Jewelpet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Jewelpet Ruby dan teman-temannya bersama patner manusia mereka

Jewelpet (ジュエルペット) adalah serial anime tahun 2009 yang berdasarkan pada Jewelpet franchise oleh kerjasama antara Sanrio (pembuat Hello Kitty) dan Sega Sammy Holdings. Seri anime ini dianimasikan oleh Studio Comet dan bersiaran mulai dari 5 April 2009 sampai dengan 26 Maret 2010 di TV Osaka dan TV Tokyo dengan jumlah 49 episode. Di Indonesia, seri anime ini tayang di WakuWaku Japan TV via tv satelit Indovision, K-Vision, dan media satelit tv lainnya.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Di sebuah tempat ajaib yang disebut Jewel Land, para penyihir mengubah Jewelpet untuk menjadi batu permata atau Jewel Charm sehingga mereka dapat melakukan perjalanan ke hutan ajaib dan beristirahat kecuali Ruby, kelinci putih yang suka membuang-buang waktu. Tapi kemudian angin bertiup dengan kencang sehingga tas berisi batu permata Jewelpet yang dibawa oleh burung pelikan terjatuh, batu permata Jewelpet pun berhamburan mereka di dunia manusia tepatnya di kota Takaragaseki di Bumi. Ruby, yang sekarang sedang dalam masa hukuman, dikirim ke bumi untuk mengambil teman-temannya (Jewelpet dalam bentuk permata) dan harus mengembalikan mereka ke Jewel Land.

Di Bumi, seorang siswi SMP bernama Rinko, disaat dirinya berada di balkon rumahnya mengamati langit malam dan melihat sekelompok bintang jatuh dan salah satu dari mereka jatuh ke dalam gelas airnya menjadi seperti sebuah permata merah. Di hari berikutnya dia dan bersama temannya, Minami, pergi ke toko permata hingga sebuah isiden perampokan di toko itu pun terjadi. Mereka diselamatkan oleh seorang pria bernama Keigo Tatewaki dari perampokan toko perhiasan itu. Dia kemudian menjelaskan kepada mereka bahwa dia bekerja dari sebuah organisasi khusus yang terkait dengan penyihir dari Jewel Land dan mengatakan kepada mereka tentang Jewelpet, makhluk imut dengan mata permatanya yang tinggal di Jewel Land. Sebagai hal itu, Rinko dipercaya dapat membangkitkan dan mengembalikan Jewelpet ke bentuk semulanya. Dia pun membangunkan Ruby; Jewelpet kelinci putih yang suka membuat onar, Garnet; Jewelpet kucing yang suka narsis, dan Sapphie; Jewelpet anak anjing yang kalem.

Bersama teman-temannya yang lain, Minami dan Aoi, Mereka sekarang diberi tugas untuk mengumpulkan semua Jewelpet bersama-sama dan mengembalikan mereka semua kembali ke Jewel Land sebelum Jewelpet jahat bernama Diana yang memanfaatkan mereka.

Di setiap episodenya, Rinko dan kawan-kawannya selalu menemukan Jewelpet baru dalam setiap perjalanan mereka. Tetapi pada saat yang bersamaan, Dian, Jewelpet lain yang dapat menggunakan Sihir Hitam terbangun dari segelnya. Dan sekarang Rinko dan kawan-kawan harus menghadapi dia dan mencegah malapetaka serta kekacauan yang akan menyebabkan dampak buruk baik bagi Jewel Land ataupun dunia manusia.

Karakter[sunting | sunting sumber]

Tokoh Utama
  • Rinko Kougyoku (紅玉 り ん こ Kōgyoku Rinko?)
    Seiyuu: Eri Kamei

Rinko Kougyoku adalah tokoh utama dari mitra manusia Jewelpet dari Ruby. Seorang siswi SMP 14 tahun dari kota Takaragaseki, Rinko adalah gadis normal yang selalu bermimpi ingin bertemu dengan Pangeran berkuda yang akan datang dan membawanya pergi. Rinko agak pemalu, memiliki sifat acrophobia, dan sangat tidak baik di sekolah, namun dia memiliki rasa keadilan yang tinggi. Dia bersama dengan Ruby dan teman-temannya dipilih oleh Keempat Penyihir Besar dari Jewel Land untuk mengumpulkan kembali Jewelpet yang hilang dan mengembalikan mereka ke Jewel Land sebelum terjadi bencana kedua di dunia. Dia naksir dengan seorang misterius bernama Andy, yang sebenarnya adalah Jewelpet bernama Dian yang menyamar. Namun dia juga mengungkapkan bahwa Rinko memiliki perasaan terhadap Akira, tetapi Akira selalu menggodanya untuk berantem sepanjang waktu berpikir mereka bergaul seperti biasa layaknya teman-benci. Pada akhirnya mereka jadian di epilog akhir episode.

