan yang baik dengan mempertahankan bentuk tubuh yang sama dengan kakaknya. Ia juga menjadi seorang idola, tetapi seperti kakaknya, ia kadang-kadang melihat niat sang kakak yang sebenarnya.
Jennifer Peach (ジェニファー・ピーチ, Jenifā Pīchi)
Pengisi suara: Lynn[2]
Seorang gadis yang meraih beasiswa di SMA California Coast cabang Jepang. Ia adalah seorang jetter telah belajar di luar negeri dengan pasangannya, Emily. Ia menyukai budaya Jepang, khususnya samurai, tetapi ia sering salah mengingatnya karena ia hanya memiliki pengetahuan yang diperoleh melalui internet dan permainan.
Emily Orange (エミリー・オレンジ, Emirī Orenji)
Pengisi suara: Fairouz Ai[2]
Seorang gadis yang bersekolah di SMA California Coast cabang Jepang. Seperti Jennifer, ia menyukai budaya Jepang dan memiliki kepribadian yang lugas. Tidak seperti Jennifer yang menyukai samurai, ia mengagumi ninja dan memiliki kebiasaan mengatakan "gozaru". Dalam balap jet, ia bertanggung jawab menjadi shooter dan ahli menembak dengan bazoka.
Manatsu Shiraishi (白石 マナツ, Shiraishi Manatsu)
Pengisi suara: Chika Anzai[2]
Seorang gadis berkulit hitam yang bersekolah di SMA Putri Takadanobaba di Shinjuku. Ia memiliki kepribadian yang cerah dan menyenangkan. Dalam balap jet, ia bertanggung jawab sebagai jetter dan berpasangan dengan Yuzu.
Yuzu Midorikawa (緑川 ゆず, Midorikawa Yuzu)
Pengisi suara: Kaori Maeda[2]
Seorang gadis yang bersekolah di SMA Putri Takadanobaba di Shinjuku. Ia memiliki kepribadian yang lembut dan seksi hingga ia sangat dominan. Dalam balap jet, ia bertanggung jawab sebagai shooter yang menggunakan senapan dan berpasangan dengan Manatsu, tetapi ia berlomba demi hadiah uang.
Fūka Tamaki (環 楓花, Tamaki Fūka)
Pengisi suara: Ayaka Asai[2]
Seorang gadis yang bersekolah di SMA Hijiribashi. Ketika ia masih kecil, ia memiliki sedikit kesempatan untuk keluar rumah dan hanya membaca buku, sehingga ia berbicara dengan kata-kata seperti memorandum. Ia sangat sopan, tetapi ketika ia sebagai jetter dalam balap jet, kepribadiannya tiba-tiba berubah dan ia berpasangan dengan Inori.
Inori Misuda (翠田 いのり, Misuda Inori)
Pengisi suara: Aya Uchida[2]
Seorang gadis yang bersekolah di SMA Hijiribashi. Ia sangat sopan dan baik kepada semua orang, tetapi ia terlalu serius dan susah bercanda hingga ia sangat menakutkan saat marah. Dalam pertandingan balap jet, ia bertanggung jawab sebagai shooter dan menggunakan pistol cincin sebagai senjatanya.

