Joe Cornish

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Joe Cornish
Cornish in 2011
Cornish in 2011
LahirJoseph Murray Cornish
20 Desember 1968 (umur 50)
Westminster, London, England, United Kingdom
KebangsaanBritish
PendidikanBournemouth Film School
Tahun aktif1995-sekarang
Dikenal atasFilm, televisi, radio, penulis naskah, akting

Joseph Murray Cornish (lahir tanggal 20 Desember 1968) adalah komedian, sutradara, penulis, aktor, presenter televisi, dan penyiar radio. Bersama Adam Buxton, Cornish membuat grup komedi yang dinamai Adam dan Joe . Pada tahun 2011, Cornish telah merilis debut pertamanya sebagai sutradara pada film Attack the Block. Cornish pun ikut serta sebagai penulis skenario The Adventures of Tintin: Secret of the Unicorn, bersama dengan Steven Moffat dan Edgar Wright, Cornish pun ikut serta menulis Ant-Man, bersama dengan Wright, Adam McKay dan Paul Rudd . Pada tahun 2019, Cornish merilis film keduanya The Kid Who Would Be King yang dibintangi oleh Louis Ashbourne Serkis.

Kehidupan Awal[sunting | sunting sumber]

Cornish bersekolah di Westminster School di London, dimana Cornish bertemu dengan Adam Buxton juga Louis Theroux . [1] Di usianya yang ke 18, Cornish melanjutkan jenjang pendidikannya di Sekolah Film Bournemouth . [2]

The Adam and Joe Show[sunting | sunting sumber]

The Adam and Joe Show adalah sketsa komedi pop culture yang dibawakan dan disutradarai oleh grup komedi duo Buxton dan Cornish. Program tersebut termasuk program yang sukses dan tayang dari tahun 1996 dan berakhir di seri ke 4 pada tahun 2001.

Berakhirnya program The Adam and Joe Show, Cornish pun kembali berkarya di program televisi dan radio lokal sebagai pembawa acara, penulis, dan sutradara dengan atau tanpa Buxton.

Di tahun 2001, Cornish memandu acara This Week Only, bersama Nick Frost dan Lauren Laverne .

Pada tahun 2007, Cornish dan Buxton memandu program radio berjudul Adam and Joe, di BBC Radio 6 Music. Namun pada tahun 2010, acara tersebut ditunda karena Cornish sedang menyutradarai Attack the Block dan acaranya kembali mengudara di April 2011.

Karier Sebagai Sutradara[sunting | sunting sumber]

Cornish telah membuat sejumlah film dokumenter atau video dibalik layar.Salah satunya, Cornish ikut serta dalam pembuatan serial Little Britain seri ke 2 yang disiarkan di BBC Three, video tersebut pun dimasukan ke dalam fitur DVD Little Britain Series 2. Cornish juga membuat dan menampilkan cameo singkatnya sebagai zombie, video tersebut dimuat di DVD Shaun of the Dead; dan Cornish pun membuat video Hot Fuzz: The Fuzzball Rally, dimana Cornish ikut terlibat dengan teman kolaborasinya, Edgar Wright, Nick Frost dan Simon Pegg dalam tur AS film mereka Hot Fuzz .

Ada dua versi dari Fuzzball Rally yaitu versi 28 menit yang dimuat di DVD HD Hot Fuzz dan versi 71 menit yang dimuat di DVD 3-Disc Collector Edition (AS) dan Hot Fuzz Blu-ray. Dokumenter tersebut sebelumnya berkategori untuk 15 tahun dan pada akhirnya berubah menjadi 18 tahun dikarenakan bahasa yang terdapat di video tersebut terlalu kasar.

Cornish kembali berkarya dengan menyutradarai sebagian dari episode pilot Modern Toss, dan episode pilot untuk Blunder di Channel 4. Mengutip sebuah wawancara Word Magazine, Cornish mengundurkan diri sebagai sutradara di serial Blunder dikarenakan perbedaan kreativitas baik dengan pihak Channel 4 maupun pihak produksi. Di awal 2007, Cornish menyutradarai video musik untuk single Charlotte Hatherley berjudul "I Want You to Know".

