Kaloyan dari Bulgaria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kaloyan
Калоян
Raja Orang-Orang Bulgaria dan Vlach
Berkuasa1196–1207
Penobatan8 November 1204
PendahuluIvan Asen I
PenerusBoril
LahirSekitar tahun 1170
WafatOktober 1207
WangsaDinasti Asen

Kaloyan, juga dikenal dengan nama Kalojan, Johannitsa atau Ioannitsa (bahasa Bulgaria: Калоян; ca. 1170–October 1207) adalah seorang Tsar Bulgaria yang berkuasa dari tahun 1196 hingga 1207. Ia adalah adik Theodor dan Asen yang memimpin pemberontakan orang-orang Bulgaria dan Vlach pada tahun 1185. Berkat pemberontakan ini, kemerdekaan Bulgaria berhasil dikembalikan. Pada akhir tahun 1180-an, Kaloyan dijadikan sandera di Konstantinopel. Theodor (yang telah dimahkotai sebagai Tsar dengan nama Peter) mengangkat Kaloyan sebagai Tsar yang berkuasa bersama dengannya setelah Asen tewas dibunuh pada tahun 1196. Satu tahun kemudian, Theodor-Peter juga dibunuh dan Kaloyan menjadi penguasa tunggal Bulgaria.

Untuk memperoleh mahkota kekaisaran dari Tahta Suci di Vatikan, Kaloyan mengirim surat kepada Paus Innosensius III dan menawarkan pengakuan keutamaan Uskup Roma. Ia berupaya memperluas wilayah kekaisarannya, tetapi hal ini mengakibatkan konflik dengan Kekaisaran Romawi Timur, Serbia dan Hongaria. Emeric, Raja Hongaria, mengizinkan wali paus untuk mengantarkan mahkota kerajaan kepada Kaloyan hanya karena diminta oleh paus. Sang wali memahkotai Kaloyan sebagai "Raja Orang-Orang Bulgaria dan Vlach" pada 8 November 1204, tetapi Kaloyan tetap menganggap negaranya sebagai sebuah kekaisaran.

Kaloyan memanfaatkan peristiwa penaklukan Konstantinopel oleh Tentara Salib Keempat pada tahun 1204. Ia merebut benteng-benteng di Makedonia dan Trakia serta mendukung pemberontakan warga lokal melawan tentara salib. Ia berhasil mengalahkan Kaisar Latin Baldwin I dalam Pertempuran Adrianopel pada 14 April 1205. Baldwin ditangkap dan meninggal di penjara Kaloyan. Kaloyan kemudian kembali melancarkan kampanye militer melawan tentara salib dan merebut atau menghancurkan banyak benteng mereka. Ia dijuluki Kaloyan sang Pembantai Romawi karena pasukannya membantai dan menawan ribuan orang Romaioi (atau orang Yunani lokal). Ia meninggal secara misterius selama Pengepungan Thessalonika pada tahun 1207.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Sumber primer[sunting | sunting sumber]

  • George Akropolites: The History (Translated with and Introduction and Commentary by Ruth Macrides) (2007). Oxford University Press. ISBN 978-0-19-921067-1.
  • O City of Byzantium, Annals of Niketas Choniatēs (Translated by Harry J. Magoulias) (1984). Wayne State University Press. ISBN 978-0-8143-1764-8.
  • The Conquest of Constantinople: Robert of Clari (Translated with introduction and notes by Edgar Holmes McNeal) (1996). Columbia University Press. ISBN 0-8020-7823-0.

Sumber sekunder[sunting | sunting sumber]