Kamera pan–tilt–zoom

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Axis 214 PTZ Camera.jpg

Kamera pan-tilt-zoom (Kamera PTZ) adalah kamera yang mampu kontrol directional jarak jauh dan zoom.

Dalam produksi televisi kontrol PTZ digunakan dengan kamera video profesional di studio televisi dan disebut sebagai robotika kamera. Sistem ini dapat dikendalikan dari jauh oleh sistem otomatisasi. Kontrol PTZ umumnya dijual secara terpisah tanpa kamera.

PTZ adalah singkatan untuk pan, tilt, dan zoom dan mencerminkan pilihan pergerakan kamera. Jenis lain dari kamera yang ePTZ mana kamera megapiksel zoom ke bagian-bagian dari gambar dan kamera tetap itu tetap berada di satu posisi dan tidak bergerak. Kamera pengintai jenis ini sering terhubung ke DVR untuk mengontrol gerakan dan merekam video.

Sebuah inovasi ke kamera PTZ adalah program firmware built-in yang memantau perubahan piksel yang dihasilkan oleh klip video di kamera. Ketika piksel berubah karena gerakan dalam bidang kamera pandang, kamera dapat benar-benar fokus pada variasi pixel dan memindahkan kamera dalam upaya untuk pusat fluktuasi pixel pada chip video. Proses ini menghasilkan kamera berikut gerakan. Program ini memungkinkan kamera untuk memperkirakan ukuran obyek yang bergerak dan jarak gerakan dari kamera. Dengan perkiraan ini kamera dapat menyesuaikan kamera lensa optik masuk dan keluar dalam upaya untuk menstabilkan ukuran fluktuasi pixel sebagai persentase dari total area tampilan. Setelah gerakan keluar lapangan kamera pandang kamera secara otomatis kembali ke "diparkir" posisi pra-diprogram atau sampai indra variasi pixel dan proses dimulai lagi.

Referensi[sunting | sunting sumber]