Kallikrates

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kallikrates (bahasa Yunani Kuno: Καλλικράτης, translit. Kallikrátes) adalah seorang arsitek Yunani Kuno yang hidup di pertengahan abad kelima SM. Dia dan Iktinos merupakan arsitek Parthenon (menurut Plutarkhos, Perikles, 13).[1] Sebuah prasasti menyebutkan dia sebagai arsitek "Kuil Nike" di Akropolis Athena (IG I3 35). Kuil yang dimaksud adalah Kuil Athena Nike yang sekarang terlihat di situs itu[2] atau pendahulu berskala kecil (naiskos) yang sisa-sisanya ditemukan di fondasi kuil selanjutnya.[3]

Sebuah prasasti menyebutkan Kallicrates sebagai salah satu arsitek dari dinding sirkuit Klasik Akropolis (IG I3 45), dan Plutarkhos selanjutnya menyatakan bahwa dia dikontrak untuk membangun bagian tengah dari tiga tembok yang menghubungkan Kota Athena dan Piraeus.

Sebuah kawah di planet Merkurius dinamai untuk menghormatinya.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Roth, Leland M. (1993). Understanding Architecture: Its Elements, History and Meaning (edisi ke-First). Boulder, CO: Westview Press. hlm. 203. ISBN 0-06-430158-3. 
  2. ^ Roth, Leland M. (1993). Understanding Architecture: Its Elements, History and Meaning (edisi ke-First). Boulder, CO: Westview Press. hlm. 200. ISBN 0-06-430158-3. 
  3. ^ Mark, Ira S. (1993). The Sanctuary of Athena Nike in Athens: Architectural Stages and Chronology. Princeton. 
  4. ^ "Callicrates". Gazetteer of Planetary Nomenclature. NASA. Diakses tanggal 10 March 2022. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]