Johannes R. Becher

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Becher di Berlin pada tahun 1951

Johannes Robert Becher (22 Mei 1891 – 11 Oktober 1958) adalah seorang politikus, novelis, dan penyair Jerman. Ia sudah berafiliasi dengan Partai Komunis Jerman (KPD) sebelum Perang Dunia II. Sebelumnya ia juga pernah menjadi pujangga avant-garde yang menulis dengan gaya ekspresionisme.

Setelah kebangkitan Partai Nazi di Jerman, gerakan seni modern ditindas. Becher melarikan diri dari serbuan militer pada tahun 1933 dan menetap di Paris selama beberapa tahun. Ia pindah ke Uni Soviet pada tahun 1935 bersama dengan komite sentral KPD. Setelah Jerman menyerang Uni Soviet pada Juni 1941, Becher dan orang-orang komunis Jerman lainnya dibuang ke Tashkent.

Ia kembali didukung oleh Soviet pada tahun 1942 dan dipanggil ke Moskwa. Seusai Perang Dunia II, Becher diizinkan kembali ke Jerman dan ia lalu menetap di zona pendudukan Soviet yang kelak menjadi Berlin Timur. Sebagai anggota KPD, ia menempati jabatan-jabatan yang terkait dengan kebudayaan dan politik, dan ia menjadi salah satu pemimpin Partai Persatuan Sosialis Jerman. Pada tahun 1949, ia membantu mendirikan Akademi Seni di Berlin dan menjadi presiden akademi tersebut dari tahun 1953 hingga 1956. Pada tahun 1953, ia memperoleh Hadiah Perdamaian Stalin (kelak disebut Hadiah Perdamaian Lenin). Ia lalu diangkat sebagai Menteri Kebudayaan Republik Demokratik Jerman dari tahun 1954 hingga 1958.

Becher juga dikenal sebagai orang yang menulis lirik lagu kebangsaan Jerman Timur, "Auferstanden aus Ruinen".[1][1]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Braun, Matthias (2013). "Kunst im Dienst der Partei" [Fine Arts serving the Party]. Damals (dalam bahasa German). Vol. 45 no. 4. hlm. 10–13.