Kalimotxo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Sebuah wadah minuman Porron berisi Kalimotxo dengan sebotol minuman anggur vintage 1983.

Kalimotxo adalah minuman koktail yang terdiri dari campuran minuman anggur merah serta minuman kola[1][2]. Meskipun belum lama diciptakan, minuman ini telah menjadi simbol budaya dari Negeri Basque, Spanyol[3].

Pembuatan dan Penyajian[sunting | sunting sumber]

Sebuah galon berisi kalimotxo beserta kran agar penikmat bisa mengambil minumannya sendiri.

Kalimotxo disajikan di bar di dalam gelas berukuran pendek. Beberapa es batu dimasukkan, lalu anggur merah dan kola. Di daerah lain minuman ini disajikan dalam gelas tinggi. Kadang-kadang Ouzo atau adas manis ditambahkan. Variasi lain menambahkan sentuhan perasan air jeruk nipis.

Cara yang umum untuk menyajikan kalimotxo adalah dalam satu liter gelas minum yang terbuat dari plastik, disebut minis, cachi, maketas, litros, cubalitros atau jarras. Campuran dibuat langsung dalam gelas satu liter minis ini, dan seringkali botol kola digunakan kembali untuk membuat lebih banyak campuran. Hal ini dilakukan dengan mengosongkan setengah dari botol kola dua liter dan menambahkan satu liter anggur merah ke dalam botol. Es biasanya ditambahkan ke minuman. Minis tersebut kemudian dibagi di antara kelompok peminum, terutama selama acara pertemuan untuk minum-minum di jalanan.

Pada saat sumber daya yang tersedia lebih sedikit, kejadian umum di antara pemuda Spanyol, (kekurangan satu liter 'mini') tindakan drastis diambil oleh orang muda Spanyol. Salah satu cara termudah yang biasa untuk mencampur Kalimotxo yaitu melibatkan kantong plastik dan karton Tetra Brik dari anggur merah murah (Don Simón adalah merek yang umum). Sebanyak dua liter Coca-Cola dan dua liter anggur merah dikosongkan ke dalam tas belanja plastik. Setelah ramuan dicampur di dalam tas, tas itu diperas erat di sekitar mulut botol Coca-Cola dua liter dan isi tas dituangkan ke dalam botol. Karton anggur Tetra Brik yang sekarang kosong dibuka sepenuhnya dan dikupas kembali ujungnya untuk meniru fungsi 'minis'. Botol Coca-Cola kemudian digunakan sebagai alat distribusi untuk mengisi 'minis' darurat.

Salah satu variasi minuman tersebut diperoleh dengan menambahkan sejumput minuman blackberry. Ramuan serupa yang menggunakan anggur merah termasuk pitilingorri atau caliguay (50% anggur putih dan minuman ringan beraroma lemon 50%); gorigo pitilin (anggur merah 50% dan soda oranye 50%). "Tinto de verano", yang lebih umum di luar daerah Basque, adalah setengah anggur merah dan setengah "Casera", air mineral yang sedikit manis. Dalam variasi lain, seseorang dapat menambahkan ke rasio 50/50 cola dan minuman anggur merah tersebut sejumput labu apertif seperti minuman Ouzo untuk menciptakan minuman yang disebut Pallas.

Nama[sunting | sunting sumber]

Tidak jelas dari mana asalnya. Pada awal 1970-an itu disebut "Rioja Libre" atau "Cuba Libre del pobre" (orang Kuba yang malang) di beberapa provinsi di Spanyol. Nama sekarang, "Kalimotxo", dikaitkan dengan "Antzarrak cuadrilla" ("lingkaran teman-teman masa muda Geese"), yang konon menciptakannya selama perayaan Puerto Viejo 1972 (di Algorta, Getxo, Negeri Basque). Legenda mengatakan bahwa penyaji minuman di salah satu "txosna" (sebutan untuk stan minuman yang didirikan jika diadakan festival di Basque) melihat bahwa anggur yang mereka beli tidak dalam kondisi baik, jadi mereka memutuskan untuk mencampurnya dengan sesuatu untuk membunuh rasa asam. Penemu campuran menamainya setelah dua teman cuadrilla dikenal sebagai "Kalimero" (merujuk pada ayam Calimero) dan "Motxo", maka namanya "Kalimotxo". Nama itu tertangkap dan menjadi populer di seluruh Spanyol[4].

Pengejaan kata kalimotxo telah digunakan di Basque Selatan sejak tahun 1970an. Perusahaan Sandevid, yang biasa menjual kali yang telah disiapkan, menggunakan ejaan kalimocho.

Dalam kata kalimotxo dan motxo, suara Basque tx diucapkan seperti ch dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Karena namanya sekarang umum di seluruh Spanyol, bagaimanapun, ejaan calimocho yang biasanya dipakai sesuai dengan ortografi Spanyol. Di Katalan, kata kalimotxo biasa dieja calimotxo, meski nama kalimotxo juga sudah umum di sana[5] .

Nama alternatif termasuk Rioja libre (dari "Rioja", dan "Cuba Libre"), kali, motxo. Di Cile minumannya dikenal sebagai jote (bahasa Spanyol-Cile untuk burung nasar hitam). Di Rumania sering disebut motorină, yang berarti bahan bakar diesel, dan di Albania, Bosnia dan Herzegovina, Serbia, Republik Makedonia, Kroasia, Slovenia, dan negara-negara bekas Yugoslavia lainnya dikenal sebagai bambus (berarti bambu) dan musolini (diambil dari nama Benito Mussolini). Di Republik Ceko dikenal sebagai houba (berarti jamur), dan di Hongaria sebagai Vadász (berarti pemburu) atau vörösboros kóla (yang berarti kola dengan anggur merah) atau VBK untuk lebih singkatnya. Di Mozambik dan Afrika Selatan dikenal dengan nama Catemba, dan di Jerman kadang-kadang disebut Kalte Muschi (kucing beku) atau Korea.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Asier Perez (dir.) La verdadera Historia del Kalimotxo Funky Project, retrieved 2006
  2. ^ Franck Celhay Le Kalimotxo: cocktail hérétique ou opportunité pour la filière vin ? Décisions Marketing, retrieved 2008/10/01
  3. ^ Rosie Schaap Wine and Cola? It Works The New York Times, retrieved 2013/05/22
  4. ^ Luis Gómez En el nombre del kalimotxo El Correo, retrieved 2013/05/22
  5. ^ Calimocho in the Diccionario de la Real Academia Española