Kaliwareng, Warungasem, Batang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kaliwareng
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBatang
KecamatanWarungasem
Kode pos
51252
Kode Kemendagri33.25.12.2002 Edit nilai pada Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Kaliwareng adalah desa di kecamatan Warungasem, Batang, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini berlokasi di sebelah selatan kecamatan Warungasem dan memiliki lingkungan yang cukup asri, dengan sekitar dua pertiga lahannya masih ditumbuhi pepohonan hijau (1997), dan iklim yang sejuk.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Desa ini memiliki satu Sekolah Dasar Negeri (SD) dan satu Taman Kanak-Kanak (TK). Meski terletak di desa, SD kaliwareng sudah menorehkan prestasi olahraga di tingkat kabupaten dan provinsi. Bagi penduduk yang hendak meneruskan ke jenjang SLTP maka harus menempuh di kota kecamatan dan untuk jenjang SLTA di kota Kabupaten. Rata-rata generasi baru penduduk di desa ini menamatkan pendidikan SLTA. Bahkan banyak diantaranya sudah menamatkan pendidikan tinggi.

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar penduduk desa ini bermata pencaharian sebagai petani dan berkebun dengan hasil alam utama meliputi padi, palawija, kopi, karet, tebu, dan singkong. Beberapa diantaranya bekerja sebagai pedagang, buruh pabrik, karyawan, PNS, TNI/POLRI dan pengusaha.

Terdapat beberapa industri skala rumah tangga, diantaranya tekstil, emping melinjo, kerupuk, tepung tapioka, penggilingan padi, makanan ringan dll

Jaringan listrik PLN sudah menjangkau desa ini dengan rasio elektrifikasi mencapai hampir 100%. Jalan desa terhitung lebar sehingga dapat dilewati dua truk dari arah yang berlawanan. Hampir seluruh jalan desa sudah beraspal yang memudahkan pengangkutan hasil bumi ke pasar dan wilayah lain.