João dari Portugal (1400-1442)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Infante João
Jagabaya Portugal
Lord Reguengos de Monsaraz, Colares and Belas
John of Reguengos (St. Vincent Panels).jpg
Keterangan dari Panel Santo Vicente oleh Nuno Gonçalves, sering diyakini sebagai potret João dari Reguengos, Pangeran Jagabaya.
Lahir(1400-01-13)13 Januari 1400
Santarém, Kerajaan Portugal
Wafat18 Oktober 1442(1442-10-18) (umur 42)
Alcácer do Sal, Kerajaan Portugal
Pemakaman
WangsaWangsa Aviz
AyahJoão I dari Portugal
IbuFilipa dari Lancaster
PasanganIsabel dari Barcelos
Anak
details
Diogo dari Portugal
Isabel dari Portugal, Ratu Kastila
Beatriz dari Viseu
AgamaKatolik Roma

João dari Portugal (bahasa Portugis: João, pelafalan dalam bahasa Portugis: [ʒuˈɐ̃w̃]; 13 Januari 1400 – 18 Oktober 1442) merupakan seorang infante (pangeran) Portugis yang berasal dari wangsa Aviz, Jagabaya Portugal dan master dari Ordo Santo Yakobus (Santiago). Di Portugal, ia kerap disebut sebagai O Infante Condestável ("Pangeran Jagabaya").

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Infante João adalah putra Raja João I dari Portugal dan istrinya Filipa dari Lancaster. João dan saudara-saudaranya Duarte, Pedro, Henrique dan Fernando, adik Isabel dan saudara tiri Afonso, merupakan apa yang secara tradisional disebut oleh para sejarahwan Portugis sebagai 'generasi termasyur' (Ínclita Geração)

Karier kerajaan[sunting | sunting sumber]

Bersama saudara-saudaranya, Infante João berpartisipasi dalam penaklukan Ceuta (1415) dan dianugerahi gelar kebangsawanan oleh ayahandanya. Dia diinvestasikan sebagai Lord pertama Reguengos de Monsaraz, Colares dan Belas sesaat setelah itu. Pada bulan Oktober 1418, atas permintaan sang raja, Paus Martinus V menyetujui pengangkatan Infante João sebagai Master kesepuluh Ordo Santo Yakobus, membawa tatanan militer lama ke tangan keluarga kerajaan.[1] Pada tahun yang sama (1418), João dan saudaranya Henrique sang Navigator memimpin armada bantuan ke Ceuta dan membantu mengangkat Pengepungan Ceuta.

Setelah kematian Nuno Alvares Pereira pada tahun 1431, Infante João diangkat sebagai Jagabaya ketiga Portugal. Akibatnya, João sering dicirikan oleh sebutan O Infante Condestável ("Pangeran Jagabaya").

Infante João adalah Lord Reguengos
de Monsaraz, Belas dan Colares.

Setelah Raja João I meninggal pada tahun 1433, kakanda sulung João naik takhta sebagai raja Duarte dari Portugal. Pada tahun 1437, Infante João bergabung dengan saudaranya yang lain Pedro, Adipati Coimbra, dalam argumentasi menentang ekspedisi Portugis yang diproyeksikan untuk merebut Tangier yang mengarah ke Pertempuran Tangier. Kampanye berakhir dengan bencana. Setelah kegagalan Tangier, João mendesak ratifikasi perjanjian dengan Mariniyyah Maroko yang menyerukan pelepasan Ceuta ditukar dengan saudaranya yang ditawan, Fernando. Cortes menolak, dan Fernando dibiarkan mati di penangkaran.

Pemberontakan Adipati Coimbra[sunting | sunting sumber]

Raja Edward meninggal pada bulan September 1438, meninggalkan seorang putra muda untuk naik takhta sebagai raja Afonso V dari Portugal dengan jandanya Leonor dari Aragon sebagai pemangku takhtanya. Ini adalah pengaturan yang tidak populer di kalangan rakyat biasa di negeri ini, yang khawatir Leonor akan menjadi boneka para bangsawan tinggi yang berusaha memulihkan hak-hak istimewa politik yang mereka hilang selama revolusi tahun 1380-an. Prospek perang saudara mengangkat kepalanya. Untuk mencegah pemberontakan, Infante João dengan cepat menguasai Lisboa dan mengawasi Cortes untuk memilih saudaranya Pedro dari Coimbra sebagai wali penguasa untuk keponakannya Afonso V. Para bangsawan tinggi, dipimpin oleh saudara tirinya, Afonso dari Barcelos, mendesak Leonor untuk berpegang teguh, dan pengaturan distrik pembagian kekuasaan yang tegang disetujui antara Pedro dan Leonor.

Pedro dari Coimbra mengandalkan aliansinya yang erat dengan Infante João untuk mendapatkan bagian kekuasaan yang kuat selama beberapa tahun pertama dari pemerintahan. Kematian tiba-tiba Infante João pada bulan Oktober 1442 merupakan pukulan telak bagi Pedro, yang kemudian merasa semakin sulit untuk menangkis aspirasi saudara tirinya, Afonso dari Barcelos.

Jirat Infante João dan Isabel dari Barcelos di Biara Batalha

Pemangku takhta Pedro melantik putra João, Diogo dari Portugal untuk menggantikan ayahandanya sebagai Master Ordo Santiago dan Jagabaya Portugal.

Pernikahan dan keturunan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1424, João menikahi keponakan tirinya, Isabel dari Barcelos, putri saudara tirinya Afonso I dari Bragança. Pasangan ini memiliki empat orang anak:

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bull of Pope Martin V appointing John master of Santiago can be found in Monumenta Henricina, vol. 2, p.301