Kamuflase salju

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ptarmigan, mengubah warna bulunya saat dari musim dingin dari kamuflase di musim panas.
Tentara Merah memekai kamuflase salju dekat Moskow, Desember 1941. Ada setidaknya 11 orang tentara di gambar.

Kamuflase salju adalah penggunaan warna atau pola yang efektif sebagai kamuflase di musim dingin. Berbeda dengan kamuflase musim panas pola biasanya bermotif kombinasi warna cokelat dan abu-abu, hingga hitam. Sementara kamuflase untuk musim dingin memiliki pola yang didominasi oleh warna putih untuk menyesuaian lanskap bersalju. Hal ini digunakan sebagai bukti awal dalam seleksi alam.

Di dunia hewan, kamuflase salju adalah sejenis polifenisme musiman bulu hewan. Hal ini ditemukan pada burung seperti ptarmigan batu, lagomorpha seperti kelinci kutub, mustelida seperti cerpelai, dan salah satu canid, rubah kutub. Karena spesies-spesie tersebut telah berevolusi secara terpisah, penampilan mereka juga terjadi karena evolusi konvergen. Beberapa spesies kutub seperti burung hantu salju dan beruang kutub bulunya tetap berwarna putih sepanjang hidupnya.

Dalam penggunaan militer, tentara sering menggunakan seragam kamuflase yang didominasi berwarna putih saat musim dingin, atau bisa saja berwarna putih semuanya, termasuk senjata mereka. Beberapa tentara di dunia telah membuat seragam bolak-balik, dimana pola dicetak pada dua sisi sehingga dapat digunakan pada musim panas maupun dingin. Kendaraan dan senjata sering kali hanya dicat ulang dengan warna putih. Kadang-kadang, pesawat juga dicat ulang bermotif salju.

Polifenisme musiman pada hewan
Spesies Di musim panas Di musim dingin
Kelinci salju
Rubah salju
Cerpelai
Ptarmigan batu
Kamuflase salju sejak Perang Dunia Kedua
Contoh Di musim panas Di musim dingin
Flecktarn/Schneetarn

Kkamuflase disruptif Jerman

Angkatan Pertahanan Finlandia

gurun digital/pola salju

Tentara polandia

Seragam musim panas/musim dingin

Royal Air Force Jaguar

Skema cat musim panas/musim dingin

Referensi[sunting | sunting sumber]