Kamulyan, Tambak, Banyumas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kamulyan
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Banyumas
Kecamatan Tambak
Pemerintahan
 • Kepala desa -
Kodepos 53196
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Kamulyan adalah desa di kecamatan Tambak, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia sekaligus sebagai ibukota kecamatan Tambak. Sepanjang batas sebelah selatan desa ini dilalui oleh Jalan Nasional Rute 3 sehingga desa ini sangat mudah diakses, selain itu juga dilintasi rel kereta api lintas selatan Jawa dengan satu stasiun kelas III yaitu Stasiun Tambak yang masuk wilayah Desa Karangpucung.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Batas-batas wilayahnya adalah sebagai berikut:

Utara Desa Watuagung
Selatan Desa Karangpetir dan Desa Karangpucung
Barat Desa Gumelar Kidul
Timur Desa Purwodadi

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dusun Kaligalih
  2. Dusun Kamulyan
  3. Dusun Koplak
  4. Dusun Lemahmendek
  5. Dusun Tambak

Perekenomian[sunting | sunting sumber]

Pasar Tambak

Desa Kamulyan yang merupakan pusat ibukota kecamatan juga menjadi pusat ekonomi di kecamatan Tambak. Di desa ini terdapat pasar terbesar yaitu Pasar Tambak. Desa ini juga memiliki lahan areal persawahan yang cukup luas, sehingga dapat menopang roda perekonomian dan menjadikan Desa Kamulyan cukup mempunyai stok bahan pangan.

Penduduk[sunting | sunting sumber]

Mayoritas pekerjaan penduduk desa tersebut adalah Petani, Karyawan Swasta, Pedagang dan Pegawai Negeri. Umumnya penduduk usia produktif pergi merantaau atau bersekolah ke kota besar seperti Jakarta, kota-kota di Jawa Barat dan lainnya. Mayoritas penduduk desa ini memeluk agama Islam dan berbahasa jawa Dialek banyumas. Jenjang pendidikan yang dicapai penduduk di wilayah ini adalah hingga Universitas meski sebagiaan besar tamatan Sekolah menengah pertama dan Sekolah menengah atas.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

  1. SD Negeri 1 Kamulyan
  2. SMP Negeri 1 Tambak
  3. MTs Negeri 1 Tambak

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Sepanjang batas sebelah selatan desa ini dilalui oleh Jalan Nasional Rute 3 sehingga desa ini sangat mudah diakses, selain itu juga dilintasi rel kereta api lintas selatan Jawa dengan satu stasiun kelas III yaitu Stasiun Tambak yang masuk wilayah Desa Karangpucung.