João dos Santos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
João dos Santos
LahirAbad ke-16
Évora, Kerajaan Portugal
Meninggal1622
Goa, India Portugis
KebangsaanPortugis
PekerjaanMisionaris Dominikan
Dikenal atasMisionaris di India dan Afrika

João dos Santos (lahir di Évora – wafat di Goa, 1622) adalah seorang misionaris Dominika Portugis di India dan Afrika.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Pada 13 Agustus 1586, empat bulan setelah meninggalkan Lisbon, Santos tiba di Mozambik Portugis. Dia segera dikirim ke Sofala, tempat ia tinggal selama empat tahun bersama Pastor João Madeira. Di antara mereka, mereka membaptis sekitar 1694 penduduk asli dan membangun tiga kapel ketika mereka diperintahkan kembali ke Mozambik. Setelah menempuh perjalanan yang sulit, mereka dipaksa untuk tetap berada di Sungai Zambesi, Santos tinggal di Tete selama delapan bulan. Dari daftar yang ditemukan, ia menyadari bahwa orang Dominika telah membaptis sekitar 20.000 penduduk asli sebelum tahun 1591 hanya di Tete saja. Dari Mozambik, ia dikirim ke pulau kecil Quirimba, tempat tinggalnya selama dua tahun. Berdasarkan catatan yang ada, terdapat 16.000 penduduk asli yang telah dibaptis sebelum tahun 1593. Selanjutnya ia diangkat menjadi komisaris Bulla da Cruzada di Sofala, tempat ia tinggal lebih dari setahun.

Pekerjaannya di Afrika berakhir pada 22 Agustus 1597, ketika dia meninggalkan Mozambik ke India Portugis. Dengan pengecualian dari sebelas tahun yang dihabiskan di Eropa (1606-1717) ia menjalani sisa hidupnya di India.

Karya[sunting | sunting sumber]

Bukunya, Ethiopia Oriental berisi tentang kolonisasi Portugis di Afrika pada akhir abad keenam belas. Dalam bukunya, ia menjelaskan tentang tata krama dan adat istiadat Bantu pada waktu itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]