Park Ji-min

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jimin
[[File:Jimin x Samsung Galaxy August 2021.png|240px|upright=1]]
Jimin untuk Samsung pada 2021
LahirPark Ji-min
13 Oktober 1995 (umur 26)
Busan, Korea Selatan
Warga negara Korea Selatan
PekerjaanPenyanyi
Penari
Karier musik
GenrePop Korea
Hip hop
R&B
Rok
Ballad
InstrumenVokal
Tahun aktif2013–sekarang
LabelBig Hit
Artis terkaitBTS
Nama Korea
Hangul
박지민
Alih AksaraBag Ji-min

Park Ji-min (bahasa Korea: 박지민,[1] lahir 13 Oktober 1995) atau lebih dikenal dengan mononimnya Jimin, adalah seorang penyanyi dan penari asal Korea Selatan. Ia merupakan anggota dari grup vokal pria BTS, dengan posisi sebagai vokalis dan penari utama.[2]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Park Ji-min lahir di Geumsa-dong, Distrik Geumjeong, Busan, Korea Selatan pada tanggal 13 Oktober 1995. Ia merupakan anak tertua dari dua bersaudara.

Saat SMP Jimin adalah siswa yang cerdas dan selalu menjadi ketua kelas.

Saat SMA Jimin masuk Busan Arts High School, mengambil jurusan tari modern dan balet kontemporer. Jimin menjadi "siswa terbaik" karena bakat menari dan nilai akademik yang bagus.[3] Gurunya menyarankan Jimin ikut audisi idola pop Korea dan diterima di Big Hit Entertainment.

Jimin pindah dari Busan ke Seoul dan bersekolah di Korean Arts High School. Di sana ia bertemu Kim Tae-hyung alias V, yang kemudian menjadi teman satu grup di BTS.

Jimin menjalani masa pelatihan di Big Hit Entertainment kurang dari 1 tahun, sebelum debut dengan BTS pada 13 Juni 2013. Jimin merupakan anggota terakhir yang masuk BTS.

Saat ini Jimin kuliah di Global Cyber University di Cheonan, Korea Selatan; yaitu sebuah universitas terbuka yang berbasis daring.

Karier[sunting | sunting sumber]

BTS[sunting | sunting sumber]

Pada 13 Juni 2013, Jimin memulai debutnya sebagai anggota BTS dengan merilis single "No More Dream". Di grup, Jimin memegang posisi sebagai vokalis dan penari. Di bawah BTS, ia telah merilis dua lagu solo: "Lie" dan "Serendipity". Lagu "Lie" dirilis pada tahun 2016 di album Wings dan "Serendipity" dari album Love Yourself: Her pada tahun 2017.

Kedua lagu solo Jimin "Serendipity" dan "Lie" melampaui 70 juta stream di Spotify, rekor pertama dalam lima tahun terakhir sebagai lagu solo K-pop setelah Psy "Gentleman". Lagu-lagu itu juga satu-satunya lagu solo oleh anggota BTS yang masuk Official Chart’s 20 di Inggris. Serendipity juga menjadi lagu solo pertama oleh anggota BTS yang melampaui 100 juta views di Youtube.

Tahun 2019, Jimin bersama Jin dan Jungkook berkolaborasi dengan penyanyi asal Inggris Charli XCX menyanyikan lagu berjudul “Dream Glow” untuk soundtrack album Game BTS World.

Kegiatan solo[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2014, Jimin berkolaborasi dengan sesama anggota BTS Jungkook merilis lagu “Christmas Day” sebuah lagu terjemahan Korea dari "Mistletoe" karya Justin Bieber, lirik Korea lagu tersebut ditulis sendiri oleh Jimin. Kemudian, tahun 2017 Jimin berkolaborasi kembali dengan Jungkook dengan merilis cover lagu "We Don't Talk Anymore", yang aslinya dibawakan oleh Charlie Puth dan Selena Gomez.

