Kadur, Pamekasan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kadur
Peta lokasi Kecamatan Kadur
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Timur
KabupatenPamekasan
Pemerintahan
 • Camat-
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri35.28.12
Kode BPS3528090
Luas- km²
Desa/kelurahan-

Kadur adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Pamekasan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Wilayah adminsitratif[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Kadur terletak di Pulau Madura.[butuh rujukan] Wilayah Kecamatan Kadur terdiri dari 10 desa.[1] Nama-nama desanya yaitu:[2]

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Di desa Kadur sendiri terdapat beberapa pesantren tua dan tetap eksis mendidikan ratusan santriwan dan santriwati. Dibandingkan desa lain di kecamatan Kadur, desa ini memang dikenal dengan penanganan pendidikan usia dini. Terbukti, beberapa pesantren dan sekolah umum masih tetap diminati masyarakat, sementara di desa lain sudah mulai dijauhi. Selain dikenal sebagai pusat pendidikan, desa Kadur juga menjadi pusat pemerintahan kecamatan Kadur. Di desa ini juga terdapat pasar dan terminal angkutan yang mengantar masyarakat ke daerah perkotaan dan kabupaten lain. Pasar dan terminal di desa kadur biasanya mulai beroperasi jam 06.00 wib pagi sampai 17.00 wib sore.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Muhaimin, Ahmad (2021). Harryadi, Dicky, ed. Kecamatan Kadur Dalam Angka 2021. Badan Pusat Statistik Kabupaten Pamekasan. hlm. 4. 
  2. ^ Muhaimin, Ahmad (2023). Anwar dan Mauluddin, I., ed. Kecamatan Kadur Dalam Angka 2023. BPS Kabupaten Pamekasan. hlm. 4.