Jeon Jung-kook

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jeon Jung-kook
Jungkook x Samsung Galaxy August 2021.png
Jungkook pada Agustus 2021.
Nama asal전정국
Lahir1 September 1997 (umur 24)
Busan, Korea Selatan
Warga negara Korea Selatan
PendidikanSchool of Performing Arts Seoul
Global Cyber University
Pekerjaan
Karier musik
Genre
InstrumenVokal
Tahun aktif2013–sekarang
LabelHybe Corporation
Artis terkaitBTS
Nama Korea
Hangul
전정국
Hanja
田柾國
Alih AksaraJeon Jeong-guk
McCune–ReischauerChŏn Jŏng-guk
Tanda tangan
Signature of BTS' Jungkook.png

Jeon Jung-kook (bahasa Korea: 전정국, lahir 1 September 1997) atau lebih dikenal dengan mononimnya sebagai Jungkook, adalah seorang penyanyi dan penari asal Korea Selatan. Ia merupakan seorang anggota dari grup vokal pria BTS, dengan posisinya sebagai vokalis dan penari utama.[2]

Kehidupan pribadi

Jungkook lahir di Busan, Korea Selatan, pada 1 September 1997 dan memiliki seorang kakak laki-laki bernama Jeon Jung-hyun (전정현).

Jungkook pernah mengikuti audisi Superstar K tetapi tersingkir. Setelah audisi itu Jungkook diincar oleh banyak agensi, namun ia memilih Big Hit Entertainment (sekarang berganti nama menjadi Hybe Corporation) setelah melihat RM melakukan rap.[3] Jungkook sangat terinspirasi oleh G-Dragon, salah seorang anggota grup vokal pria Big Bang, berkat lagu Heartbreaker.

Jungkook pernah menyanyikan ulang lagu duet Charlie Puth dan Selena Gomez yang berjudul We Don't Talk Anymore yang ia nyanyikan dengan 2 versi, yaitu versi solo dan duet bersama Jimin.

Karier

BTS

Jungkook memulai debut bersama BTS pada 13 Juni 2013, dengan lagu No More Dream dari album perdana 2 Cool 4 Skool.

Posisi Jungkook di BTS adalah vokalis utama, penari utama, sub-rap, dan tengah.

Ia juga beberapa kali ikut serta dalam penulisan lagu-lagu yang dibawakan oleh BTS, seperti Begin (lagu solo Jungkook di album Wings) dan Magic Shop.

Ia merupakan anggota termuda (maknae) di BTS dan mendapat julukan "Golden Maknae" karena bisa melakukan banyak hal (menyanyi, menari, rap, dan olahraga). Bersama dengan dua anggota BTS termuda yang lain yaitu Jimin dan V (penyanyi), mereka bertiga mendapat julukan sebagai "Maknae Line".

Bersama dengan anggota BTS lainnya, ia memenangkan sejumlah penghargaan dan tampil di beberapa acara penghargaan di Korea, yaitu Mnet Asian Music Awards (MAMA), Melon Music Awards (MMA), Asian Artist Awards (AAA), Golden Disc Awards (GDA), Seoul Music Awards (SMA), Soribada Awards, serta di Amerika Serikat yaitu American Music Awards (AMA), dan Billboard Music Awards (BBMA).

Diskografi

Referensi

  1. ^ Herman, Tamar (August 24, 2018). "BTS Reflect on Life & Love on Uplifting 'Love Yourself: Answer'". Billboard. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 14, 2020. Diakses tanggal March 23, 2022. 
  2. ^ Prastika, Mia. Unofficial Guide of BTS: Welcome to Bangtan World. Penerbit Genesis. ISBN 978-602-5713-24-8. 
  3. ^ "The idol that was scouted by 8 different entertainment companies" (dalam bahasa bahasa Inggris). 16 Juli 2015. Diakses tanggal 17 Agustus 2016. 

Pranala luar

  • Media terkait Jungkook di Wikimedia Commons