Jembatan Trajanus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Jembatan Trajanus
bahasa Rumania: Podul lui Traian
bahasa Serbia: Trajanov most/ Трајанов мост
Sebuah interpretasi seniman tentang Jembatan Trajanus yang digambarkan di atas permukaan cokelat muda, dengan jembatan yang membentang dari tepi sungai dekat tepi kiri bawah dan pantai jauh di kanan atas.
Rekonstruksi artistik (1907)
MelintasiSungai Donau
DaerahBagian Timur Gerbang Besi, di Drobeta-Turnu Severin (Rumania) dan dekat kota Kladovo (Serbia)
ArsitekApollodorus dari Damaskus
BahanKayu dan batu
Panjang total1135 m (3724 ft)
Lebar15 m (49 ft)
Tinggi19 m (62 ft)
Jumlah rentangan20 pilar batu
Mulai dibangun103 M
Selesai dibangun105 M
Status warisanMonumen Kebudayaan Penting Luar Biasa, dan Situs Arkeologi Penting Luar Biasa (Serbia)
RuntuhSuperstruktur yang dihancurkan oleh Aurelian
Koordinat44°37′26″N 22°40′01″E / 44.623769°N 22.66705°E / 44.623769; 22.66705Koordinat: 44°37′26″N 22°40′01″E / 44.623769°N 22.66705°E / 44.623769; 22.66705

Jembatan Trajanus (bahasa Rumania: Podul lui Traian; bahasa Serbia: Трајанов мост, Trajanov Most) atau Jembatan Apollodorus di atas Sungau Donau adalah jembatan lengkung segmentalis Romawi, yaitu jembatan pertama yang dibangun di atas sungai Donau hilir. Meskipun hanya berfungsi selama beberapa dasawarsa, selama lebih dari 1.000 tahun dan merupakan jembatan lengkung terpanjang baik dalam total keseluruhannya maupun panjangnya.[1]

Jembatan itu dibangun pada tahun 105 M dengan instruksi Kaisar Trajanus oleh arsitek Yunani Apollodorus dari Damaskus dalam penempatan pasukan Romawi selama penaklukan Dacia.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Relief jembatan di Kolom Trajan yang menunjukkan lengkungan segmental datar yang yang tidak biasa pada tiang beton Romawi; di Pengorbanan bagian depan Kekaisaran Trajanus di Sungai Donau.

Jembatan ini terletak di sebelah timur Gerbang Besi, dekat kota Drobeta-Turnu Severin di Rumania dan Kladovo di Serbia sekarang. Pembangunannya diperintahkan oleh Kaisar Trajan sebagai jalur pasokan untuk pasukan Romawi yang bertempur di Dacia.

Strukturnya memiliki panjang 1.135 m (3.724 kaki) (dengan lebar Sungai Donau kini 800 m (2.600 kaki) di daerah tersebut), lebar 15 m (49 kaki), dan tinggi 19 m (62 kaki), yang diukur dari permukaan sungai. Di setiap ujungnya terdapat sebuah castrum Romawi, pada masing-masingnya dibangun di sekitar pintu masuk, sehingga jembatan penyeberangan hanya bisa dilakukan dengan berjalan melalui kamp.

Seorang insinyur jembatan, Apollodorus dari Damaskus, menggunakan lengkungan kayu, masing-masing membentang 38 m (125 kaki), dipasang di atas dua puluh pilar batu yang terbuat dari batu bata, semen, dan semen pozzolana.[2][3] Dibangun dengan sangat cepat (antara 103 dan 105), menggunakan konstruksi caisson kayu untuk setiap dermaga.[4]

Apollodorus menerapkan teknik relokasi aliran sungai, dengan menggunakan prinsip-prinsip yang ditetapkan oleh Thales dari Miletus sekitar enam abad sebelumnya. Insinyur menunggu tingkat air rendah untuk menggali kanal, di sebelah barat pusat kota modern Kladovo. Air dialihkan 2 km (1,2 mi) ke hilir dari lokasi konstruksi, melalui daerah dataran rendah Ključ (sr), ke lokasi desa modern Mala Vrbica. Pilar kayu dibangun di dasar sungai dengan tata letak persegi panjang, yang berfungsi sebagai dasar dermaga pendukung, yang dilapisi dengan tanah liat. Pilar-pilar berongga dipenuhi batu-batu yang disatukan oleh mortir, sementara dari luarnya dibangun dengan batu bata Romawi. Batu bata ini masih dapat ditemukan di sekitar desa Kostol, yang tetap memiliki sifat fisik yang sama dengan seperti 2 ribu tahun yang lalu. Tinggi tiang jembatan adalah 4.446 m (14.587 kaki), dengan lebar 1,778 m (5,833 kaki) dan 5,038 m (16,529 kaki) terpisah.[5]

Batu bata tersebut juga memiliki nilai sejarah, karena anggota legiun Romawi dan kohort yang tergabung dalam pembangunan jembatan mengukir nama unit mereka ke dalam batu bata. Dengan demikian, diketahui bahwa pekerjaan dilakukan oleh legiun IV Flavia Felix, Legiun VII Claudia, Legiun V Makedonica dan Legiun XIII Gemina serta kohort I Cretum, II Hispanorum, III Brittonum dan I Antiochensium.

