Jinging batu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Jingjing Batu)
Jinging batu
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Hemipus hirundinaceus

Jingjing batu (Latin: Hemipus hirundinaceus) adalah spesies burung dari keluarga Campephagidae, dari genus Hemipus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan serangga kecil, ulat, kupu, laba-laba, tempaya yang memiliki habitat di dataran rendah, perbukitan, tepi hutan. tersebar sampai ketinggian 1.500 m dpl.

Ciri-ciri[sunting | sunting sumber]

Jingjing batu memiliki tubuh berukuran kecil (15 cm). Jantan: Tubuh bagian atas hitam. Tunggir dan sisi bulu ekor terluar putih. Tubuh bagian bawah putih. Betina: Mirip jantan tetapi warna hitam diganti dengan coklat. Perbedaan dengan Jingjing bukit: Tak ada garis putih pada sayap. Perbedaan dengan Kapasan kemiri dan Sikatan belang: tidak adanya alis putih. Iris coklat, paruh hitam kaki hitam. Hidup berpasangan atau kelompok, kadang dengan burung lain. Terbang di antara pucuk pohon kecil.

Sarang berbentuk cawan kecil, dari serabut halus dihiasi lumut, direkatkan dengan jaring laba-laba, pada cabang pohon berdaun di hutan. Telur berwarna hijau, berbintik coklat, jumlah 2 butir. Berbiak bulan Mei, September.

Penyebaran[sunting | sunting sumber]

  • Semenanjung Malaysia, Sunda Besar.
  • Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali.

Referensi[sunting | sunting sumber]