Jumpring

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Permainan Jumpring merupakan salah satu bentuk permainan tradisional anak anak yang dapat dilakukan oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Permaianan ini umumnya dilakukan oleh anak laki-laki yang berumur 6 - 12 tahun dan diikuti oleh 10 anak.

Tata Cara[sunting | sunting sumber]

Cara bermain Jumpring adalah dengan berkumpul dan membentuk lingkaran. Para pemain mengangkat tangan secara terbuka dan serentak ditelungkupkan ke tanah, kemudian pimpinan menuding dengan telunjuk mengikuti irama lagu dan bagi anak yang tertunjuk pada saat lagu berakhir maka tangan disembunyikan dan tidak ikut lagu selanjutnya. Demikian seterusnya sampai tinggal dua anak untuk menentukan siapa yang akan menjadi pencari dan yang lain bersembunyi di rumah atau bale yang telah dibuat sebelumnya baik dari batu, patok dan lain lainnya.[1]

Si pencari menunggu sampai terdengar suara maan yang menandakan anak yang bersembunyi siap dicari. Anak yang bersembunyi mencari kelengahan pencari untuk kembali ke bale atau rumah. Permainan Jumpring ini dikenal dengan nama lain petak umpet.

Waktu permainan[sunting | sunting sumber]

Permainan Jumpring ini biasanya dimainkan sore hari oleh anak anak sebagai hiburan untuk mengisi waktu senggang mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Permainan tradisional Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. hlm. 268–269.