Gunung Jiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jiri)
Gunung Jiri
Gunung Jiri
Nama Korea
Hangul
지리산
Hanja
智異山
Alih AksaraJirisan
McCune–ReischauerChirisan

Gunung Jiri adalah gunung tertinggi kedua di Korea Selatan.

Gunung ini terletak di akhir Rangkaian Pegunungan Sobaek.[1] Rangkaian Sobaek merupakan akhir dari Rangkaian Baekdudaegan, barisan yang berjejer di sepanjang Semenanjung Korea.

Nama Jirisan dapat diterjemahkan kedalam bermacam-macam makna, yang umumnya bernuansa mistis. Jiri dapat bermakna "Gunung Orang yang Aneh dan Bijak".[2] Dapat pula diterjemahkan sebagai "Kebijaksanaan dan Keindahan", kata yang berasal dari sutra agama Buddha.[3] Pada masa lalu Jiri dikenal sebagai tempat berdiamnya para pertapa,[2] yang meyakini bahwa gunung tersebut dapat membuat mereka bijaksana.[3] Rakyat Korea menyamakan Gunung Jiri dengan Gunung Geumgang dan Gunung Halla sebagai tiga gunung yang dikeramatkan di Korea dan memiliki kekuatan mistik.[2]

Taman Nasional Gunung Jiri[sunting | sunting sumber]

Ditetapkan sebagai bagian dari kawasan taman nasional pada tahun 1967, Gunung Jiri membentang di wilayah 4 kabupaten dan 1 kota di 3 provinsi.[2] Meliputi Kabupaten Hadong, Hamyang, Sancheong (Gyeongsang Selatan), Kabupaten Gurye (Jeolla Selatan) dan kota Namwon (Jeolla Utara).[2] Provinsi Gyeongsang Selatan memiliki proporsi wilayah taman nasional yang terluas. Dengan luas wilayah 471,758 km², kawasan ini merupakan taman nasional terluas di Korea Selatan.[2] Garis lingkar Gunung Jiri panjangnya mencapai 320 km, dimana di dalamnya muncul 3 puncak tertinggi, yaitu Cheonwangbong (1.915 m), Banyabong (1.732 m), dan Nogodan (1.507 m).[2]

Taman Nasional Gunung Jiri melindungi keanekaragaman hayati yang tinggi.[2] Jenis flora dan fauna yang hidup di kawasan ini mencapai 4.989 jenis.[2] Flora Gunung Jiri bervariasi dari vegetasi iklim hangat, sedang sampai dingin.[2] Di situs-situs kuil Buddha tumbuh pohon-pohon yang ditetapkan sebagai harta nasional seperti pohon ceri higan dan pohon cemara seribu tahun.[2] Hewan-hewan yang hidup di sini antara lain kelinci, roe siberia (Capreolus pygargus), elk dan kucing liar.[2] Harimau Korea terakhir kali terlihat di taman nasional ini sebelum akhirnya punah.

Kuil dan desa adat[sunting | sunting sumber]

Di dalam wilayah Gunung Jiri terdapat 7 buah kuil Buddha penting, yang terbesar adalah Hwaeomsa.[1] Di wilayah ini terdapat pula kampung Cheonghak-dong yang masih mempertahankan cara hidup tradisional.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b (Inggris)Chirisan (Mt. Jiri) Diarsipkan 2022-03-31 di Wayback Machine., summitpost. Akses:19-10-2011.
  2. ^ a b c d e f g h i j k l (Inggris)Jirisan Diarsipkan 2023-05-26 di Wayback Machine., knps. Akses:19-10-2011.
  3. ^ a b (Inggris)Jiri-san - 지리산 - the Exquisite-Wisdom Mountain Diarsipkan 2023-04-29 di Wayback Machine., san-shin. Akses:19-10-2011.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]