John Michael Montgomery

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
John Michael Montgomery
John Michael Montgomery tampil di The Pentagon pada pertengahan Juni 2003.
John Michael Montgomery tampil di The Pentagon pada pertengahan Juni 2003.
Informasi latar belakang
Lahir20 Januari 1965 (umur 59)
Danville, Kentucky, AS
AsalNicholasville, Kentucky, AS[1]
GenreCountry
PekerjaanPenyanyi
Instrumen
  • Vokal
  • gitar
Tahun aktif1991-sekarang
Label
Artis terkaitMontgomery Gentry

John Michael Montgomery (lahir 1 Agustus 1965) adalah penyanyi negara Amerika yang populer.

Diskografinya mencakup sebelas album studio (dan satu "Album Natal"), tiga kompilasi dan tiga puluh enam single. Beberapa album dan kompilasi telah disertifikasi emas dan platinum. Saudara laki-laki John, Eddie Montgmery, adalah penyanyi utama dari duo country Montgomery Gentry.

I Swear memenangkan Academy of Country Music ACM Awards dalam kategori Song of the Year yang bergengsi.[2]

Montgomery telah merilis 10 album studio. Tujuh album pertamanya dirilis melalui Atlantic Records Nashville, dan dua album berikutnya melalui perusahaan induk Warner Bros. Records Nashville setelah Atlantic menutup divisi country pada 2001. Tiga album pertamanya, Life's a Dance (1992), Kickin' It Up (1994), dan John Michael Montgomery (1995) semuanya bersertifikat multi-platinum oleh Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA); What I Do the Best tahun 1996 adalah platinum bersertifikat; sementara Leave a Mark (1998) dan Brand New Me (2000) bersertifikat emas.

Biografi[sunting | sunting sumber]

John Michael Montgomery lahir di Danville, Kentucky, pada 20 Januari 1965,[3] kepada orang tua Carol Dean (née Lay) dan Harold Edward Montgomery (1941-1994). Dia dibesarkan di Nicholasville, Kentucky. Montgomery menerima dorongan musik dari ayahnya, yang bermain di band country lokal dan mengajarinya akord pertamanya.[3] John Michael bergabung dengan band keluarga (termasuk kakak laki-lakinya, Eddie Montgomery, yang bersama Troy Gentry akan membentuk duo Montgomery Gentry), bermain gitar sebelum menjadi penyanyi utama saat orang tuanya bercerai. Kemudian, ia tampil sebagai artis solo dengan memainkan "working man's country". Atlantic Records melihatnya dan menandatanganinya.[3]

Karier musik[sunting | sunting sumber]

Life's A Dance[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1992, album debut Montgomery, Life's a Dance,[3] menghasilkan debut chartnya di title track, yang memuncak di nomor 4 di tangga lagu Hot Country Songs. Itu diikuti oleh hit nomor 1 pertamanya, "I Love the Way You Love Me", yang juga menyeberang ke Billboard Hot 100 dengan puncak nomor 60.[1] Single terakhir album ini adalah "Beer and Bones", dengan nomor 21 country peak. "I Love the Way You Love Me" dinobatkan sebagai Single of the Year oleh Academy of Country Music,[4] dan Life's a Dance memperoleh sertifikasi triple-platinum Recording Industry Association of America (RIAA) untuk pengiriman tiga juta salinan. Dia muncul di program musik PBS Austin City Limits pada tahun 1994 selama Musim 19.

Kickin' It Up[sunting | sunting sumber]

Album kedua Montgomery adalah Kickin' It Up tahun 1994.[1] Album ini dipimpin oleh negara No. 1 dan hit pop No. 42, "I Swear" yang juga merupakan lagu country teratas tahun 1994 menurut Billboard Hot 100. Setelah lagu ini muncullah No. 4 "Rope the Moon", dan dua single No. 1 lagi di "Be My Baby Tonight" dan "If You've Got Love ".[1] "Saya Bersumpah" meraih kesuksesan lebih lanjut setahun kemudian, ketika diliput oleh grup pop All-4-One. "Kickin' It Up" juga terjual lebih tinggi dari debutnya, mendapatkan sertifikasi platinum empat kali lipat untuk pengiriman empat juta kopi.

