Bandar Udara Internasional José Joaquín de Olmedo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bandar Udara Internasional José Joaquín de Olmedo
Informasi
JenisPublik
PengelolaTerminal Aeroportuaria de Guayaquil S.A. (TAGSA)
LokasiGuayaquil
Zona waktuUTC-5
Koordinat{{{coordinates}}}

Bandar Udara Internasional José Joaquín de Olmedo (Spanyol: Aeropuerto Internacional José Joaquín de Olmedo) (IATA: GYEICAO: SEGU) adalah sebuah bandar udara yang melayani kota Guayaquil,[1] adalah sebuah kota di provinsi Guayas di Ekuador. Bandara ini diberi nama José Joaquín de Olmedo, seorang penyair Ekoador yang terkenal, dan wali kota pertama kota Guayaquil. Bandara ini sebelumnya dikenal bernama Bandar Udara Internasional Simón Bolívar.

Bandara ini, yang memiliki terminal terbaru di Ekuador, diganti namanya menjadi José Joaquín de Olmedo tahun 2006, dalam persiapan peresmian terminal domestik dan internasional baru seluas 50,000 meter persegi pada 27 Juli 2006. Meskipun penerbangan perdana dilakukan pada 28 Juli 2006, sebagian besar maskapai tidak beroperasi sepenuhnya dari terminal baru hingga 13 Agustus 2006. Setelah tanggal tersebut, terminal lama ditutup, dan mulai kuartal terakhir tahun 2006 direnovasi untuk dijadikan pusat konvensi. Di sana juga direncanakan bangunan hotel di sebelah terminal baru.

Pembangunan terminal baru dan pengembangan landasan pacu diputuskan pada tahun 2003-2004, saat setelah dipertimbangkan bahwa insfrastruktur saat itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kota, tetapi belum menguntungkan bila membangun bandara baru di daerah Daular.

Proyek awal tahun 2003-2004 menyelesaikan konstruksi terminal internasional seluas 28,000 meter persegi dan pada waktu tersebut operasi terminal lama tetap dilanjutkan, dimana hanya menangani penerbangan domestik saja. Namun kemudian diputuskan bahwa terminal baru akan menangani lalu lintas internasional dan domestik (setelah dibangun menjadi lebih besar, seluas 50,000 meter persegi), dan terminal lama akhirnya ditutup. Bandara ini direncanakan untuk melayani kota Guayaquil selama 10 hingga 15 tahun dimulai tahun 2006. Setelah itu, diperkirakan kapasitas maksimalnya akan tercapai (5 juta penumpang per tahun), dan saat ini terjadi bandara baru akan dibangun di daerah Daular, sekitar 20 km di luar kota, di dekat jalan raya yang menghubungkan Guayaquil menuju Salinas dan kota pantai lainnya.

Bandara ini berlokasi 5 km di utara pusat kota Guayaquil, di Avenida de las Américas, dan memiliki sebuah landasan pacu dengan panjang 2.790 meter (9.154 ft), pada ketinggian 5 meter (16 ft), dan dapat menangani pesawat Boeing 747, MD-11, dan A340-600.

Retribusi keberangkatan dari José Joaquín de Olmedo sebesar hingga 2010 US$28.27 (internasional), dan tidak ada retribusi domestik kecuali untuk perjalanan menuju Galapagos, di mana akan dikenai biaya $10 untuk biaya kartu turis dan $100 untuk biaya pengunjung yang dapat dibayar setelah tiba di Baltra atau San Cristobol (hanya tunai).

Bus dan taksi menghubungkan bandara dengan pusat kota Guayaquil.

Bandar Udara Internasional José Joaquín de Olmedo diberi gelar sebagai "Bandar Udara Terbaik di Amerika Latin 2008" oleh majalah BusinessWeek.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Bandara ini berada di ketinggian 19 kaki (6 m) di atas pemukaan laut dan memiliki satu landasan pacu dengan arah 03/21 dengan permukaan aspal berukuran 9.154 × 151 feet (2.790 × 46 m).[1]

Terminal, maskapai, dan destinasi[sunting | sunting sumber]

Bandara
Daerah kedatangan
MaskapaiTujuanTerminal
AeroGal Baltra, Cuenca, Quito, San CristóbalD
AeroGal New York-JFKI
American Airlines MiamiI
Avianca BogotáI
Copa Airlines Panama CityI
Copa Airlines Colombia Bogotá I
Delta Air Lines Musiman: Atlanta I
Iberia MadridI
Icaro QuitoD
KLM Amsterdam, BonaireI
LAN Airlines Miami, Santiago de ChileI
LAN Ecuador Baltra, Cuenca D
LAN Ecuador Buenos Aires-Ezeiza, Lima, Madrid, Miami, New York-JFK, Quito, Santiago de ChileI
SAEREO Loja, Santa RosaD
TACA San Salvador[2] I
TACA dioperasikan oleh Lacsa San José de Costa RicaI
TACA Perú Cali, LimaI
TAME Baltra, Cuenca, Quito, San CristóbalD

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Airport information for SEGU Diarsipkan 2016-03-03 di Wayback Machine. from DAFIF (effective October 2006)
  2. ^ http://www.taca.com/gnss/app/esp/promwp.asp?id=3992&src=lhp

Pranala luar[sunting | sunting sumber]