Kambisus I

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kambisus
Raja Agung
Raja Ansan[1]
Raja Persia
Makam Kambisus I, Pasargadae
Masa kekuasaan580–559 SM
Lahir600 SM
Wafat559 SM (usia 41)
Tempat wafatPasargadae
PemakamanPasargadae, 559
PendahuluKoresh I
PenggantiKoresh II
RatuMandana dari Media
AnakKoresh II
DinastiKekaisaran Akhemeniyah
AyahKoresh I
AgamaZoroastrianisme

Kambisus I atau Kambisus yang lebih tua (via Bahasa Latin dari Bahasa Yunani Kuno Καμβύσης, dari Bahasa Persia Kuno Kambūǰiya-; bahasa Elam: Kanbuziya, bahasa Akkadia: Kambuziya, Aramaik Knbwzy; bahasa Inggris: Cambyses I; sekitar 600 SM – 559 SM) merupakan seorang raja Ansan dari skt. 580 sampai 559 SM dan ayahanda Koresh yang Agung (Koresh II), putra Koresh I yang lebih muda, dan saudara Arukku.[2] Ia tidak sama dengan cucunya yang lebih terkenal, Kambisus II.

Kambisus adalah anggota awal Kekaisaran Akhemeniyah. Ia rupanya adalah cicit pendiri Akhaimenes, cucu Teispes dan putra Koresh I. Pamanda paternalnya adalah Ariyaramna dan sepupu pertamanya adalah Arsama.

Menurut Herodotos, Kambisus adalah "seorang pria yang memiliki keluarga dan kebiasaan tenang". Ia memerintah di bawah kekuasaan Astyages, Raja Media. Ia dilaporkan menikahi Putri Mandana dari Media, seorang putri Astyages dan Putri Aryenis dari Lydia. Istrinya dilaporkan cucu perempuan Hovakhshatra dari Media dan Alyattes II dari Lydia.[3] Hasil pernikahan mereka adalah kelahiran pewarisnya Koresh yang Agung. Menurut Nikolaus dari Damaskus nama aslinya adalah Atradates, dan ia terluka kemudian meninggal di dalam Pertempuran Perbatasan Persia dimana ia dengan putranya, berperang melawan Astyages. Itu terjadi pada sekitar tahun 551 SM, dan ia dilaporkan telah menerima pemakaman yang terhormat. Menurut Herodotos, Astyages memilih Kambisus sebagai menantu karena ia menganggapnya tidak mengancam takhta Media, karena telah mengimpikan putrinya akan melahirkan orang yang akan memerintah Asia. Ini bukan kasus Koresh yang Agung yang akan terus memecat kakeknya, dan memulai Kekaisaran Persia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Cyrus Cylinder
  2. ^ Muhammad A. Dandamayev. "Cambyses". In Encyclopædia Iranica. 15 December 1990. Retrieved 1 January 2012.
  3. ^ Pierre., Briant, (2002). From Cyrus to Alexander : a history of the Persian Empire. Winona Lake, IN: Eisenbrauns. hlm. 24. ISBN 9781575065748. OCLC 785943651. 
Kambisus I
Lahir: skt. 600 SM Wafat: 559 SM
Didahului oleh:
Koresh I
Raja Ansan
580 SM – 559 SM
Diteruskan oleh:
Koresh yang Agung