Kakus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Poster sejarah sanitasi komunitas yang mempromosikan desain kakus sanitasi (Illinois, AS, 1940)
Sebuah kakus di Le Palais, Brittany

Kakus adalah bangunan kecil, terpisah dari bangunan utama, yang menutupi jamban. Ini biasanya berupa jumbeleng atau jamban timba tetapi bentuk jamban kering (tidak dapat disiram) lainnya juga dapat ditemukan. Istilah ini juga dapat digunakan untuk menunjukkan jamban itu sendiri, bukan hanya strukturnya.

Kakus digunakan di kota-kota di negara maju (misalnya Australia) hingga paruh kedua abad ke-20. Sarana ini masih umum terjadi di daerah pedesaan dan juga di kota-kota di negara berkembang . Kakus yang menutupi lubang jamban di daerah padat penduduk dapat menyebabkan pencemaran air tanah .

Aspek desain[sunting | sunting sumber]

Kakus bervariasi dalam desain dan konstruksi. Menurut definisinya, saluran tersebut berada di luar tempat tinggal, dan tidak terhubung ke pipa ledeng, saluran pembuangan, atau sistem septik . Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan agar bangunan-bangunan tersebut dibangun pada jarak yang wajar dari rumah, dengan mempertimbangkan masalah akses yang mudah dibandingkan dengan masalah penciuman. [1]

Bangunan atas ada untuk melindungi pengguna, dan juga untuk melindungi jamban itu sendiri. Tujuan utama bangunan adalah untuk privasi dan kenyamanan manusia, dan dinding serta atap memberikan pelindung visual dan perlindungan dari berbagai elemen. Kakus juga mempunyai peran sekunder yaitu melindungi lubang jamban da

ari masuknya air hujan secara tiba-tiba, yang akan membanjiri lubang dan membuang limbah yang tidak diolah ke dalam tanah di bawahnya sebelum dapat membus

Kakus biasanya sederhana dan bermanfaat, terbuat dari kayu atau kayu lapis . Hal ini terutama agar mereka dapat dengan mudah dipindahkan ketika lubang tanah sudah terisi. Tergantung pada ukuran lubang dan jumlah penggunaan, hal ini bisa terjadi cukup sering, terkadang setiap tahun. Seperti yang ditulis pakar "Jackpine" Bob Cary: "Siapa pun bisa membangun kakus, tapi tidak semua orang bisa membangun kakus yang bagus." [2] Denah lantai biasanya berbentuk persegi panjang atau persegi, tetapi kakus heksagonal telah dibangun. [3]

Penataan di dalam kakus berbeda-beda menurut budaya. Di masyarakat Barat, banyak, meskipun tidak semua, memiliki setidaknya satu kursi yang berlubang, di atas lubang kecil. Lainnya, seringkali di daerah pedesaan dan lebih tua di negara-negara Eropa, hanya memiliki lubang dengan dua lekukan di kedua sisinya untuk kaki pengguna. Di masyarakat Timur, ada lubang di lantai, di mana penggunanya berjongkok. Gulungan tisu toilet biasanya tersedia. Tongkol jagung tua, daun, atau jenis kertas lainnya dapat digunakan.

Dekorasi pada pintu kakus tidak ada standarnya. Bulan sabit yang terkenal di kakus Amerika dipopulerkan oleh para kartunis dan faktanya memiliki dasar yang patut dipertanyakan. Ada penulis yang menyatakan bahwa praktik tersebut dimulai pada masa kolonial sebagai sebutan awal "pria"/"wanita" untuk masyarakat yang buta huruf (matahari dan bulan menjadi simbol populer untuk jenis kelamin pada masa itu). [4] Yang lain menolak klaim tersebut dan menganggapnya sebagai legenda urban . [A] Yang pasti tujuan lubang itu adalah untuk ventilasi dan penerangan dan ada berbagai macam bentuk dan penempatan yang digunakan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Simple pit latrines". WHO. 1996. Diarsipkan dari versi asli tanggal 19 December 2012. Diakses tanggal 2 August 2016. 
  2. ^ Cary, "Jackpine" Bob (2003). The All-American Outhouse–Stories, Design & Construction (print). Cambridge, MN: Adventure Publications. ISBN 978-1-59193-011-2. 
  3. ^ "Sewer History: Photos and Graphics". 
  4. ^ Adams, Cecil (January 9, 1987). "The Straight Dope: Why do outhouse doors have half-moons on them?". Diarsipkan dari versi asli tanggal January 6, 2009. Diakses tanggal July 19, 2004. 
  5. ^ "Missouri Outhouses". Missouri Folklore Society. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 28, 2015. Diakses tanggal November 27, 2014. 


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "upper-alpha", tapi tidak ditemukan tag <references group="upper-alpha"/> yang berkaitan