Media[sunting | sunting sumber]

Anime[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 26 Juli 2019, Kadokawa, Marvelous dan Egg Firm mengumumkan proyek multimedia baru dengan produser Senran Kagura, Kenichiro Takaki. Kenichiro Takaki mengungkapkan bahwa proyek multimedia baru akan mencakup permainan dan seri televisi anime yang direncanakan.[3] Seri ini diproduksi oleh TNK dan disutradarai oleh Hiraku Kaneko, dengan Gō Zappa menyusun musik dan Tsutomu Miyazawa mendesain karakter. Egg Firm memproduksi seri ini.[2]

Saat episode pertama seri ini memiliki debut siaran lanjutan di AT-X pada tanggal 25 September 2019,[4] seri ini secara resmi ditayangkan mulai tanggal 8 Oktober 2019 hingga tanggal 7 Januari 2020 di AT-X, Tokyo MX, MBS dan BS11.[2][5] Yū Sasahara dan Riko Kohara membawakan lagu pembuka "Bullet Mermaid", sedangkan Azusa Tadokoro membawakan lagu penutup "RIVALS".[6] Lisensi seri ini didapatkan oleh Sentai Filmworks.[7] Sebuah episode OVA digabungkan dengan edisi terbatas dari permainan yang berjudul Kandagawa Jet Girls DX Jet Pack (神田川JET GIRLS DXジェットパック).[8] Pada tanggal 18 Februari 2021, Sentai Filmworks mengumumkan bahwa seri ini akan menerima sulih suara berbahasa Inggris.[9]

No.Judul [10][a]Tanggal tayang asli
1"The Kandagawa is Calling"
Transkripsi: "Kandagawa ga Yondeiru" (神田川が呼んでいる)
8 Oktober 2019 (2019-10-08)[b]
Rin Namiki, yang bercita-cita menjadi jetter dalam balap jet, pindah ke SMA di Asakusa. Begitu ia datang ke Tokyo, ia mendapat masalah, tetapi ia mendapat bantuan dari Misa Aoi yang kebetulan ada di sana. Setelah itu, Rin yang tiba di asrama, bertemu kembali dengan Misa dan memutuskan untuk tinggal di kamar bersama. Keesokan harinya, klub balap jet SMA Putri Musashino muncul di hadapan Rin dan Misa yang sedang memancing di Kandagawa, lalu mereka mempertaruhkan hak untuk menggunakan sungai dan melawan Kaguya Shijyuin dan pasangannya, Kuromaru Manpuku, dalam pertandingan balap jet.
2"The Ace's Pride"
Transkripsi: "Ēsu no Puraido" (エースのプライド)
15 Oktober 2019 (2019-10-15)
Rin dan Misa kalah karena mereka menunjukkan perbedaan kekuatan yang luar biasa saat menunjukkan momentum mendekati SMA Putri Musashino. Pertandingan ini sangat menyenangkan dan tidak dapat dihindari untuk menggunakan Kandagawa, tetapi Rin dan Misa mengetahui bahwa hanya klub balap jet milik asosiasi yang memiliki hak untuk menggunakannya, sedangkan SMA Putri Asakusa tidak memiliki klub balap jet.
3"Country Comes to Town"
Transkripsi: "Onoborin" (おのぼりん)
22 Oktober 2019 (2019-10-22)
Rin, yang berusaha mengumpulkan anggota untuk pendirian klub balap jet di SMA, akan menyambut mekanik Kiriko Yoshitoku, ketua OSIS Fumika Shinshijyuin serta sahabatnya, Hina Tsuruno, sebagai anggota klub. Misa mengusulkan istirahat kepada Rin, yang telah mendirikan klub balap jet wanita SMA Putri Asakusa dan terus berlatih keras dengan tujuan memenangkan "Kandagawa Cup". Mereka berdua yang pergi bertemu Jennifer Peach dan Emily Orange, siswa internasional dari California Coast High School, dan menjadi teman, tetapi untuk beberapa alasan, mereka memutuskan untuk saling bersaing dalam pertandingan balap jet.
4"My Favorite"
Transkripsi: "Mai Feibaritto" (マイフェイバリッと)
29 Oktober 2019 (2019-10-29)
Rin dan Misa, yang akan bertanding melawan Jennifer dan Emily demi gantungan kunci lumba-lumba yang dibeli oleh Rin sebagai ucapan terima kasih karena telah membimbing SMA Putri Asakusa, berusaha dengan meningkatkan kinerja kendaraan jet "Cuisin2" yang dikendalikan lawannya. Rin juga mengaktifkan dorongan kendaraan jet "Orcano" untuk pertama kalinya, tetapi ia tidak dapat mengontrolnya dan jaraknya tidak menyusut dengan mudah. Selain itu, peluru pistol air Misa tersisa sedikit dan mereka sangat putus asa. Mereka berdua berusaha mencari ide untuk mengatasinya.