Jimin mulai berpartisipasi dalam berbagai acara variety shows seperti Hello Counselor, Please Take Care of My Refrigerator, and God's Workplace pada tahun 2016. Pada tahun yang sama, ia mulai menjadi MC khusus di acara-acara seperti Show! Music Core dan M Countdown. Pada Desember ia juga berpartisipasi dalam duet di KBS Song Festival bersama Taemin dari Shinee.

Pada 31 Desember 2018, Jimin merilis lagu solo ciptaannya di SoundCloud yang berjudul “Promise”. Promise dikomposeri oleh Jimin dan salah satu produser Big Hit Entertainment Slow Rabbit. Lagu Promise memecahkan rekor streaming terbanyak selama 24 jam pertama di SoundCloud sebanyak 8,5 juta kali mengalahkan lagu dari penyanyi Amerika Drake yaitu Duppy Freestyle dan sudah menembus 100 juta kali streaming dalam kurun waktu 42 hari terhitung sejak tanggal rilis.

Dampak dan pengaruh[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2016, Jimin mendapat peringkat sebagai idola terpopuler ke-14 dalam survei tahunan yang dilakukan oleh Gallup Korea. Dia peringkat 7 pada tahun 2017, dan mendapat peringkat 1 berturut-turut pada tahun 2018 dan 2019.

Pada tahun 2018, Jimin adalah celebrity ke-9 yang paling banyak di tweet di dunia dan musisi ke-8 yang paling banyak di tweet di dunia. Dia terpilih sebagai anggota boyband ke-17 terbaik dalam sejarah oleh The Guardian. Dari Januari hingga Mei 2018, Jimin memenangkan Peeper x Billboard Award bulanan untuk "Top K-Pop Artist - Individual". Peeper x Billboard adalah kolaborasi antara aplikasi media sosial Peeper dan Billboard Korea, di mana mereka mengumpulkan suara penggemar untuk artis K-pop favorit dan mengumumkan pemenang bulanan. Hadiah itu disumbangan kepada badan amal UNICEF atas nama Jimin.

Selama Januari hingga Desember 2019 Jimin mendapat peringkat 1 brand reputation dari The Korea Brand Reputation Research Institute.

UNICEF dan PBB[sunting | sunting sumber]

BTS ditunjuk oleh UNICEF sebagai Goodwill Ambassador dengan kampanye Love Myself dan #EndViolance, tidak lama setelah merilis Album Love Yourself: Her pada September 2017. BTS mendonasikan 500 juta Won dari uang pribadi dan 3% dari penjualan seri Album Love Yourself untuk kampanye UNICEF.

Selain itu BTS juga diundang oleh UNICEF untuk berpidato di Sidang Umum PBB ke-73 pada tanggal 24 September 2018 dalam rangka kampanye Generation Unlimited 2030. BTS yang diwakili RM menyerukan "Speak Yourself" dalam pidatonya. Pidato RM disambut positif dan dipuji banyak pihak. Ibu negara Korea Selatan Kim Jung Sook dan Direktur Eksekutif UNICEF Henrietta H. Fore hadir mendampingi BTS di Sidang Umum PBB ke-73.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Bersama dengan anggota BTS lainnya, ia memenangkan sejumlah penghargaan dan tampil di beberapa acara penghargaan di Korea yaitu Mnet Asian Music Awards (MAMA), Melon Music Awards (MMA), Asian Artist Awards (AAA), Golden Disc Awards (GDA), Seoul Music Awards (SMA), Soribada Awards; serta di Amerika yaitu American Music Awards (AMAs) dan Billboard Music Awards (BBMAs).

Billboard[sunting | sunting sumber]

BTS adalah boyband K-Pop pertama yang mendapat Billboard Music Awards untuk kategori Top Social Artist 3 tahun berturut-turut yaitu tahun 2017, 2018, dan 2019.

BTS juga adalah boyband K-Pop pertama yang menembus peringkat 1 di chart Billboard 200 dua kali untuk Album Love Yourself: Tear pada bulan Mei 2018 dan Love Yourself: Answer pada bulan Agustus 2018, yang hanya berselang 3 bulan.

