Kadipaten Steiermark

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kadipaten Styria)
Kadipaten Steiermark

Herzogtum Steiermark (Bahasa Jerman)
Vojvodina Štajerska (Bahasa Slovenia)
1180–1918
Bendera Steiermark
Bendera
{{{coat_alt}}}
Lambang
Peta Austria-Hungaria pada tahun 1910, Steiermark ditandai dengan warna merah
Peta Austria-Hungaria pada tahun 1910, Steiermark ditandai dengan warna merah
StatusNegara bagian Kekaisaran Romawi Suci dan Kekaisaran Austria; Tanah Mahkota Cisleithania
Ibu kotaGraz
PemerintahanKepangeranan
Era SejarahAbad Pertengahan
 
970
• Dijadikan kadipaten oleh Friedrich Barbarossa
1180
• Diserahkan kepada Wangsa Babenberg Austria
1192
• Diserahkan kepada Wangsa Árpád Hungaria
1254
• Diserahkan kepada Dinasti Přemyslid Bohemia
1260
• Diserahkan kepada Wangsa Habsburg Austria
1276/78
• Austria-Hungaria dibubarkan
31 Oktober 1918
10 September 1919
Didahului oleh
Digantikan oleh
March of Styria Markgrafschaft Steiermark
Steiermark
krjKerajaan
Serbia, Kroasia dan Slovenia
Sekarang bagian dari Austria
 Slovenia
Sunting kotak info
Sunting kotak info • Lihat • Bicara
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Kadipaten Steiermark (Jerman: Herzogtum Steiermark; bahasa Slovenia: Vojvodina Štajerska; Hongaria: Stájer Hercegség) adalah sebuah kadipaten yang terletak di wilayah Austria selatan dan Slovenia utara. Kadipaten ini merupakan bagian dari Kekaisaran Romawi Suci hingga kekaisaran tersebut dibubarkan pada tahun 1806. Steiermark lalu menjadi tanah mahkota Cisleithania hingga pembubaran Austria-Hungaria pada tahun 1918.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kadipaten ini didirikan setelah Kaisar Friedrich I mengangkat status Markgrafschaft Steiermark menjadi sebuah kadipaten yang setara dengan Kadipaten Kärnten dan Bayern pada tahun 1180. Hal ini dilakukan setelah kekalahan Adipati Bayern Heinrich der Löwe. Markgraf Ottokar IV menjadi adipati pertama Steiermark. Namun, ia juga menjadi penguasa terakhir dari Wangsa Otakar karena ia tidak dikaruniai oleh calon penerus. Maka dari itu, pada tahun 1186, ia menandatangani Pakta Georgenberg dengan Wangsa Babenberg yang merupakan dinasti penguasa Austria sejak tahun 976. Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua kadipaten ini akan tergabung dalam suatu uni personal. Maka dari itu, setelah kematian Ottokar pada tahun 1192, Steiermark jatuh ke tangan adipati Babenberg Leopold V dari Austria.

Garis keturunan Babenberg Austria juga mengalami kepunahan pada tahun 1246 akibat kematian Adipati Friedrich II dalam pertempuran melawan Raja Béla IV dari Hungaria. Steiermark sempat dikuasai oleh Kerajaan Hungaria pada tahun 1254, tetapi wilayah ini kemudian direbut oleh Raja Bohemia Ottokar II Přemysl setelah ia memenangkan Pertempuran Kressenbrunn pada tahun 1260. Ottokar II kemudian menikahi saudara perempuan adipati Babenberg terakhir, Margaret dari Babenberg, agar ia dapat mengklaim Austria dan Steiermark. Namun, upayanya ditentang oleh Raja Jerman Rudolf dari Habsburg. Rudolf berhasil mengalahkan Ottokar dalam Pertempuran Dürnkrut dan Jedenspeigen pada tahun 1278. Rudolf kemudian mengambil alih Austria dan Steiermark dan menyerahkan kedua wilayah tersebut kepada anak-anaknya, Albert I dan Rudolf II. Semenjak itu, adipati-adipati Steiermark selalu berasal dari Wangsa Habsburg.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°04′00″N 15°26′00″E / 47.0667°N 15.4333°E / 47.0667; 15.4333