John Michael Montgomery[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1995, ia merilis album studio ketiga self-titled miliknya. Juga merupakan penjual quadruple-platinum, itu menyumbang lima single hit, termasuk hits Nomor Satu "I Can Love You Like That" dan "Sold (The Grundy County Auction Incident)". Seperti "I Swear" sebelumnya, yang pertama dicover oleh All-4-One, sedangkan yang terakhir juga dinyatakan sebagai hit negara Nomor Satu tahun 1995 di tangga lagu Billboard Year-End. Setelah pasangan hits Nomor Satu ini, muncullah "No Man's Land" No.3, kemudian dua single No.4 berturut-turut dalam "Cowboy Love" dan "Long as I Live." Juga termasuk dalam album ini adalah Holdin' Onto Somethin, yang merupakan top 10 country hit pada awal 1996 untuk Jeff Carson. Pada akhir tahun 1995, Montgomery menghentikan karirnya karena cedera pita suara.[1]

What I Do the Best[sunting | sunting sumber]

What I Do the Best adalah album studio keempatnya, dirilis oleh Atlantic pada tahun 1996. Ini adalah album pertama dalam karirnya yang tidak menghasilkan hit country No. 1. Itu juga gagal menandingi penjualan pendahulunya, meskipun masih mendapatkan sertifikasi platinum. Album ini dipimpin oleh No. 15 "Ain't Got Nothin' On Us", yang meskipun debut di Top 40 minggu pertama di tangga lagu, juga menjadi single pertamanya sejak "Beer and Bones" tahun 1993 hingga melewatkan Sepuluh Besar. Dia mendapatkan kembali momentum chartnya dengan tiga hits Top Ten lagi dari album yang sama: "Friends" di No. 2, "I Miss You a Little" di No. 6 dan "How Was I to Know" juga di No. 2.[1] Setelah album ini, ia merilis album Greatest Hits pada tahun 1997, yang menghasilkan kembali hits terbesarnya hingga saat itu dan meraih platinum di Amerika Serikat. Itu juga termasuk lagu baru "Angel in My Eyes", yang merupakan singel No. 4 untuknya tahun itu. Juga pada tahun 1997, Montgomery menyanyikan vokal tamu di "Warning Signs", sebuah trek musik dengan puncak No.56 yang menyertakan cuplikan dari sketsa komedi Bill Engvall.

Leave a Mark[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1998, Montgomery merilis album kelimanya, Leave a Mark. Album ini berisi suara yang lebih berorientasi pop daripada karya sebelumnya.[1] Meskipun hanya mendapatkan sertifikasi emas dari RIAA, album ini menghasilkan tiga single hit lagi. Pertama adalah "Love Working on You" di No. 14, diikuti oleh "Cover You in Kisses" di No. 3 dan "Hold On to Me" di No. 4. Meskipun beberapa singelnya berpindah ke tangga lagu pop, "Hold On to Me" adalah hit pop Top 40 pertamanya, mencapai No. 33 di Hot 100.

Home to You[sunting | sunting sumber]

Home to You, album keenamnya, terus menggerakkan Montgomery menuju audiens dewasa, dan melanjutkan penjualan albumnya yang menurun.[1] Album ini menghasilkan No. 15 di "Hello L.O.V.E." dan No.2 di judul lagunya, meskipun dua single berikutnya — "Nothing Catches Jesus by Surprise" dan "You Are" — keduanya gagal mencapai Top 40, dengan single pertama single pertamanya yang melakukannya.

Brand New Me[sunting | sunting sumber]

Montgomery kembali ke puncak tangga lagu country untuk pertama kalinya sejak 1995 dengan "The Little Girl". Lagu ini, menampilkan vokal latar dari Alison Krauss dan terinspirasi oleh legenda urban, adalah single pertama dari albumnya tahun 2000 Brand New Me, menghabiskan tiga minggu di Nomor Satu dan mencapai No. 35 di Hot 100. Meskipun lagu ini sukses, bagaimanapun, Montgomery kembali menemukan kesuksesan tangga lagunya menurun setelah "The Little Girl", sebagai dua album lainnya singel — "Itulah Apa yang Saya Sukai Tentang Anda" dan "Even Then" — keduanya gagal mencapai Top 40, meskipun "Brand New Me" memperoleh sertifikasi emas. Pada akhir tahun, Montgomery juga dipindahkan dari Atlantic ke label induk Warner Bros. Records setelah Atlantic menutup cabangnya di Nashville.

Pictures[sunting | sunting sumber]

Rilisan pertamanya untuk Warner Bros. adalah Pictures tahun 2002. Album ini hanya meraih sedikit keberhasilan dalam singel tangga lagunya, dengan lagu pembuka "Til Nothing Comes Between Us" mencapai No. 19 dan dua singel berikutnya ("Country Thang" dan "Four Wheel Drive") sekali lagi kehilangan Top 40. Album ini diikuti setahun kemudian oleh Mr. Snowman, album Natal, pada tahun 2003, serta kompilasi berjudul Yang Terbaik dari John Michael Montgomery

Letters from Home[sunting | sunting sumber]

Rilisan terakhir Warner Bros dari Montgomery adalah Letters from Home tahun 2004. Meskipun singel pembuka, "Cool" gagal masuk tangga lagu, singel pertama dalam karir Montgomery yang tidak masuk tangga lagu, lagu utama menjadi hit crossover terbesarnya dengan negara No. 2 dan puncak pop No. 24. Terlepas dari kesuksesan single ini, rilisan ketiga dan terakhir album, "Goes Good with Beer", memuncak di No. 51, dan setelah rilis, Montgomery keluar dari labelnya.

