Kalawao County, Hawaii

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Wilayah Kalawao, Hawaii
Kalaupapa penninsula.jpg
Semenanjung Kalaupapa
Map of Hawaii highlighting Wilayah Kalawao
Lokasi di negara bagian Hawaii
Map of the United States highlighting Hawaii
Lokasi negara bagian Hawaii di Amerika Serikat
Didirikan1905
SeatKalaupapa
Komunitas terbesarKalaupapa
Wilayah
 • Keseluruhan53 sq mi (137 km2)
 • Daratan12 sq mi (31 km2)
 • Perairan41 sq mi (106 km2), 77.3%
Populasi (est.)
 • (2016)88
 • Kepadatan7,5/sq mi (3/km²)
Distrik kongres2nd
Zona waktuHawaii-Aleut:
UTC-10 (HAST)

Kalawao County adalah sebuah county yang terletak di negara bagian AS Hawaii.[1] County meliputi Semenanjung Kalaupapa atau Makanalua di pantai utara pulau Molokai. Semenanjung kecil ini terpisah dari kawasan diMolokai lainnya oleh tebing-tebing laut yang memiliki ketinggian lebih dari seperempat mil—satu-satunya akses darat adalah penggunaan bagal. Menurut perikiraan sensus 2016, County Kalawao adalah county paling kurang padat di Amerika Serikat dan menempati setidaknya daerah dari county.[2]

Karena penduduknya yang kecil, County Kalawao tidak memiliki fungsi seperti county di Hawaii lainnya. Sebaliknya, Kalawao adalah distrik yudisial Maui County yang meliputi seluruh pulau Molokai. County ini tidak memiliki pemerintah terpilih.

County ini dikembangkan dan digunakan dari tahun 1866 hingga tahun 1969 untuk permukiman untuk pengobatan orang-orang terkarantina yang mengidap penyakit Hansen (kusta).

Geografi[sunting | sunting sumber]

Kalawao County termasuk dalam Kawasan Statistik Metropolitan Kahului-Wailuku-Hilo.

Semenanjung Kalaupapa[sunting | sunting sumber]

Semenanjung Kalaupapa berisi satu-satunya pemukiman di county ini, Kalaupapa. Semenanjung Kalaupapa dikembangkan oleh lava yang meletus dari dasar laut di dekat Kawah Kauhako dan menyebar ke luar hingga membentuk gunung berapi perisai rendah. Semenanjung ini adalah episode vulkanik terbaru di pulau itu dan Gunung Berapi Perisai Molokai Timur yang lebih besar yang terjadi setelah pembentukan tebing oleh erosi.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Voss, Oscar (2012). "Is Kalawao County, on the north shore of Molokai, really a separate county?". Diakses tanggal 25 January 2015. 
  2. ^ Bureau, U.S. Census. "American FactFinder - Results".