Rinko adalah satu-satunya orang yang dapat menggunakan dua item Magic, yaitu Jewel Pocketbook, digunakan untuk membangkitkan Jewelpet dari tidur mereka bersama dengan bantuan Ruby, dan Jewel Stick, yang dia gunakan untuk melemparkan sihir.

  • Minami Asaoka (朝 岡 み な み Asaoka minami?)
    Seiyuu: AKINA

Minami Asaoka adalah teman masa kecilnya Rinko dan mitra manusia dari Garnet. Seorang gadis tomboy berusia 14 tahun dan juga teman sekelasnya Rinko. Minami juga adalah anggota klub dari kendo sekolah, yang diketuai oleh kapten Hisashi Miyamoto, dimana Minami naksir sama dia. Keluarganya memiliki sebuah toko Okonomiyaki di pinggiran kota, di mana dia adalah kakak dari dua saudara kembar: Tetsuya dan Hiroshi. Dia tomboy, meskipun ia menyukai hal-hal yang biasanya feminin juga, yang dia temukan hal yang memalukan dan mencoba untuk menjaga rahasianya. Dia adalah orang kedua yang ditugaskan untuk menemukan Jewelpet.

  • Aoi Arisugawa (有 栖 川 あ お い Arisugawa aoi?)
    Seiyuu: Miyuki Sawashiro

Aoi Arisugawa adalah putri dan anak dari kepala sekolahnya Rinko dan mitra manusia Sapphie. Gadis yang berusia 14 tahun dan juga teman sekelasnya Rinko. Aoi adalah anggota dari keluarga Arisugawa yang sangatlah kaya dan berpengaruh yang memiliki Arisugawa Zaibatsu, dan telah diurus oleh pelayan terpercayaannya, Genshirou di rumah ketika orangtuanya sedang pergi. Dia memiliki kepribadian yang tenang dan lembut, tetapi tidak memiliki teman sejati karena statusnya itu. Rinko melihat betapa kesepiannya dia dan ingin berteman dengan dia, dan berhasil setelah ada beberapa kesalahpahaman dan dia membangkitkan Sapphie; dan Aoi menjadi manusia yang ketiga dan terakhir yang dipilih untuk mengembalikan Jewelpet. Aoi naksir sama Naoto setelah dia dan Sapphie diselamatkan olehnya, kemudian berakhir bersama-sama dalam epilog.

Tokoh Pendukung
  • Keigo Tatewaki (帯 刀 啓 吾 Tatewaki keigo?)
    Seiyuu: Mamoru Miyano

Keigo Tatewaki adalah seorang sekretaris dari Perdana Menteri Jepang yang tahu tentang keberadaan Jewelpet yang dirahasiakan, serta mitra manusia dari Flora. Ketika Jewelpet terjatuh dan tersesat di bumi, ia dikirim dan ditugaskan oleh Raku Majo untuk menemukan Ruby, yang ada di tangan Rinko ini. Dia memberikan Rinko Jewel Pocketbook dan meminta dia untuk mengumpulkan Jewelpet yang hilang dan mencegah Diana dan Dian untuk melakukan kekacauan lebih lanjut di Bumi. Mengingat bahwa Jewelpet yang seharusnya menjadi rahasia nasional, ia merasa frustrasi dengan Rinko, Ruby dan teman-temannya, mereka begitu santai dengan tugas mereka. Perasaan itulah yang memungkinkan dia untuk membangunkan Flora. Dia juga seorang yang ahli dalam bahasa Inggris dan Flora selalu di sisinya untuk mendukung dia setiap kali. Teman-temannya suka memanggilnya Taki (タ ッ キ ー Takkī?).

