Jurnal Resmi Uni Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jurnal Resmi Uni Eropa
DenEuropæiskeUnionsTidendeSerieCEksempel.png
TipeJurnal Resmi harian
Didirikan30 Desember 1952 (1952-12-30)
BahasaBahasa resmi anggota Uni Eropa
PusatUni Eropa

Jurnal Resmi Uni Eropa atau dalam bahasa Inggris: Official Journal of the European Union sering disingkat (OJ), adalah Jurnal Resmi berisi catatan dari Uni Eropa (UE) yang diterbitkan setiap hari kerja dalam semua bahasa resmi negara anggota Uni Eropa. Hanya tindakan hukum yang diterbitkan dalam Jurnal Resmi yang bersifat mengikat.

Jurnal ini pertama kali diterbitkan pada 30 Desember 1952 sebagai Jurnal Resmi dari Masyarakat Batu Bara dan Baja Eropa, kemudian diganti namanya menjadi "Jurnal Resmi Masyarakat Eropa" bersamaan dengan berdirinya Masyarakat Ekonomi Eropa, setelah Perjanjian Nice mulai berlaku pada 1 Februari 2003, namanya diubah menjadi seperti sekarang. Sejak 1998 Journal ini telah tersedia secara online melalui layanan EUR-Lex.

Pada 1 Juli 2013, versi elektronik dari Jurnal Resmi ini lebih bernilai hukum daripada versi kertas. Setiap persoalan diterbitkan dalam satu set dokumen dengan format PDF/A (dalam setiap bahasa resmi) ditambah dengan satu dokumen XML untuk memastikan keseluruhan koherensi melalui hashes dan dibubuhi tanda tangan elektronik (semacam tanda tangan digital yang telah didefinisikan dalam hukum Eropa) ditambah lagi dengan Trusted timestamping.

Jurnal ini terdiri dari dua seri:

Ada juga tambahan seri S yang berisi undangan untuk tender, dan dokumen lain yang berkaitan dengan Arahan Pengadaan Uni Eropa (lihat: Pengadaan pemerintah di Uni Eropa). Seri S ini juga merupakan satu-satunya seri yang tidak diterbitkan dalam setiap bahasa kerja di Uni Eropa. Setiap otoritas kontrak mengeluarkan pemberitahuan dalam bahasa yang sesuai dengan pilihannya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]