Kamagasaki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kamagasaki (釜ヶ崎) adalah nama terdahulu untuk sebagian wilayah dari Airin-chiku (あいりん地区) yang menjadi nama resmi kawasan itu pada Mei 1966.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Bagian dari empat kota yang berbeda — Nishinari-ku Taishi (西成区太子), Haginochaya (萩之茶屋), Sannō (山王), North Hanazono (花園北) dan Tengachaya (天下茶屋) — secara keseluruhan dikenal sebagai Kamagasaki.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Stasiun Shin-Imamiya

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kamagasaki telah menjadi nama tempat sejak 1922. Jumlah penghuni yang akurat tidak pernah ditetapkan, bahkan dalam sensus nasional, karena sebagian besar populasi merupakan pekerja harian yang tidak memiliki alamat tetap. Kehidupan sehari-hari di Kamagasaki pada tahun 1950-an difoto oleh Seiryū Inoue, yang memenangkan Penghargaan Pendatang Baru tahun 1961 yang diberikan oleh Japan Photography Critics' Society untuk "Seratus Wajah Kamagasaki". Wilayah ini memiliki konsentrasi pekerja harian terbesar di negara ini. Diperkirakan 30.000 orang tinggal di setiap radius 2.000 meter di daerah ini, yang sebagian berada dalam kondisi seperti kumuh hingga baru-baru ini pada tahun 2012, termasuk struktur perumahan yang rusak dan jalanan yang tidak rapi.

Daerah di sekitar Kamagasaki merupakan kelas atas, bersih, dan menarik wisatawan dengan tempat-tempat wisata populer termasuk Tsutenkaku, Shinsekai, dan Nipponbashi. Namun, di Kamagasaki, para tunawisma sering terlihat tidur di jalanan sepanjang hari, dan hotel doya (ドヤ) (kamar murah sementara yang ditujukan untuk pekerja harian) berlimpah di daerah tersebut. Hotel tersebut menjadi populer baru-baru ini di kalangan backpacker dari luar Jepang karena harganya yang murah dan dekat dengan transportasi kereta api.[1]

Organisasi nirlaba dan keagamaan sering membagikan jatah makanan, membuat antrean panjang di taman umum. Nilai properti di Kamagasaki jauh lebih rendah daripada di daerah sekitarnya.

Pemerintah kota Osaka tidak mengizinkan nama "Kamagasaki" muncul di peta resmi dan melarang penggunaan nama tersebut di media. Sebuah film yang dibuat di sekitar wilayah tersebut oleh sutradara Shingo Ota yang sebagian dibiayai oleh kota, disebut "Fragile", ditarik dari Festival Film Asia Osaka 2013-2014 setelah Ota menolak untuk memotong adegan film yang mengidentifikasi lokasi komunitas dan merujuk aspek-aspek tertentu dari budayanya.[2]

Kerusuhan atau protes bersejarah[sunting | sunting sumber]

Beberapa konflik dengan polisi telah terjadi di Kamagasaki sejak tahun 1961 atas dugaan pelanggaran hak asasi manusia oleh pihak berwenang. Media massa biasanya menyebut peristiwa ini menggunakan kata-kata yang dapat diterjemahkan sebagai "kerusuhan".

Kerusuhan pertama terjadi pada 1 Agustus 1961, ketika seorang pekerja harian tua dari Kamagasaki tewas dalam kecelakaan lalu lintas. Pejabat yang tiba di tempat kejadian berasumsi bahwa pria itu sudah meninggal (hanya dokter yang diizinkan untuk mengumumkan kematiannya) dan meninggalkan mayatnya di jalan selama lebih dari 20 menit tanpa memanggil ambulans ketika berbicara dengan saksi. Sekelompok besar pekerja harian mengepung kantor polisi Nishinari sebagai protes atas perlakuan pria itu, membalikkan mobil polisi yang diparkir, dan membakar gedung apartemen di dekatnya. Polisi Prefektur Osaka menanggapi dengan 6.000 petugas, menggunakan tongkat polisi dan kendaraan untuk menangkap para perusuh. Butuh dua hari untuk menghentikan 2.000 perusuh; 28 orang ditangkap. Sekitar 10 perusuh dan 100 petugas polisi terluka.

Kerusuhan ini menjadi isu nasional dan diangkat di dalam legislatif prefektur dan legislatif nasional Jepang. Beberapa upaya dilakukan untuk memperbaiki hubungan antar kelompok, tetapi kerusuhan kecil terus terjadi. Pada Mei 1966, diputuskan bahwa nama resmi Kamagasaki akan diubah menjadi Airin-chiku (あいりん地区) dalam upaya meningkatkan citra daerah yang sarat kejahatan. Nama Kamagasaki masih umum digunakan di kalangan penduduk, sedangkan nama Airin-chiku digunakan oleh media dan pejabat pemerintah.