4.5"Highlight Reel"
Transkripsi: "Sōshūhen" (そうしゅうへん)
5 November 2019 (2019-11-05)
Mengulas episode 1 hingga episode 4.
5"Pop Idol Racers"
Transkripsi: "Aidoru Rēsā" (アイドルレーサー)
12 November 2019 (2019-11-12)
Bagian simulator pecah saat balap jet sengit sebelumnya, lalu Rin, Misa dan Kiriko memutuskan untuk berbelanja di Akihabara. Di sana, sekali lagi, mereka bertiga berkesempatan bertemu dengan Jennifer dan Emily dan diundang ke pertunjukan langsung dari duo idola kembar, Pan Ziyu dan Pan Dina, yang bisa bernyanyi dan berlari, lalu mereka menikmati pertunjukan bersama. Keesokan harinya, perintah latihan dari SMA Putri Asakusa yang telah lama ditunggu-tunggu datang, tetapi duo idola kembar itu tiba-tiba muncul di hadapan mereka.
6"What They Lack"
Transkripsi: "Futari ni Tarinai Mono" (二人に足りないもの)
19 November 2019 (2019-11-19)
Rin dan teman-temannya kesulitan menghadapi Ziyu dan Dina yang menunjukkan kombinasi yang luar biasa. Mengingat Rin yang tertekan oleh perbedaan level, Misa mengajaknya jalan-jalan di Asakusa. Namun, di Asakusa, mereka bertemu pasangan Manatsu Shiraishi dan Yuzu Midorikawa. Ia mengetahui bahwa mereka juga pembalap jet, tetapi untuk beberapa alasan, ia memutuskan untuk bermain bowling atau tenis meja dengan pakaian renang. Jennifer dan Emily yang kebetulan berada di sana juga bergabung dan pertandingan semakin memanas.
7"Why They Race"
Transkripsi: "Shissōru Riyū" (疾走る理由)
26 November 2019 (2019-11-26)
Rin, yang mendapat nilai buruk dalam ujian akademik, mulai belajar mandiri di perpustakaan untuk lulus ujian ulang. Setelah belajar dengan giat, Rin lulus ujian ulang, tetapi ia terpaksa tidak latihan karena kedinginan. Misa, yang seharusnya berlatih dengan Rin, pergi berlari sendiri, tetapi ia bertemu dengan Manatsu dan memberitahunya bahwa Rin telah tertidur. Kemudian, Manatsu dan Yuzu, serta Jennifer dan Emily, datang mengunjungi Rin.
8"The Great Nyu-Nyu"
Transkripsi: "Nyuunyuu-sama" (にゅうにゅうさま)
3 Desember 2019 (2019-12-03)
Rin dan Misa yang pergi berbelanja dan memutuskan untuk bekerja sama dalam mencari makhluk raksasa "Nyu-Nyu" yang sembunyi di Kandagawa yang dilihat oleh Manatsu dan Yuzu di video. Namun, empat orang yang menjelajahi jalur air tiba di kuil setelah mereka tersesat. Di sana, ia bertemu Inori Misuda, seorang gadis kuil, dan menerima makanan dan keramahan serta pemandian air panas.
9"The 180 Jetter"
Transkripsi: "Hyouhen Jettā" (豹変ジェッター)
10 Desember 2019 (2019-12-10)
Rin dan Misa, yang berlatih keras untuk kualifikasi Kandagawa Cup, bertemu Fūka Tamaki yang mengalami masalah dengan pasangannya saat berlari di sepanjang Kandagawa dan menyemangatinya. Dan akhirnya kualifikasi Kandagawa Cup digelar. Lawan pertandingan pertama Rin dan Misa adalah Fūka dan pasangannya, Inori, yang ditemuinya di kuil. Begitu pertandingan dimulai, Rin dan Misa terkejut dengan cara berkendara Fūka yang kasar dan tidak bisa dibayangkan dari penampilan anggun biasanya hingga pertandingan sangat sengit.