Untuk itu Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mengucapkan selamat kepada BTS lewat Twitter resmi Blue House (istana Presiden Korea Selatan), yaitu https://twitter.com/bluehousekorea.

Order of Cultural Merit[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 24 Oktober 2018, 7 member BTS mendapat penghargaan Hwagwan Order of Cultural Merit dari Presiden Korea Selatan Moon Jae-in karena telah berjasa menyebarkan budaya Korea ke seluruh dunia. BTS adalah artis termuda yang pernah mendapat penghargaan ini. Satu per satu member BTS dipanggil nama lahir dan nama panggung-nya untuk diberikan medali, piagam, piala, dan buket bunga. Kemudian mereka mengucapkan pidato terima kasih satu per satu.

Masyarakat Konservasi Tari Kipas Kim Baek Bong[sunting | sunting sumber]

Pada 27 Februari 2019, Jimin menerima penghargaan dari Masyarakat Konservasi Budaya Kim Baek Bong untuk tarian kipas tradisional Korea di Melon Music Awards 2018.

Jimin menggunggah foto piala tersebut di Twitter. "Saya menerima banyak penghargaan sangat besar hari ini. Saya sangat menghargai itu, dan itu adalah hari ketika saya pikir saya ingin membaginya dengan Anda dengan musik dan panggung yang lebih baik di masa depan. Saya selalu memberikan penghargaan yang tulus kepada Anda atas dukungan Anda." "Hari ini, kami telah menerima banyak penghargaan. Saya sungguh-sungguh berterima kasih hari ini dan berharap bahwa kami dapat berbagi ini dengan semua orang di musik dan pertunjukan di masa depan. Terima kasih banyak untuk kalian semua. #JIMIN #OurARMYGotAward " tulis Jimin dalam unggahannya di Twitter.

Masyarakat Konservasi Tari Kipas Kim Baek Bong menulis, "Dengan memiliki tarian kipas Korea yang indah, Anda telah membuat kontribusi besar dalam meningkatkan status dan nilai estetika tarian kipas Korea secara global."

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Solo[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul
2014 Working

(Cover dari Zion.T)

2014 Sofa

(Cover dari Crush)

2015 Lost Stars

(Cover dari Adam Levine)

2015 Paper Hearts

(Cover dari Tori Kelly)

2016 Nothing Like Us

(Cover dari Justin Bieber)

2016 Purpose

(Cover dari Justin Bieber)

2016 Begin

2017 We Don't Talk Anymore

(Cover dari Charlie Puth & Selena Gomez)

2017 2u

(Cover dari Justin Bieber)

2018 그때

(Cover dari Roy Kim)

|}

Grup[sunting | sunting sumber]

Tahun Judul Kolaborasi Note(s)
2014 Like A Star Rap Monster
2015 Fools

(Cover dari Troye Sivan)

Rap Monster, Jeon Jung-kook
2016 I Know Rap Monster, Jeon Jung-kook
2017 We Don't Talk Anymore Pt. 2

(Cover dari Charlie Puth & Selena Gomez)

Park Ji-min, Jeon Jung-kook "2017" BTS Festa "

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lee, Meghan (14 November 2017). "BTS joins the 2017 American Music Awards" [BTS Bergabung Dalam Jajaran Penghargaan Musik Amerika 2017]. Los Angeles Times. Diakses tanggal 1 Desember 2017. 
  2. ^ Herman, Tamar (30 Juni 2017). "Get To Know BTS: Jimin" [Mengenal BTS: Jimin]. Billboard. Diakses tanggal 1 Desember 2017. 
  3. ^ Bin, Park Yoo (24 Desember 2015). "BTS Jimin Entered Busan Arts High School as Top, Major in Modern Dance" [Jimin BTS Masuk SMA Seni Busan sebagai Top, Jurusan Tari Modern] (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 20 Agustus 2016. Diakses tanggal 17 Agustus 2016.