Jernih Duha

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jernih Duha
Jernih Duha

Jernih Duha (lahir di Hiliganowo, Sumatera Utara, 25 Desember 1965; umur 53 tahun

) adalah seorang akademisi yang berasal dari pulau Nias. Ia bekerja sebagai Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nias Selatan. Jernih Duha juga merupakan mantan anggota DPRD kabupaten Nias Selatan periode 2004-2009 dari daerah pemilihan 1 kabupaten nias selatan, Jernih Duha merupakan tokoh masyarakat dan Tokoh adat di Nias Selatan dengan gelar adat "Afore Nahono".[butuh rujukan]

Menjadi Akademisi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2001 di Teluk Dalam sebelum bergabung menjadi Kabupaten Nias Selatan, atas keprihatinan dengan perkembangan pendidikan di kampung halaman Jernih Duha bersama Bambowo Laia (Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Nias Selatan),Sitasi Zagoto (Ketua STKIP Nias Selatan), Arisman Zagoto(Anggota DPR-RI periode 2004-2009), dan tokoh masyarakat Nias Selatan lainnya menggagas sebuah perguruan tinggi di Teluk Dalam dimana ini menjadi cikal bakal berdirinya perguruan tinggi swasta pertama di Kabupaten Nias Selatan, mengawali karier sebagai Dosen tidak tetap di STIE Pembnas Gunung Sitoli cabang Teluk Dalam mengajarkan ilmu ekonomi dan manajemen. karena semakin maju dan pesatnya perguruan tinggi di nias selatan akhirnya berdirilah Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Nias Selatan dan Sekolah Tinggi Kejuruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nias Selatan dimana Jernih Duha dipercayakan menjadi Wakil Ketua 1 bidang akademik di STIE dan STKIP Nias Selatan. pada tahun 2009 secara resmi Jernih Duha diangkat menjadi Ketua di Sekolah Tinggi Ekonomi (STIE) Nias Selatan.

Belajar Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1990, Jernih Duha menempuh pendidikan di Fakultas Ilmu Ekonomi di Universitas Amir Hamzah, kemudian pada tahun 2010 melanjutkan studi pasca sarjana di Fakultas Ilmu Ekonomi di Universitas HKBP Nommensen.

Menjadi Politisi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2004, Jernih Duha mencalonkan diri sebagai calon anggota DPRD kabupaten Nias Selatan melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan), Jernih Duha menjadi Sekretaris DPC PDI-Perjuangan Kabupaten Nias Selatan, sampai akhirnya menjadi wakil ketua DPC PDI-Perujuangan Kabupaten Nias Selatan. Pada pesta demokrasi tersebut Jernih Duha menjadi anggota DPRD pengganti antara waktu (PAW) dikarenakan salah satu anggota DPRD Nias Selatan dari Fraksi PDI-Perjuangan mengundurkan diri sebagai anggota DPRD Nias Selatan, maka Jernih Duha diangkat menjadi Anggota DPRD kabupaten Nias Selatan menggantikan anggota DPRD yang mengundurkan diri tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]