10"A Summer Gig Receive"
Transkripsi: "Samā Baito Reshību" (サマーバイトレシーブ)
17 Desember 2019 (2019-12-17)
Klub balap jet SMA Putri Asakusa memutuskan untuk bekerja paruh waktu selama liburan musim panas demi mendapatkan uang untuk membeli unit daya baru guna memenangkan Kandagawa Cup. Semua anggota klub berusaha mengumpulkan dana, tetapi mereka tidak dapat mencapai jumlah yang ditargetkan. Jennifer memperkenalkan Rin pada pekerjaan paruh waktu yang bisa diperoleh dalam satu hari, sedangkan ia tidak sabar untuk mengumpulkan uang menjelang final.
11"Rin Goes Home"
Transkripsi: "Rin, Jikka e Kaeru" (凛、実家へ帰る)
24 Desember 2019 (2019-12-24)
Rin dan Misa melaju ke final. Namun, tepat sebelum final, Misa khawatir tentang kompleks masa lalu yang memicunya untuk berhenti dari balap jet. Rin, di sisi lain, mengingat pergerakan ibunya saat bertanding beberapa tahun yang lalu sebagai referensi untuk mengambil garis balap sehingga ia menyadari bahwa hal ini tidak dapat membuat kinerja Orcano baik dan mengambil tindakan drastis. Lalu Misa diundang oleh Ziyu dan Dina untuk berpartisipasi dalam kamp pelatihan balap jet.
12"Our Jet Race"
Transkripsi: "Watashitachi no Jetto Rēsu" (私たちのジェットレース)
7 Januari 2020 (2020-01-07)
Misa memberitahu Rin bahwa ia memiliki sesuatu untuk dibicarakan ketika ia kembali dari rumah orang tuanya. Ia mengaku bahwa ia ingin berhenti dari balapan jet di masa lalu karena ia ingin berbicara tentang dirinya sendiri sebelum final. Ketika Rin mendengar hal itu, ia memberitahu Misa bahwa ia hanya mengejar bayangan ibunya. Dengan saling berbicara dari hati ke hati, mereka berdua menjadi satu dan akhirnya menantang final Kandagawa Cup.
OVA"Tokyo Girls Promotion Starts Here"
Transkripsi: "Koko Kara Hajimaru Tōkyō Gāruzu Puromōshon" (ここから始まる東京ガールズプロモーション)
16 Januari 2020 (2020-01-16)
Setelah Rin dan Misa mengerjakan tugas sekolah, mereka berdua diundang oleh Kaguya ke markas klub balap jet SMA Putri Musashino. Kaguya turut serta mengundang Ziyu, Dina, Jennifer, Emily, Manatsu, Yuzu, Fūka dan Inori. Kaguya memberitahu mereka semua bahwa ia dan Kuromaru sebenarnya telah membuat video promosi tentang olahraga balap jet dan menyerahkannya kepada Asosiasi Balap Jet Kanto, tetapi asosiasi tersebut tidak puas dengan video itu. Kaguya meminta mereka semua untuk membuat video promosi dan bekerja sama sebelum tenggat waktu.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Permainan balap yang diterbitkan oleh Marvelous dirilis di Jepang untuk PlayStation 4 pada tanggal 16 Januari 2020.[11] Permainan ini menampilkan elemen pemotretan dan delapan kursus dengan variasi berbeda, serta mode cerita, mode bebas dan mode multipemain.[12][13] Pada tanggal 21 Mei 2020, Marvelous dan Xseed Games mengumumkan bahwa permainan ini akan dirilis di Amerika Utara untuk PlayStation 4 dan Microsoft Windows pada Musim Panas 2020.[14][15] Pada tanggal 17 Juli 2020, diumumkan bahwa permainan ini akan dirilis di wilayah Barat pada tanggal 25 Agustus 2020.[16] Pada hari yang sama, juga diumumkan bahwa versi PlayStation 4 akan menerima rilis digital saja di Eropa dan Australia.[16][17]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Seluruh judul dalam bahasa Inggris diambil dari HIDIVE.
