Joule Unlimited

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Joule Unlimited adalah produsen energi alternatif yang berbasis di Bedford, Massachusetts. Perusahaan ini mengembangkan teknologi energi alternatif heliokultur, yaitu proses pemanenan energi surya dan diubah menjadi bahan bakar dengan memindahkan karbon dioksida di atmosfer melalui pertanian.[1] Heliokultur menggunakan organisme fotosintetik, tetapi memiliki proses yang berbeda dari proses pembuatan bahan bakar dari alga yang dihasilkan dari alga harus disaring kembali untuk menjadi bahan bakar, tetapi heliokultur menghasilkan bahan bakar secara langsung - dalam bentuk etanol maupun hidrokarbon - yang tidak perlu disaring lagi. Proses heliokutur juga tidak menghasilkan biomassa. Proses tersebut dapat terjadi dengan ditemukannya kode genetik unik untuk mekanisme enzimatik yang dapat memampukan sintesis kedua alkana, olefin, etanol, dan molekul kunci lainnya. Heliokultur dapat menggunakan air payau dan air limbah, sedangkan biofuel tradisional seperti cellulostic etanol membutuhkan air tawar.

Setelah beroperasi selama sepuluh tahun dan membangun sampel pembangkit listrik di New Mexico, perusahaan ini ditutup pada Agustus 2017 karena manajemennya tidak memperoleh cukup pendanaan, dan menurut perusahaan ini hal ini diakibatkan oleh kekalahan Hillary Clinton dalam pilpres tahun 2016.[2]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Suhardiyanto, Herry; Chadirin, Yudi; Sumini, Sumini; Nuryawati, Titin (2007-09-01). "Natural Ventilation in the Modified Steep Type Standard Peak Greenhouse". Jurnal Keteknikan Pertanian. 21 (3): 249–258. doi:10.19028/jtep.21.3.249-258. ISSN 0216-3365. 
  2. ^ [1]