Kalangwan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kalangwan adalah sebuah buku yang berisi ulasan mengenai Sastra Jawa, terutama Sastra Jawa Kuno dan Sastra Jawa Pertengahan. Buku ini ditulis oleh P.J. Zoetmulder tahun 1974 dalam bahasa Inggris, dengan judul asli Kalangwan; a Survey of Old Javanese Literature. Terjemahan bahasa Indonesia terbit pada tahun 1983 dan dilakukan oleh Dick Hartoko.

Penerbit[sunting | sunting sumber]

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Secara harfiah, Kalangwan artinya keindahan. Kata ini berasal dari langö yang artinya indah. Kata ini diambil P.J. Zoetmulder sebagai judul bukunya. Lengkapnya, buku ini berjudul "Kalangwan, Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang".

Buku ini berisi kajian, ulasan, dan penjelasan singkat mengenai kitab-kitab lama berbahasa Kawi. Tidak semua karya pada zaman Jawa Kuno dibahas. Beberapa kitab yang ia anggap tidak memenuhi rasa kalangwan-nya tidak dicantumkan atau dibahas mendalam. Jangkauan waktunya antara zaman Mataram hingga Majapahit.

Kebanyakan kitab-kitab yang dibahas di sini berwujud prosa dan puisi dalam kaidah kakawin. Ia juga sekilas memperbincangkan tentang sastra kidung yang ditengarai muncul di akhir era Majapahit.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Zoetmulder, P.J. (1994). Kalangwan: Sastra Jawa Kuno Selayang Pandang. Jakarta: Djambatan. Diterjemahkan oleh Dick Hartoko SJ. Tersedia dalam bentuk pdf (pranala unduh) dan arsip web.