Judo Paralimpiade

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Judo Paralimpiade, Judo Paralimpik, Judo Buta atau Judo Tunanetra adalah adaptasi dari seni bela diri Jepang dari judo untuk pesaing tunanetra. Aturan olahraganya hanya sedikit berbeda dari kompetisi judo biasa. Judo Paralimpiade telah menjadi bagian dari program Paralimpiade Musim Panas sejak 1988 untuk pria dan 2004 untuk wanita.

Aturan[sunting | sunting sumber]

Kompetisi judo paralimpiade diatur oleh aturan Federasi Internasional Judo (IJF) dengan beberapa modifikasi ditentukan oleh International Blind Sports Association (IBSA). Perbedaan aturan utama adalah bahwa kontes selalu dimulai dengan 2 pesaing dalam cengkeraman longgar pada setelan Judo masing-masing (pegangan disebut "Kumikata") dan jika kontak terputus, "mate" (Tunggu), atau berhenti, adalah dipanggil dan para pesaing kembali ke tengah dan mendaftar.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kim, JiTae; Dummer, Gail (24 Februari 2002). "Sport - Judo". Universitas Negeri Michigan. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2004-09-28. Diakses tanggal 2022-07-30. 
  2. ^ Ohlenkamp, Neil. "Perbedaan aturan untuk tunanetra". Info Judo Dojo Online. Diarsipkan dari virules.htm versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal 2004-08-05.