Jembatan ligan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Sebuah contoh jembatan ligan μ2

Dalam kimia koordinasi, sebuah jembatan ligan adalah sebuah ligan yang menghubungkan dua atau lebih atom, biasanya ion logam.[1] Ligan dapat berupa atom atau poliatom. Hampir semua senyawa kompleks organik dapat berfungsi sebagai jembatan ligan, jadi istilah ini biasanya terbatas pada ligan kecil seperti pseudohalida atau ligan yang dirancang khusus untuk menghubungkan dua logam.

Dalam penamaan suatu kompleks dengan jembatan atom tunggal yang menjembatani dua logam, jembatan ligan dinyatakan menggunakan karakter Yunani 'mu', μ,[2] dengan angka subskrip menunjukkan jumlah logam yang terikat ke jembatan ligan. μ2 sering disederhanakan sebagai μ. Ketika menjelaskan kompleks koordinasi, harus hati-hati untuk tidak merancukan μ dengan η ('eta'), yang terkait dengan haptisitas. Ligan yang tidak menjembatani, disebut ligan terminal (lihat gambar).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ IUPAC, Compendium of Chemical Terminology, 2nd ed. (the "Gold Book") (1997). Online corrected version:  (2006–) "bridging ligand".
  2. ^ International Union of Pure and Applied Chemistry (2005). Nomenclature of Inorganic Chemistry (IUPAC Recommendations 2005). Cambridge (UK): RSCIUPAC. ISBN 0-85404-438-8. Electronic version.