Jeon Jung-kook

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jeon Jung-kook
180524 Jungkook at a press conference for Love Yourself Tear (1).png
Nama asal전정국
LahirJeon Jung-kook
1 September 1997 (umur 21)
Busan, Korea Selatan
Tempat tinggalHannam-dong, Seoul, Korea Selatan[1]
PekerjaanPenyanyi, penari, dan produser rekaman
Karier musik
GenreK-Pop, Hip-hop, R&B, Rock, Ballad
InstrumenVokal
Tahun aktif2013 - sekarang
LabelBig Hit Entertainment
Artis terkaitBangtan Boys
Nama Korea
Hangeul전정국
Hanja
Alih Aksara yang DisempurnakanJeon Jeong-guk
McCune–ReischauerChŏn Jŏng-guk
Tanda tangan
Signature of BTS' Jungkook.png

Jeon Jeong-guk (Hangeul: ;lahir 1 September 1997; umur 21 tahun) atau dikenal dengan nama panggung Jungkook adalah seorang penyanyi dan anggota boy band Korea Selatan yaitu BTS atau Bangtan Boys, atau bisa juga disebut Beyond The Scene, yang dibentuk di bawah naungan Big Hit Entertainment pada tahun 2013. Posisinya adalah main vocalist (vokalis utama), lead dancer (penari), sub-rapper, dan center.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Jeon Jungkook lahir di Busan, Korea Selatan pada tanggal 1 September 1997 dan memiliki seorang kakak laki-laki bernama Jeon Junghyun (Hangeul: 전정현).

Jungkook pernah mengikuti audisi Superstar K tetapi gagal. Setelah audisi itu Jungkook diincar oleh banyak agensi, namun memilih Big Hit Entertainment setelah melihat Rap Monster melakukan rap.[2]

Jungkook sangat terinspirasi oleh G-Dragon salah seorang member boyband Big Bang, berkat lagu Heartbreaker. Dia juga seorang fans dari IU penyanyi wanita Korea, Justin Bieber dan Charlie Puth.

Jungkook pernah menyanyikan cover lagu duet Charlie Puth dan Selena Gomez yang berjudul We Don't Talk Anymore yang ia nyanyikan dengan 2 versi, yaitu versi solo dan duet bersama Jimin.

Karier[sunting | sunting sumber]

Bangtan Boys[sunting | sunting sumber]

Jungkook memulai debut bersama BTS atau Bangtan Boys pada 13 Juni 2013, dengan lagu No More Dream dari album perdana 2 Cool 4 Skool.

Posisi Jungkook di BTS adalah main vocalist (vokalis utama), lead dancer (penari), sub-rapper, dan center.

Ia juga beberapa kali ikut serta dalam penulisan lagu-lagu yang dibawakan oleh BTS, seperti Begin (lagu solo Jungkook di album Wings) dan Magic Shop.

Ia adalah maknae (anggota termuda) di BTS dan mendapat julukan "Golden Maknae" karena serba bisa (menyanyi, menari, rap, dan olah raga). Bersama dengan 2 anggota BTS termuda yang lain yaitu Jimin dan V, mereka bertiga mendapat julukan sebagai "Maknae Line".

Bersama dengan anggota BTS lainnya, ia memenangkan sejumlah penghargaan dan tampil di beberapa acara penghargaan di Korea yaitu Mnet Asian Music Awards (MAMA), Melon Music Awards (MMA), Asian Artist Awards (AAA), Golden Disc Awards (GDA), Seoul Music Awards (SMA), Soribada Awards, serta di Amerika yaitu American Music Awards (AMAs) dan Billboard Music Awards (BBMAs).

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Han, Jin (July 3, 2018). "[라이프트렌드] 유명인이 반한 한남동, 최고급 주거지로 뜬 이유". Korea JoongAng Daily (dalam bahasa Korea). Diakses tanggal August 17, 2018. 
  2. ^ "The idol that was scouted by 8 different entertainment companies" (dalam bahasa bahasa Inggris). 16 Juli 2015. Diakses tanggal 17 Agustus 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]