Joseph Renzulli

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Joseph Renzulli
Lahir07 Juli 1936 (umur 87)
KebangsaanAmerika
PekerjaanIlmuwan
Penulis

Joseph S. Renzulli (lahir 7 Juli 1936) adalah seorang ahli psikologi pendidikan dari Virginia, Amerika Serikat. Ia mengabdikan ilmunya menjadi profesor psikologi pendidikan dan direktur pengajaran program anak-anak berbakat di Universitas Connecticut. Renzulli menjadi presiden asosiasi untuk anak-anak berbakat (1974-1975), selain itu ia juga mendapatkan penghargaan sarjana terhormat asosiasi nasional untuk anak-anak berbakat (1984).[1]

Banyak karya-karya yang disumbangkan untuk dunia pendidikan, terutama pada pengembangan cara-cara untuk mengembangkan identifikasi potensi tinggi dan pengembangan model pendidikan untuk meningkatkan bakat. Karya yang sangat terkenal dari Renzulli adalah Enrichment Triad Model (Renzulli, 1984).[1] Karya tersebut meliputi kegiatan penelitian umum, kegiatan latihan kelompok, penelitian individual dan kelompok kecil dari masalah.

Renzulli mengidentifikasi potensi tinggi pada anak-anak dengan Revolving Door Identification Model (1981),[1] yang mana model tersebut dapat menyediakan pendekatan fleksibel. Selain itu, Schoolwide Enrichment Model (1985) juga digunakan Renzulli sebagai rencana untuk pengayaan umum di seluruh sekolah, menerapkan praktik-praktik yang dikembangkan untuk melayani mereka yang berbakat ke dalam alat modern. Model ini tidak hanya untuk mereka yang sangat mampu, tetapi juga menyediakan upgrading umum dan kurikulum untuk semua siswa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Baihaqi, Mif (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Nuansa Cendekia. ISBN 9786028395755.