Kadu, Jatigede, Sumedang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kadu
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Barat
KabupatenSumedang
KecamatanJatigede
Kode Kemendagri32.11.26.2012 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Kadu adalah desa di kecamatan Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, Indonesia. Desa Kadu berbatasan dengan Desa Lebaksiuh di Utara, Desa Cintajaya di Barat, Desa Cimanintin (Kecamatan Jatinunggal) di Selatan serta Desa Babakan Jawa dan Desa Sidamukti (Kabupaten Majalengka) di Timur. Pembagian Administratif Desa Kadu terdiri atas 4 dusun yang meliputi Dusun Kadu, Dusun Sukatani, Dusun Karamas dan Dusun Pamelangan.

Lokasi geografis Desa Kadu sendiri berada di ujung timur Kabupaten Sumedang dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka, tepatnya dengan Kecamatan Majalengka Kota dan letaknya yang cukup jauh dari pusat kecamatan, sehingga tak heran jika aspek sosial dan ekonomi lebih dekat dan berinteraksi langsung dengan Kota Majalengka. Jalur utama pendukung transportasi di Desa Kadu antara lain jalan kecamatan yang menghubungkan Desa Kadu dan Jatigede, jalan yang menghubungkan Desa Kadu dan Cimanintin serta keberadaan jembatan gantung yang sangat vital yang menghubungkan Desa Kadu dan Desa Sidamukti menuju Kota Majalengka.

Kondisi iklim dan tanah yang cocok ditambah kondisi desa yang dilalui aliran sungai Cilutung menjadikan potensi mata pencaharian dominan masyarakat Desa Kadu didominasi oleh sektor pertanian. Salah satu komoditas terbesar Desa Kadu adalah hasil perkebunan buah mangganya. Berbagai sarana dan prasarana juga cukup tersedia seperti kantor pemerintahan, sarana ibadah dan sarana umum masyarakat, dan sarana pendidikan.