  • Akira Nanase (七 瀬 晃 Nanase Akira?)
    Seiyuu: Yuki Kaida

Akira Nanase adalah mitra manusia Nephrite dan tetangganya Rinko dari sebelah rumah. Pertama kali muncul di Episode 16, Akira adalah teman baik Rinko dari Amerika, yang tiba-tiba bermigrasi kembali ke Jepang dan hidup sebagai tetangganya. Dia bagian dari tim basket di New York City, Amerika Serikat. Dia juga tahu bahasa Inggris, yang kadang-kadang dia sering mengucapkannya di depan Rinko. Ayahnya adalah seorang fotografer dan sering pergi pada pekerjaannya, meninggalkan Akira yang bertanggung jawab atas pekerjaan rumah tangga. Meskipun ia kadang-kadang sesumbar, dia mempunyai perasaan rahasia dan naksir pada Rinko dan juga membenci Dian dalam wujud manusia (Andy) karena sering mempengaruhi dan menggangu hubungannya pada Rinko. Dia dan Rinko akhirnya bisa bersama-sama dalam epilog di episode terakhir.

  • Genshirou Hatori (服 部 玄 士 郎 Hattori genshirō?)
    Seiyuu: Takaoka Binbin

Genshirou Hatori adalah pelayan kepala rumah Arisugawa dan mitra manusia dari Jewelpet King. Seorang ahli dalam seni bela diri, ia telah melayani keluarga Arisugawa selama 70 tahun dan melindungi Aoi dengan segala hidupnya. Dia memiliki tujuh bekas luka di punggungnya yang berasal dari kecelakaan di mana dia melindungi Aoi kecil dari kumpalan-kumpalan bola takoyaki. Karena dari isiden itulah, dia mendapatkan kekuatan dan kemampuan manusia super.

  • Sayuri Kougyoku (紅玉 小百合 Kōgyoku Sayuri?) dan Mitsuo Kougyoku (紅玉 光 夫 Kōgyoku Mitsuo?)

Kedua orang tua dari Rinko dan juga mitra manusia Rald. Keduanya ingin pergi ke bioskop sampai salah satu dari kutukan Diana hampir membuat hubungan mereka berantakan. Setelah hampir melewati perceraian, mereka membangunkan Rald yang mereka anggap bagian dari keluarga, seperti Ruby.

  • Ryoko Azabu (麻布 涼子 Azabu Ryoko?):

Ryoko adalah salah satu rombongan teman dari Aoi dan caretaker dari Prase. Dia sangat menghormati Aoi tetapi meremehkan Rinko dan Minami, meskipun pada akhirnya dia dapat mempercayai mereka sedikit setelah mereka membantunya memecahkan masalahnya dengan adiknya, Misaki. Dia juga anggota dari sekolah Radio Club.

  • Megumi Hiro (広 尾 恵 Hiro Megumi?)

Megumi adalah mitra manusia dari Ryl dan caretaker dan juga salah satu rombongan teman Aoi. Sikapnya keseluruhan mirip dengan Ryouko dalam kepribadian tetapi dia merasa dikecualikan karena dia satu-satunya di antara yang lain tanpa Jewelpet. Dia makan banyak untuk mengatasi ini, dan Diana mengutuk dia dengan melihat dirinya sebagai babi setiap kali ia melihat ke cermin. Kesedihannya membangunkan Ryl (yang merupakan Jewelpet babi). Megumi awalnya menolaknya karena dia tidak berpikir Ryl itu lucu, sampai ketika Ryl diculik dia dapat menerimanya. Dia biasanya memakai kacamata dan juga anggota dari Club Sekolah Radio

  • Hisashi Miyamoto (宮本 久 志 Miyamoto Hisashi?)

Hisashi (suka dipanggil Miyamoto-sempai oleh teman-temannya) adalah mitra manusia dari Chite dan juga orang yang dicintai Minami. Dia adalah kapten dari sekolah Kendo Club. Minami sering berlatih dengan dia, tetapi biasanya tidak bisa menang dari sempai. Meskipun berdarah panas, dia kadang-kadang agak bodoh hingga sampai satu titik membuat Garnet marah kepadanya. Dia juga melanjutkan rutinitas harian pagi yang membuat semua orang di lingkungan marah karena suara terikan senamnya itu. Makanan favoritnya adalah Okonomiyaki.

  • Kuranosuke Hinata (日 向 蔵 之 輔 Hinata Kuranosuke?)

Hinata juga salah satu teman sekelas Rinko, Hinata adalah mitra manusia dari Titana. Seorang anggota klub basket, Hinata adalah teman dekat dari Akira sebelum ia pindah ke New York untuk belajar di luar negeri. Dalam episode 29, dia bersaing dengan Lyrica untuk posisi Ketua OSIS siswa tetapi tidak yakin tentang kemampuannya, yang membuatnya menjadi target utama untuk kutukan dari Diana, mengubahnya menjadi tunggakan kasar. Perasaannya membangunkan Titana yang memurnikan dirinya dengan sihir, sehingga dia dapat memenangkan pemilihan dan menjadi Ketua OSIS. Biasanya baik di olahraga, ia menggambarkan Akira sebagai teman dan mitranya.