Attack the Block[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 13 Mei 2011, Cornish merilis debutnya sebagai sutradara bertajuk Attack the Block, yang diproduseri oleh teman kolaborasinya, Edgar Wright, Attack the Block pun diproduksi oleh Film4, Big Talk Pictures, The UK Film Council dan StudioCanal . Film ini bertema horor komedi dan fiksi ilmiah berlatar belakang di London, menceritakan sekelompok anak muda yang melawan serangan invasi alien. Pada awalnya, Attack the Block tidak memiliki distributor AS, tetapi setelah mendapat reaksi positif pada pemutaran perdananya di SXSW, [3] akhirnya Attack the Block disiarkan di AS, di bawah naungan Screen Gems dan rilis di AS pada tanggal 29 Juli 2011. [4]

The Kid Who Would Be King[sunting | sunting sumber]

Film kedua Cornish bertemakan fantasi yang diberi judul The Kid Who Would Be King, dibintangi oleh Louis Ashbourne Serkis . Lokasi syuting film ini bertempat di Tintagel . Film ini juga dibintangi oleh Patrick Stewart dan Rebecca Ferguson, [5] dan telah rilis pada 25 Januari 2019.

Proyek ke Depannya[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Juni 2012, Cornish telah menyetujui untuk menyutradarai film yang diadaptasi dari novel klasik Snow Crash karya Neal Stephenson [6]

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Cornish telah menulis dan membawa acara BBC Radio 4 Back Row pada tahun 2002-2003. Pada tahun 2007, Cornish menjadi cameo sebagai petugas investigasi yang memakai pakaian putih khusus bernama "Bob" di Hot Fuzz karya Edgar Wright . Di tahun 2017, Cornish pun menjadi cameo di film Star Wars: The Last Jedi bersama Wright, dimana keduanya berperan sebagai pasukan Resistance. [7]

Pada tahun 2006, Cornish ikut terlibat sebagai penulis naskah bersama sutradara Shaun of the Dead Edgar Wright untuk film yang diadaptasi dari karakter komik Marvel Comics Ant-Man, Nama Wright dan Cornish tetap dicantumkan di dalam film credit Ant-Man sebagai penulis skenario, walaupun pada saat produksi di tahun 2014, Wright hengkang dari proyek Ant-Man. Wright dan Cornish ikut andil sebagai penulis naskah film The Adventures of Tintin: The Secret of the Unicorn, bersama dengan sutradara sekaligus penulis serial Doctor Who Steven Moffat. Film ini pun dibintangi oleh Simon Pegg, dan disutradarai oleh Steven Spielberg serta Peter Jackson . [8] Pada November 2013, Cornish hampir ditunjuk sebagai sutradara utama di proyek film JJ Abrams berjudul Star Trek Beyond [9] Namun, Roberto Orci akhirnya dipilih untuk menjadi sutradara, sebelum akhirnya meninggalkan proyek tersebut di akhir 2014. [10]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Hogan, Michael (25 December 2016). "Forget Christmas TV: Adam and Joe's 20th anniversary reunion podcast is the best present you'll get in 2016". The Telegraph. Diakses tanggal 3 June 2017. 
  2. ^ "Adam & Joe's Biography". BBC Radio 6 Music. 
  3. ^ McWeeney, Drew. "Review: Midnight movie 'Attack The Block' is an instant genre classic". Hitfix. 
  4. ^ Singer, Matt (6 April 2011). "SXSW Hit "Attack the Block" Gets U.S. Distribution". IFC. Diakses tanggal 5 July 2011. 
  5. ^ https://www.cornwalllive.com/news/celebs-tv/patrick-stewart-cast-filming-cornwall-642618.amp
  6. ^ "Joe Cornish signs up for 'Snow Crash'". 15 June 2012. 
  7. ^ Shepherd, Jack (19 December 2017). "Star Wars: The Last Jedi: Edgar Wright posts photo of cameo". The Independent. Diakses tanggal 2 January 2018. 
  8. ^ Corliss, Richard (21 December 2011). "Spielberg's 3-D Cartoon Adventure: It's Tintinastic!". Time. Diakses tanggal 5 July 2012. 
  9. ^ Kroll, Justin (2 November 2012). "'Star Trek 3′ Orbits Director Joe Cornish". Variety. Diakses tanggal 5 November 2013. 
  10. ^ Kroll, Justin (5 December 2014). "Roberto Orci Will No Longer Direct 'Star Trek 3'". Variety. Diakses tanggal 8 December 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]