  2. ^ Episode ini memiliki debut siaran lanjutan pada tanggal 25 September 2019.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Blu-ray&DVD TV anime "Kandagawa Jet Girls" Official Cite" Blu-ray&DVD TVアニメ「神田川 JETGIRLS」公式サイト. kjganime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 11 Oktober 2019. 
  2. ^ a b c d e f g h i j k l m n Sherman, Jennifer (1 Agustus 2019). "Kandagawa Jet Girls Anime Reveals Video, Cast, October Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 1 Agustus 2019. 
  3. ^ Hodgkins, Crystalyn (26 Juli 2019). "Kadokawa, Marvelous, Egg Firm Announce Kandagawa Jet Girls Project". Anime News Network. Diakses tanggal 1 Agustus 2019. 
  4. ^ a b "神田川JET GIRLS 第1話先行放送". AT-X (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 27 Juli 2020. 
  5. ^ Mateo, Alex (18 September 2019). "Kandagawa Jet Girls Anime's New Promo Video Reveals October 8 Debut". Anime News Network. Diakses tanggal 18 September 2019. 
  6. ^ Pineda, Rafael Antonio (9 September 2019). "Azusa Tadokoro Performs Kandagawa Jet Girls Anime's Ending Song". Anime News Network. Diakses tanggal 9 September 2019. 
  7. ^ Sherman, Jennifer (1 Oktober 2019). "Sentai Filmworks Licenses Kandagawa Jet Girls Anime". Anime News Network. Diakses tanggal 4 Januari 2020. 
  8. ^ "製品情報|PS4『神田川JET GIRLS(ジェットガールズ)』 公式サイト". Marvelous (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 25 Januari 2020. 
  9. ^ Mateo, Alex (18 Februari 2021). "Sentai Filmworks Reveals Kandagawa Jet Girls Anime's English Dub Cast". Anime News Network. Diakses tanggal 18 Februari 2021. 
  10. ^ "Story | TVアニメ「神田川 JETGIRLS」公式サイト". kjganime.com (dalam bahasa Jepang). Diakses tanggal 8 Oktober 2019. 
  11. ^ Pineda, Rafael Antonio (25 September 2019). "Kandagawa Jet Girls Game Ships for PS4 in January". Anime News Network. Diakses tanggal 10 April 2020. 
  12. ^ Agossah, Iyane (24 September 2019). "Kandagawa Jet Girls Launches This January, First Screenshots, Preorder Goods (Updated)". DualShockers. Diakses tanggal 10 April 2020. 
  13. ^ Romano, Sal (5 November 2019). "Kandagawa Jet Girls details trick actions, weapons, courses, mini-games, and shop". Gematsu. Diakses tanggal 10 April 2020. 
  14. ^ "XSEED Games Announces Kandagawa Jet Girls ; Arriving on PlayStation 4 and Windows PC This Summer". Gamasutra. 21 Mei 2020. Diakses tanggal 23 Mei 2020. 
  15. ^ Agossah, Iyane (22 Mei 2020). "Kandagawa Jet Girls is Coming West on PS4 and PC via Steam". DualShockers. Diakses tanggal 23 Mei 2020. 
  16. ^ a b Romano, Sal (17 Juli 2020). "Kandagawa Jet Girls launches August 25 in the west". Gematsu. Diakses tanggal 17 Juli 2020. 
  17. ^ "Kandagawa Jet Girls 'races' digitally to PlayStation 4 this August within Europe and Australia". Marvelous. 17 Juli 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-01-19. Diakses tanggal 19 Juli 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]