Joseph W. Farnham

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Joseph W. Farnham
Lahir(1884-12-02)2 Desember 1884
New Haven, Connecticut
Meninggal2 Juni 1931(1931-06-02) (umur 46)
Los Angeles, California, AS
Sebab meninggalSerangan jantung
PekerjaanPenulis latar
Tahun aktif1918-1930

Joseph White Farnham (2 Desember 1884 – 2 Juni 1931) adalah seorang pengarang drama dan penulis film dan penyunting film Amerika dari zaman film bisu sampai awal 1930an. Ia juga menjadi anggota pendiri dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences. Ia lahir di Connecticut.

Farnham memulai kariernya dalam perfilman dengan menjalin hubungan bisnisnya dengan Gustave dan Daniel Frohman yang memiliki The Frohman Amusement Corp.. The Big Parade adalah karya paling terkenal buatannya yang diadaptasi menjadi sebuah film. Saat acara Academy Awards ke-1 pada 1929, nominasi-nominasinya ada yang dinominasikan untuk film-film berganda pada tahun tersebut. Joseph memenangkan penghargaan Penulisan Terbaik - Kartu Judul-nya untuk film Fair Co-Ed; Laugh, Clown, Laugh; dan Telling the World. Tahun tersebut adalah satu-satunya tahun dimana penghargaan Oscar untuk kartu judul diberikan.

Joseph Farnham meninggal karena serangan jantung ketika singgah di Los Angeles, California dan dimakamkan di Pemakaman Forest Lawn Memorial Park di Glendale, California.

Filmografi pilihan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]