Kain dobby

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Kain dobby merupakan jenis kain tenun yang memiliki motif berbentuk pola geometris yang dihasilkan dari efek penenunan. Kain dobby dibuat dengan alat tenun dobby yang dapat mengatur pola benang pakan sehingga tercipta sebuah motif pada kain.

Teknik tenunan dobby pertama kali dikembangkan sekitar tahun 1840. Pada tahun 1840 pertama kali tenun dobby dikembangkan, proses pembuatan tenun dobby menggunakan alat tenun tangan, untuk membuat motif dibutuhkan satu orang yang duduk di atas alat tenun yang bertugas untuk mengatur benang lusi agar tercipta motif yang diinginkan.

Kain ini menggabungkan berbagai serat yang berbeda seperti katun, nilon atau sutra, dan mereka dapat diproduksi dalam berbagai berat, pola, dan warna yang berbeda. Warna benang lusi dan benang pakan mungkin sama, atau mungkin berbeda, yang secara alami meningkatkan tekstur halus.

Motif kain dobby memiliki pola geometris beberapa motif yang terkenal adalah Herringbone.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Kain dobby[1]


  1. ^ author (07 April 2020). "Mengenal Karakteristik Kain Dobby dan Pemanfaatannya Pada Berbagai Produk Sandang". fitinline. Diakses tanggal 19 Desember 2023.