Kaiserliche Reichspost

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lambang Kaiserliche Reichspost di Limburg

Kaiserliche Reichspost (bahasa Jerman: [ˈʁaɪçsˌpɔst], Pos Kekaisaran) adalah nama dari layanan pos tingkat negara Kekaisaran Romawi Suci.

Kaiserliche Reichspost didirikan oleh Jannetto de Tassis pada tahun 1495. Keluarga Bergamo Tasso telah membangun rute pos di seluruh Italia sejak kr. 1290 1290 dan paman Jannetto, Ruggiero telah bekerja untuk Friedrich III sejak pertengahan abad ke-15. Ruggiero sudah menghubungkan Wina dan Innsbruck dengan Italia, Stiria, dan Brussel, sebelum Maximilian memperluas lebih jauh dari rute-rute di seluruh wilayah kekuasaannya. Philip dari Bourgogne, kesayangan Maximilian menunjuk saudara Jannetto, Francisco sebagai capitaine et de maistre nos postes pada tahun 1502 dan hal itu merupakan sengketa pembayaran antara kedua belah pihak yang menyebabkan Francisco untuk membuka jaringan keluarga untuk korespondensi umum pada 1506. Karl V memastikan anak Jannetto, Giovanni Battista sebagai Jenderal Kepala Kantor Pos (chief et general de maistre noz postes par tous noz royaumes, membayar, et seigneuries) pada tahun 1520. Setelah dipastikan oleh Kaisar Rudolf II pada tahun 1595, layanan pos Kekaisaran tetap menjadi monopoli keluarga Thurn und Taxis (secara resmi turun-temurun dari tahun 1615 dan seterusnya) sampai diakhiri dengan akhir Kekaisaran pada tahun 1806.

Kaiserliche Reichspost berpusat di Brussel di Belanda Spanyol, dari mana rute aslinya ("Belanda") berjalan melalui Namur, Bastogne, Lieser, Wöllstein, Rheinhausen, dan Augsburg ke Innsbruck, dan Trento. Pos juga digunakan untuk memotong Kerajaan Prancis dalam rangka untuk tetap berhubungan dengan Spanyol Habsburg selama masa permusuhan. Persaingan layanan pos dilarang, meskipun kota-kota kekaisaran diizinkan untuk mempertahankan sistem komunikasi mereka sendiri.

Setelah naiknya saudara Rudolph, Kaisar Matthias pada tahun 1612, kedua rute didirikan dari Köln melalui Frankfurt, Aschaffenburg, dan Nürnberg ke Bohemia, dan kemudian juga ke Leipzig dan Hamburg. Setelah Perang Tiga Puluh Tahun dan Perdamaian Westfalen, Pangeran Jenderal Kepala Kantor Pos Lamoral Claudius II Franz von Thurn und Taxis dan penerusnya harus berurusan dengan pembentukan badan pos terpisah, terutama oleh Negara-Negara Bagian Kekaisaran Protestan di bagian utara Jerman, tetapi juga di beberapa negara Monarki Habsburg pos mereka tahan lama dari sengketa atas berbagai kewenangan. Dalam perjalanan Perang Penerus Spanyol, kedudukan Thurn und Taxis dipindahkan dari Brussel ke Kota Bebas Frankfurt pada 1702.

Meskipun dinasti telah berpihak pada pesaing Wittelsbach, Karl VII dalam Perang Penerus Austria, layanan mereka sangat diperlukan, dan suami Maria Theresia, Kaisar Francis I secara resmi melaksanakan kembali monopoli Thurn und Taxis pada tahun 1746. Dua tahun kemudian, otoritas pos pindah ke Regensburg, kedudukan Dewan Kekaisaran. Keluarga memiliki akumulasi kekayaan ekstrim. Meskipun demikian, kekayaan mereka dihancurkan oleh Perang Napoleon. Jenderal Kepala Kantor Pos terakhir, Pangeran Karl Alexander von Thurn und Taxis, kehilangan kantornya dengan pembubaran Kekaisaran pada tanggal 6 Agustus 1806, tapi otoritas pos terus berpusat di Frankfurt, pusat Pos Thurn und Taxi sampai penyatuan Jerman.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]