Kaca Venesia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kaca Venesia di jendela toko.

Kaca Venesia adalah benda-benda kaca yang dibuat di Venesia, Italia, terutama di pulau Murano. Kaca ini dikenal akan kualitas dan warnanya.

Ciri-ciri penting kaca Venesia dikembangkan pada abad ke-13. Menjelang akhir abad tersebut, pusat industri kaca Venesia juga sudah dipindah ke Murano.

Para pengrajin dari Romawi Timur mempengaruhi perkembangan kaca Venesia.[1] Saat Konstantinopel dijarah oleh Tentara Salib Keempat pada tahun 1204, beberapa pengrajin Romawi Timur melarikan diri ke Venesia. Hal ini terjadi lagi saat Konstantinopel jatuh ke tangan Kesultanan Utsmaniyah pada tahun 1453. Pada abad ke-16, pengrajin Venesia telah menguasai berbagai teknik dekorasi dan dapat mengatur warna dan transparansi kaca.

Walaupun terdapat upaya untuk membatasi penyebaran teknik pembuatan kaca Venesia, teknik ini menyebar ke kota-kota lain di Italia dan juga negara-negara lain di Eropa.

Beberapa merek kaca terkenal di dunia saat ini (seperti Venini,[2] Barovier & Toso, Pauly dan Seguso)[3] masih diproduksi di pabrik kaca bersejarah di Murano. Barovier & Toso yang didirikan pada tahun 1295 dianggap sebagai salah satu dari 100 perusahaan tertua yang masih beroperasi di dunia.[4]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Arts and Crafts in Venice" Diarsipkan 2017-05-31 di Wayback Machine. About Venice Travel Guide
  2. ^ History of Venini
  3. ^ Carl I. Gable, Murano Magic: Complete Guide to Venetian Glass, its History and Artists (Schiffer, 2004). ISBN 0-7643-1946-9.
  4. ^ Barovier&Toso - A Time-Honoured Heritage[pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]