Jo Koy

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jo Koy
Jo Koy pada 2018
Nama lahirJoseph Glenn Herbert[1]
Lahir2 Juni 1971 (umur 52)
Tacoma, Washington, AS[2]
MediaLawakan tunggal
Situs webwww.JoKoy.com

Joseph Glenn Herbert (lahir 2 Juni 1971)[1][3]), atau dikenal dengan nama panggung Jo Koy, adalah komika asal Amerika Serikat. Ia sering muncul sebagai panelis dalam program larut malam E! yang dibawakan Chelsea Lately. Ia memiliki banyak pertunjukan spesial lawakan tunggal di Comedy Central dan Netflix.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Jo Koy adalah seorang warga Amerika keturunan Filipina. Ayahnya yang berasal dari Amerika adalah seorang prajurit Angkatan Udara Amerika Serikat yang berdinas di Filipina dan menikahi ibu Koy yang berasal dari sana.[4] Keluarga ini lalu berpindah-pindah ke Spanaway, Washington dan Tacoma, Washington lalu kemudian ke Las Vegas sesaat setelah Jo menyelesaikan SMA di Tacoma. Awalnya Jo bersekolah di Spanaway Lake High School dan kemudian pindah ke Foss High School di Tacoma. Mereka pindah ke Las Vegas agar bisa dekat dengan neneknya yang sakit. Jo Koy masuk ke University of Nevada, Las Vegas, namun tidak berlanjut karena mengejar karier lawakan tunggal.[1]

Nama panggung Jo Koy adalah panggilan yang berasal dari keluarganya.[5] Fakta ini terungkap saat ia melakukan penampilan rutin di Phoenix, Arizona pada 22 September 2019, ia mengungkapkan bahwa saat 1989 ia sedang mengobrol dengan sepupunya tentang nama panggung apa yang harus ia pakai dan saat itu bibinya memanggilnya untuk makan, "Jo Ko, makan!" (Ko dalam Bahasa Tagalog berarti kata ganti kepemilikan untuk saya, seperti "my" dalam Bahasa Inggris, atau "ku" dalam Bahasa Indonesia, Jo Ko berarti "my Jo" atau "Jo ku"). Jo salah mendengarnya dan mengira bibinya mengatakan "Koy", ia lalu berpikir bahwa itu nama yang bagus dan menggunakannya sejak itu.

Kegiatan amal[sunting | sunting sumber]

Pada 4 Agustus 2009, The Jo Koy Foundation menggelar acara amal pertamanya yang bertajuk "Hilarity For Charity" sebuah pertunjukan lawakan tunggal bersama Koy dan beberapa komedian lainnya. Acara ini diadakan di Klub Komedi Jon Lovitz, yang berlokasi di jantung Citywalk, Universal City, California. Hasil dari penjualan tiket didonasikan ke Children’s Hospital of Orange County.

Media[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

DVD[sunting | sunting sumber]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film
Tahun Tanggal Sebagai Catatan
2018 Wake. Peter Lewis
2019 Anastasia Vladimir Lenin
2020 Mr. Iglesias Bob
Belum diketahui Easter Sunday

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Weatherford, Mike (21 August 2009). "INTERVIEWS: Comic Jo Koy finds funny material right at home without going for usual targets". Las Vegas Review Journal. Diakses tanggal 20 February 2010. 
  2. ^ "Biography - The Official Website of Comedian JO KOY". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-03-22. Diakses tanggal 4 July 2010. 
  3. ^ "Jo Koy Facebook page". facebook.com. 
  4. ^ White, Carrie (7 January 2010). "Filipino funnyman Jo Koy stops in Virginia Beach". The Virginian-Pilot. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-12-06. Diakses tanggal 2021-05-23. 
  5. ^ Nguyen, Joe (19 June 2008). "Face2Face with Jo Koy". AsiaXpress.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-07-07. Diakses tanggal 15 March 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]