Lainnya
  • Lyrica Himeno (姫 野 リ リ カ Himeno Ririka?)

Merupakan mitra manusia dari Sango, Lyrica adalah pewaris dari Himeno zaibatsu dan juga rival dari Aoi dalam segi kekayaan. Agak angkuh dan sombong, dia selalu membanggakan kekayaan dan kadang-kadang dikelilingi dengan orang-orang banyak. Dia juga mencalonkan diri sebagai ketua OSIS di Episode 29, yang pada akhirnya kalah voting dengan Hinata. Dalam episode 31, Diana mengutuk dengan magicnya ketika festival sekolah, menyebabkan dia kurang beruntung dan bernasib buruk. Ketika Aoi menawarkan dirinya dengan membantunya sebagai solidaritas, dia berhasil membangkitkan Sango dan disembuhkan dari kesialannya.

  • Naoto Sakuragi (桜 木 ナ オ ト Sakuragi Naoto?)

Naoto Sakuragi adalah mitra manusia dari Aqua dan siswa SMA yang mengerjakan pekerjaan paruh waktu di toko sushi conveyor-belt. Ketika ia masih muda, ia memiliki masalah dengan kemarahan dan senang memukuli banyak anak-anak untuk mengatasi hal itu. Ketika beberapa anak telah menewaskan ikan mas kesayangannya yang sangat dia lindungi, neneknya menghiburnya dan menyarankan dia untuk menggunakan kekuatannya untuk melindungi orang. Diana mengutuknya dengan sihir hitamnya setelah mengetahui dia memiliki Jewelpet ikan mas, Aqua. Dan membuatnya kembali ke cara-cara kekerasan, tetapi didalam hatinya masih tersimpan hal yang baik, yang memungkinkan dia untuk melindungi Aoi dari preman dan membangkitkan Aqua. Dia juga memiliki perasaan pada Aoi setelah menyelamatkan Aoi dan Sapphie dari ancaman preman. Kemudian mereka berdua perpasangan bersama-sama dalam akhir epilog.

Jewel Land
  • Raku Majo (ラ ク マ ー ジ ョ Raku Majo?)

Raku Majo adalah pemimpin dari Empat Besar Penyihir dan penguasa Jewel Land di Musim 1. Dia adalah orang yang memberi Rinko dan Ruby beberapa saran tentang cara untuk menemukan Jewelpet dan juga sebagai duta dari Jewel Land yang memberikan info kepada Perdana Menteri tentang keberadaan Jewelpet yang dirahasiai, sampai rahasia itu terungkap di dunia. Dia juga memiliki kemampuan untuk membuat Jewelpet melalui altar khusus menggunakan sihirnya. Warna simbolik nya adalah pink.

  • Ki Majo (キ マ ー ジ ョ Ki Majo?)

Ki Majo adalah yang pertama dari Empat Besar Penyihir, yang mewakili kebahagiaan dan sukacita. Warna simbolik nya kuning.

  • Do Majo (ド マ ー ジ ョ Do Majo?)

Do Majo adalah yang kedua dari Empat Besar Penyihir, yang Mewakili kemarahan dan emosi. Warna simbolik nya adalah merah.

  • Ai Majo (ア イ マ ー ジ ョ Ai Majo?)

Ai Majo adalah yang ketiga dari Empat Besar Penyihir, yang mewakili kesedihan dan rasa kasihan. Warna simbolik nya adalah biru.

  • Halite (ハ ー ラ イ ト Hāraito?)

Halite adalah guru wali kelas dari kelas Ruby di Jewel Land. Dia adalah penyihir ahli yang mengajarkan Jewelpet bagaimana cara menggunakan sihir mereka sehingga berhasil. Namanya didasarkan pada Halite mineral, umumnya dikenal sebagai Rock Salt (batu garam).

  • Sulfur (サ ル フ ァ ー Sarufā?) Sulfur adalah salah satu guru laki-laki dari Jewel Land dan mitra dari Tour. Dia adalah seorang guru yang mendukung untuk semua Jewelpet. Dia teguh, berani, dan tidak takut. Namanya didasarkan pada Sulfur, jenis unsur pada kimia.
  • Moldavite (モ ル ダ ヴ ァ イ ト Morudavu ~ Aito?)

