Juru rem

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Brakeman
Seorang juru rem Santa Fe Railroad berdiri di atas kereta yang sedang berhenti di Cajon, California. Kereta tersebut berhenti untuk mendinginkan rem setelah menuruni Cajon Pass, Maret 1943.
Pekerjaan
Sektor kegiatan
transportasi rel
Penggambaran
Pekerjaan terkait
kondektur

Juru rem adalah pekerja transportasi rel yang pekerjaan utamanya membantu pengereman sebuah kereta api melalui sebuah gerbong tersendiri.[1] Setelah kemunculan sistem rem udara pada kereta api, pengereman dapat dikontrol langsung oleh masinis. Hal ini menyebabkan peran juru rem telah usang, meskipun istilah ini tetap ada di Amerika Serikat dengan seorang juru rem melakukan berbagai fungsi dengan baik di trek maupun di dalam kereta.[2][3]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Railroad Brakeman: How The Job Has Changed". American-Rails.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 19 Agustus 2021. 
  2. ^ "Brakeman's Handbook" (PDF) (dalam bahasa Inggris). Nevada State Railroad Museum. 2010. Diakses tanggal 5 April 2017. 
  3. ^ "Learn to be the Brakeman" (dalam bahasa Inggris). Pacific Southwest Railway Museum Association. Diakses tanggal 5 April 2017.