John Smyth

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

John Smyth (lahir ~1570, meninggal 28 Agustus 1612) adalah seorang Pendeta Kristen asal Inggris, yang merupakan penganut awal komunitas Baptis dan seorang pembela prinsip kebebasan beragama. Para sejarawan menganggap John Smyth sebagai pendiri denominasi Gereja Baptis.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Symth lahir pada tahun 1570 di Lincolnshire. Smyth diyakini adalah putra John Smyth, seorang yeoman pada Sturton-le-Steeple, Nottinghamshire.[1] Dia mendapat pendidikan setempat pada sekolah gramatik "Queen Elizabeth's High School di Gainsborough, Lincolnshire.

Aliran Baptis[sunting | sunting sumber]

John Symth adalah tokoh yang membentuk komunitas Baptis umum. Pada saat itu komunitas Baptis di Inggris terbagi dua yakni: Baptis umum dan Baptis khusus. Baptis umum mempunyai pandangan bahwa Kristus mati untuk semua orang. Sedangkan Baptis khusus memahami bahwa Kristus mati bagi orang yang telah terpilih. Symth dan pengikutnya Helwys Scrooby memilih paham Baptis umum.[2]

Ketika berada di Amsterdam Symth bertemu dengan orang dari kalangan mennonit. Kalangan ini menekankan kebebasan beragama dan memperbolehkan baptisan selam terhadap jemaat yang sudah sebelumnya Kristen. Pada tahun 1609 Symth membaptiskan diri sendiri dan kemudian membaptiskan pengikutnya. Symth kemudian bergabung dengan Gereja Menonit pada tahun 1610. Pada tahun 1616 Symth meninggal dan pengikutnya memilih untuk mendirikan Gereja Baptis di Inggris. Gereja tersebut berhasil didirikan pada tahun 1612.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee, Jason (2003). The Theology of John Smyth: Puritan, Separatist, Baptist, Mennonite. Macon, GA: Mercer University Press. hlm. 41. ISBN 0-86554-760-2. 
  2. ^ (Inggris) C.E. Smyth. The Story of Mennonites. Kansas: Mennonite Publications Office.
  3. ^ (Indonesia) Jan S. Aritonang. Berbagai Aliran di dalam dan di sekitar Gereja. Jakarta: BPK Gunng Mulia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]