Jill Biden

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jill Biden
Ibu Negara Amerika Serikat
Mulai menjabat
20 Januari 2021
PresidenJoe Biden
Wakil PresidenKamala Harris
Sebelum
Pendahulu
Melania Trump
Pengganti
Petahana
Sebelum
Istri Wakil Presiden Amerika Serikat
Masa jabatan
20 Januari 2009 – 20 Januari 2017
PresidenBarack Obama
Wakil PresidenJoe Biden
Sebelum
Pendahulu
Lynne Cheney
Pengganti
Karen Pence
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir
Jill Tracy Jacobs

3 Juni 1951 (umur 72)
Amerika Serikat Hammonton, New Jersey, Amerika Serikat
Partai politikDemokrat
Suami/istriBill Stevenson (1970–1976)
Joe Biden (1977–sekarang)
AnakAshley (dengan Biden)
Alma materUniversitas Delaware,
Newark
(BA, EdD)
Universitas West Chester (MEd)
Universitas Villanova (MA)
Profesidosen
Tanda tangan
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Jill Tracy Biden (née Jacobs, sebelumnya Stevenson, lahir 3 Juni 1951) adalah seorang pendidik Amerika Serikat. Ia menikah dengan Presiden Amerika Serikat ke–46, Joe Biden, dan merupakan Ibu Negara Amerika Serikat saat ini serta Istri Wakil Presiden Amerika Serikat dari tahun 2009 sampai 2017.

Dia lahir di Hammonton, New Jersey, dan dibesarkan di Willow Grove, Pennsylvania. Dia menikah dengan Joe Biden pada tahun 1977, dan menjadi ibu tiri dari kedua putra Joe yang masih kecil dari pernikahan pertamanya, yakni Beau dan Hunter. Ibu kandung dan adik perempuan mereka yang masih bayi meninggal dalam sebuah kecelakaan mobil pada tahun 1972. Joe dan Jill Biden memiliki seorang anak perempuan bernama Ashley, lahir tahun 1981.

Jill Biden memiliki gelar sarjana dari University Delaware, gelar master dari Universitas West Chester dan Universitas Villanova, dan gelar doktor dari Universitas Delaware. Dia mengajar bahasa Inggris dan membaca di sekolah menengah atas selama 13 tahun, dan juga mengajarkan remaja penyandang cacat emosional di sebuah rumah sakit jiwa. Dari tahun 1993 sampai 2008, dia adalah seorang instruktur bahasa Inggris dan menulis di Delaware Technical & Community College. Sejak 2009, ia menjadi profesor dan dosen bahasa Inggris di Northern Virginia Community College dan dianggap sebagai Istri Wakil Presiden pertama yang masih bekerja sementara suaminya adalah Wakil Presiden. Ia adalah pendiri organisasi nirlaba Biden Breast Health Initiative,[1] juga salah satu pendiri program Book Buddies,[1] aktif di organisasi nirlaba Delaware Boots on the Ground, dan merupakan salah satu pendiri Joining Forces[2] bersama dengan Ibu Negara Michelle Obama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Dr. Jill Biden". whitehouse.gov. 
  2. ^ "Joining Forces – USO". joiningforces.uso.org. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-08. Diakses tanggal 2017-07-14. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Gelar kehormatan
Didahului oleh:
Lynne Cheney
Istri Wakil Presiden Amerika Serikat
2009–2017
Diteruskan oleh:
Karen Pence
Didahului oleh:
Melania Trump
Ibu Negara Amerika Serikat
2021
Petahana