Kerusuhan ke-22 terjadi pada Oktober 1990, 17 tahun setelah kerusuhan terakhir pada tahun 1973. Kerusuhan ini juga melibatkan buruh harian lokal tetapi tumbuh sebanding ketika pemuda dari luar Kamagasaki bergabung. Stasiun Shin-Imamiya dan toko-toko lokal terbakar selama kerusuhan ini, dan butuh beberapa hari untuk menenangkan daerah itu.

Kerusuhan ke-23 terjadi pada Oktober 1992, dan kerusuhan besar-besaran tidak terjadi selama lebih dari 10 tahun. Kerusuhan ini merupakan kerusuhan berskala besar terakhir yang terjadi di Jepang sebelum KTT G8 ke-34.

Konflik ke-24 dengan polisi terjadi pada 13 Juni 2008, dan berlanjut selama enam hari. Hal itu terkait dengan KTT G8 ke-34. Sehari sebelum Pertemuan Menteri Keuangan G8 dimulai di Osaka dengan banyaknya polisi yang hadir, seorang buruh harian di Kamagasaki diduga disiksa oleh polisi. Sebagai protes, banyak buruh harian dan warga lokal lainnya melakukan protes jalanan selama beberapa hari.[3][4][5] Banyak media massa menyebut protes tersebut sebagai "kerusuhan".

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Taman kanak-kanak: TK Wakakusa, 2-9-2 Haginochaya

Sekolah dasar: Sekolah Dasar Haginochaya, 1-11-15 Haginochaya; Sekolah Dasar Koji, 2-16-26 Hanazonokita

Pada tahun 1962 Sekolah Airin (berganti nama menjadi SD dan SMP Airin pada tahun berikutnya) didirikan. (Pada tahun 1973, berganti nama menjadi SD dan SMP Shin-Imamiya Kota Osaka. Ditutup pada tahun 1984.) Persyaratan untuk masuk sekolah tersebut adalah tidak memiliki register atau registrasi penduduk.[6]

Sekolah menengah pertama: SMP Imamiya, 1-8-32 Hanazonokita

Sekolah lain: Studi Ekstensi Universitas Teologi UNION, 3-4-23 Haginochaya

Kesejahteraan[sunting | sunting sumber]

Jumlah orang yang menerima Perlindungan Kehidupan termasuk yang tertinggi di Jepang (176 dari 1.000 orang). Kota Tokyo sebanyak 17 orang, Nagoya sebanyak 13 orang, Fukuoka sebanyak 19 orang, Kota Osaka sebanyak 42 orang.

Persentase orang yang menerima kehadiran di sekolah sebesar 50,4% (seluruh Jepang sebesar 13,7%, Osaka-fu sebesar 24,7%, Kota Osaka sebesar 33,8%).[7]

Lembaga Perdamaian[sunting | sunting sumber]

Kegiatan[sunting | sunting sumber]

Upacara peringatan di Festival Musim Panas Kamagasaki ke-38
Konser Senja ke-28
  • Kamagasaki May Day 1 Mei
  • Festival Musim Panas Kamagasaki 13–15 Agustus
  • Konser Senja
  • Festival Genki
  • Acara Ragam Petang
  • Festival Yotteki

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Okazaki, Manami, "Nishinari: The largest slum in Japan is attracting a new breed of visitor: backpackers", Metropolis, 11 February 2011, p. 8.
  2. ^ Yamaguchi, Mari, "Nation’s biggest slum cannot be found on maps — or at Osaka film fest", (Associated Press), Japan Times, 25 March 2014.
  3. ^ "Resistance action against police in Kamagasaki". Indymedia Japan. 2008-06-17. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-07-05. Diakses tanggal 2008-06-29. 
  4. ^ Italian report Diarsipkan 2008-08-28 di Wayback Machine.
  5. ^ "English report". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-05-21. Diakses tanggal 2022-06-13. 
  6. ^ Think about Poverty chapter 2. The poverty of Day Workers, by Takeshi Ikuta, published by Iwanami Junior Paperbacks
  7. ^ Think about Poverty chapter 4. In Nishinari Ward in Osaka City, by Takeshi Ikuta, published by Iwanami Junior Paperbacks

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  • Mother's Day Story about a walk through Kamagasaki/Shinsekai by Don MacLaren, published September, 2009 in the literary magazine Danse Macabre

Koordinat: 34°38′53″N 135°30′07″E / 34.648°N 135.502°E / 34.648; 135.502