Moldavite adalah Kepala Sekolah dari Magic Academy, sekolahnya Ruby dan kawan-kawan belajar, di mana Jewelpet hadir untuk belajar tentang sihir. Dia juga mitra dari Rin di Jewelpet Twinkle dan memiliki hubungan dekat dengan Jewelina. Meskipun ia mempertahankan posisinya sebagai Kepala Sekolah, dia sangat periang, suka karaoke dan memerintahkan banyak hal ajaib melalui mail order magis. Namanya didasarkan pada Moldavite, kristal mineral yang ditemukan di kawah meteorit.

Antagonis
  • Mint (ミ ン ト Minto?)

Pemimpin dari The Phantom Herb Thieves (怪 盗 ハ ー ブ 団 Kaito Habu-dan?) dan juga patner manusia dari Kaiya. Pemimpin dari sekelompok pencuri yang bekerja di bawah kaki tangan Diana yang tujuannya adalah untuk mencuri Jewel Charm (bentuk permata dari Jewelpet) sebelum mereka dibangkitkan. Mint sangat sombong namun memiliki rasa yang kuat akan kebanggaan meskipun pencuri. Dia juga sangat setia pada untuk perintahnya Diana, meskipun kebencian juga di ucapkannya untuknya. Selama peristiwa Episode 26, dia dan sekelompok mengkhianati Diana setelah Jewel Stick ditemukan dan pergi bersama Kaiya untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih baik. Trio pencuri ini terlihat lagi di Episode 51, membantu Rinko dan yang lainnya untuk menhentikan Dian.

  • Sage (セ ー ジ Seji?)

Anggota laki-laki dari The Phantom Herb Thieves, Sage adalah anggota yang paling simpatik sekelompok. Biasanya lemah menghendaki, dia sangat baik hati meskipun pencuri dan juga suka membantu orang lain. Namun dia sangat bodoh dan mudah dimanipulasi dari seluruh anggotanya. Sebelum menjadi pencuri, dia pada awalnya menemukan Diana Jewel Charm yang diyakini sebagai kucing yang pernah dia rawat selama ini. Setelah mengetahui Diana itu bukan kucing yang sama yang dia rawat, dia pergi juga dengan anggota yang lain. Penampilannya berubah dalam Episode 51 setelah ia mengkhianati Diana.

  • Aojisho (ア オ ジ ソ Aojiso?)

Anggota dari The Phantom Herb Thieves dan pasangan manusia dari Kohaku. Aojisho adalah anggota yang paling gemuk dari kelompok. Dia biasanya tidak cerdas dan selalu berpikir tentang makanan setiap kali. Seperti Sage, penampilannya berubah dalam Episode 51 setelah dia mengkhianati Diana.

Jewelpet[sunting | sunting sumber]

Main

Ruby melupakan kelinci putih imut yang sangat periang dan menyenangkan namun juga nakal dan suka membuat masalah, yang kadang-kadang ingin cepat pergi dengan caranya sendiri, meskipun sudah diberitahu untuk berhenti melakukan hal-hal nakal. Dia juga bertindak seperti adik untuk pasangannya Rinko, tetapi kadang-kadang memiliki waktu yang sulit untuk penanganan kejenakaannya. Meskipun begitu, dia dan Rinko selalu menyelesaikan perbedaan mereka dan saling membantu satu sama lain.

Garnet adalah kucing yang sangat feminin dalam hal kepribadian. Seperti halnya dandan dan menyukai warna pink, menyukai hal-hal yang bersifat lucu dan kadang-kadang membenci orang yang benar-benar buruk, salah satunya adalah orang yang disukai Minami, Miyamoto-sempai.

Sapphie adalah anak anjing yang kepribadiannya didasarkan pada rekan aslinya, Aoi. Menjadi ramah, tenang dan pemahaman tentang perasaan semua orang, Sapphie tahu bagaimana jenis sikap teman-temannya berada, baik di Jewel Land dan di Bumi. Dia sangat mendukung Aoi, pasangannya.

Lainnya
  • Chite
  • Nephrite
  • Flora
  • King
  • Rald
  • Prase
  • Ryl
  • Titana
  • Aqua
  • Rin
  • Sango
  • Tour
  • Yuku
  • Peridot
  • Milky
  • Luna
  • Opal
  • Labra
  • Nix
  • Amelie
  • Kris
  • Io
  • Topaz
  • Alex
  • Brownie
  • Kohaku
Antagonis
  • Diana
  • Dian
  • Jewel Eight

Sekelompok Jewelpet baik yang dicuci otak menjadi jahat oleh sihir gelap Dian.

lihat juga[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]