Setelah penampilan luar biasa dari Lagu Kebangsaan di acara NASCAR yang disiarkan televisi, Golden Corral 500, pada 20 Maret 2005, Montgomery mengkonfirmasi di situsnya bahwa ia memiliki kondisi yang dikenal sebagai neuroma akustik, yang adalah pertumbuhan non-kanker yang mengganggu saraf yang berjalan antara otak dan telinga. Kondisi ini dapat mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran. Masalahnya telah diperbaiki, dan tidak mengubah jadwal tur Montgomery selama sisa tahun 2005.[5]

Pukul 2:20 a.m. 16 Februari 2006, Montgomery ditangkap di sebuah persimpangan di Lexington, Kentucky karena mengemudi di bawah pengaruh dan memiliki zat yang dikendalikan, yang diidentifikasi sebagai Endocet oleh "Lexington Herald-Leader". Polisi juga menemukan dua pistol bermuatan di dalam kendaraan Montgomery. Montgomery didakwa dengan sejumlah obat resep yang tidak berada dalam wadah yang semestinya, dua dakwaan membawa senjata mematikan yang disembunyikan, mengabaikan perangkat kontrol lalu lintas dan melakukan belokan yang tidak semestinya.[6]

Pengacara Montgomery, Jon Woodall, telah menyatakan bahwa Montgomery adalah seorang pemburu, dan memegang izin senjata tersembunyi, meskipun Montgomery tidak memiliki izin tersebut pada saat penangkapan. Woodall juga menyatakan bahwa resep itu diisi oleh dokter Montgomery setelah operasi penggantian pinggul Montgomery baru-baru ini.[7] Sejak saat itu dia dinyatakan tidak bersalah atas semua tuduhan. Montgomery mengaku tidak membantah tuduhan DUI, menyatakan bahwa dia tidak mengaku bersalah, tetapi negara memiliki cukup bukti untuk menghukumnya.

Pada tanggal 9 Mei 2008, Montgomery mengumumkan bahwa ia berada di rehabilitasi untuk masalah penyalahgunaan zat yang dirahasiakan; dia mencari rehabilitasi di fasilitas perawatan narkoba di Hazard, KY. Kondisinya disebut-sebut sebagai serangan kecemasan parah dan gangguan tidur.[8]

Time Flies[sunting | sunting sumber]

Pada akhir 2008, Montgomery mendirikan labelnya sendiri, Stringtown Records. Tahun itu, ia merilis album berikutnya, Time Flies. Album ini menghasilkan tiga single: "Penyakit Koboi Gila", "Jika Kau Pernah Pergi", dan "Selamanya." Meskipun dua yang pertama gagal masuk chart, "Forever" memuncak di No. 28 di tangga lagu country, mewakili entri grafik pertamanya dalam lebih dari empat tahun. Penyakit Koboi Gila mencapai No. 17 di chart Radio Satelit Mediabase. Dia juga menyanyikan vokal duet di lagu utama album debut Colt Ford Ride Through the Country.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Montgomery menikah dengan Crystal White pada 8 Januari 1996; pasangan itu memiliki dua anak. Putra Montgomery, Walker, telah mengikuti jejak ayahnya, merilis single "Simple Town" pada tahun 2017, dan EP "Simple Town" pada tahun berikutnya.[butuh rujukan]

Keponakan Montgomery, Dillon Carmichael, juga seorang penyanyi.[9]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h Huey, Steve. "biografi John Michael Montgomery". Allmusic. Diakses tanggal 8 April 2008. 
  2. ^ "CMA Awards. Basis Data Penghargaan CMA yang Dapat Ditelusuri". acmcountry.com. Diakses tanggal 26-08-2015. 
  3. ^ a b c d Colin Larkin, ed. (1997). The Virgin Encyclopedia of Popular Music (edisi ke-Ringkas). Virgin Books. hlm. 867. ISBN 1-85227-745-9. 
  4. ^ "Salinan yang diarsipkan". Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 Juli 2011. Diakses tanggal 19 Mei 2009. 
  5. ^ "Montgomery Konfirmasi Gangguan Saraf". Cmt.com. Diakses tanggal 7 September 2019. 
  6. ^ "John Michael Montgomery Ditangkap atas Berbagai Tuduhan". Cmt.com. Diakses tanggal 7 September 2019. 
  7. ^ "Pengacara John Michael Montgomery Menanggapi Penangkapan". Cmt.com. Diakses tanggal 7 September 2019. 
  8. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 9 Juni 2008. Diakses tanggal 10 Mei 2008.  . John Michael Montgomery Masuk Rehabilitasi
  9. ^ "biografi Dillon Carmichael". Diakses tanggal 9 Maret 2020.  [pranala nonaktif permanen]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]