Kacimuih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Kacimuih
Kacimuih dengan taburan gula pasir
Detail
Daerah asal Sumatera Barat
Pembuat Orang Minangkabau
Jenis makanan Makanan ringan
Bahan Singkong, parutan kelapa, gula

Kacimuih adalah jajanan tradisional Orang Minangkabau yang dibuat dari perpaduan Ketela pohon dan parutan Kelapa. Kacimuih disajikan dengan taburan Gula untuk menambah rasa. Gula yang dipakai bisa gula pasir maupun gula merah (Gula aren). Kacimuih memiliki tekstur yang lunak dengan rasa yang gurih. Rasa gurih berasal dari parutan kelapa yang telah ditaburi gula.

Kacimuih dapat ditemui di pasar-pasar tradisional Sumatera Barat, khususnya di Kota Bukittinggi. Kacimuih dikalangan orang minangkabau merupakan makanan untuk menghilangkan rasa lapar sementara.

Cara membuat[sunting | sunting sumber]

Bahan utama kacimuih adalah ketela pohon (singkong). Cara membuat kacimuih yang pertama yaitu mengupas singkong dan dibersihkan dari kotoran. Singkong yang telah bersih diparut kasar dan dikukus sampai matang. Setelah matang, singkong diletakan di piring dan diberi parutan kelapa serta diberi taburan gula pasir.

Untuk kacimuih yang menggunakan gula aren. Parutan kelapa di masak terlebih dahulu dengan gula aren yang telah dicairkan. Kemudian diletakan diatas parutan singkong yang telah matang.

Kandungan gizi[sunting | sunting sumber]

Kandungan gizi kacimuih berasal dari bahan-bahan yang digunakan yaitu singkong dan kelapa. Kandungan gizi yang terdapat pada kacimuih antara lain yaitu serat, magnesium, vitamin c, dan asam lemak. Manfaat dari menkonsumsi kacimuih adalah meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan dapat menambah energi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. http://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/kacimuih-gurihnya-singkong-dengan-taburan-kelapa
  2. http://manfaat.co.id/manfaat-singkong
  3. https://www.merdeka.com/sehat/5-manfaat-mengonsumsi-daging-kelapa-untuk-kesehatan-tubuh.html