Pembangunan jembatan merupakan bagian dari proyek yang lebih luas, termasuk penggalian kanal sisi sehingga arum jeram dapat dihindari untuk membuat Sungai Donau lebih aman untuk navigasi, dengan membangun armada sungai dan tiang pertahanan yang kuat, serta pengembangan intelijen. dan pelayanan di perbatasan. Katarak Jembatan Besi sangat bermasalah, karena navigasi tidak memungkinkan selama perairan rendah, ketika dasar berbatu dan berbukit menghalangi jalannya kapal di seluruh lebar sungai Donau. Karena alat berat yang diperlukan dalam mengangkat batu-batu besar dari dasar sungai, kemudian menyeretnya ke tumpukan yang tidak tersedia di saat itu, maka para insinyur Romawi memutuskan untuk memotong kanal melalui lereng batu di tepi barat. Hal ini dimulai dari Gerbang Besi, menuju ke hulu hingga titik dimana arus jeramnya dimulai, yang berada agak hilir dari desa modern Novi Sip. Sisa tanggul yang melindungi kawasan tersebut selama pembangunan kanal menunjukkan besarnya karya. Kanal sepanjang 32 km (20 mil) melewati bagian bermasalah sungai dengan gaya seperti lengkungan tersebut.

Semua karya ini, terutama jembatan, berfungsi untuk mempersiapkan invasi Romawi ke Dacia, yang berakhir dengan kemenangan Romawi pada tahun 106 M. Efek akhirnya mengalahkan orang Dacia dan mendapatkan tanah kaya bijih mereka begitu hebat sehingga pertunjukan teater Romawi merayakan penaklukan berlangsung selama 123 hari, dengan 10.000 gladiator terlibat dalam perkelahian dan 11.000 binatang liar terbunuh selama periode tersebut.

Tabula Traiana[sunting | sunting sumber]

Foto Tabula Traiana dekat Kladovo, Serbia.

Sebuah plakat peringatan Romawi ("Tabula Traiana"), dengan lebar 4 meter dan tinggi 1,75 meter, memperingati selesainya jalan militer Trajanus yang terletak di sisi Serbia yang berhadapan dengan Rumania, dekat Ogradina. Pada tahun 1972, ketika Pembangkit Listrik Tenaga Air dari Jembatan Besi I dibangun (menyebabkan permukaan air naik sekitar 35 m), dan plak dipindahkan dari lokasi asalnya, dan diangkat ke tempat sekarang. Plakat tersebut berisi:

IMP. CAESAR. DIVI. NERVAE. F
NERVA TRAIANVS. AVG. GERM
PONTIF MAXIMUS TRIB POT IIII
PATER PATRIAE COS III
MONTIBVS EXCISI(s) ANCO(ni)BVS
SVBLAT(i)S VIA(m) F(ecit)

Teks itu ditafsirkan oleh Otto Benndorf yang artinya:

Kaisar Caesar putra Nerva ilahi, Nerva Trajanus, Augustus, Germanicus, Pontifex Maximus, menginvestasikan untuk keempat kalinya sebagai Tribune, Bapak Tanah Air, Konsul untuk yang ketiga kalinya, menggali batu gunung dan menggunakan balok kayu yang telah membuat jalan ini.

Tabula Traiana dinyatakan sebagai Monumen Kebudayaan Penting Luar Biasa pada tahun 1979, dan dilindungi oleh Republik Serbia.

Kehancuran dan sisa[sunting | sunting sumber]

Reruntuhan di awal abad ke-20, Rumania.
Reruntuhan pada tahun 2009, dikelilingi oleh komponen beton persegi yang dibangun untuk melindungi monumen dari kenaikannya di permukaan air setelah pembangunan bendungan Gerbang Besi I, Rumania.

Suprastruktur kayu dari jembatan tersebut dibongkar oleh penerus Trajanus, yaitu Hadrian; untuk melindungi kekaisaran dari serbuan barbar dari Utara.[6] Dua puluh pilar masih terlihat pada tahun 1856, ketika tingkat Sungau Donau mencapai rekor terendah. Pada tahun 1906, Komisi Sungau Donau memutuskan untuk menghancurkan dua pilar yang menghalangi navigasi.

Pada tahun 1932, terdapat 16 pilar yang tersisa di bawah air, tetapi pada tahun 1982 hanya 12 yang dipetakan oleh arkeolog; Empat lainnya mungkin tersapu air. Hanya pilar masuk yang sekarang terlihat di salah Sungai Donausatu penampungan di s.[7]

Pada tahun 1979, Jembatan Trajan ditambahkan ke Monumen Budaya Penting Luar Biasa, dan pada tahun 1983 di Daftar Situs Penting Arkeologi Luar Biasa, dan oleh karena itu dilindungi oleh Republik Serbia.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Sisa-sisa benteng Drobeta di tepi kiri / utara Sungai Donau (Rumania), yang mendapat akses ke jembatan Trajanus. Di tepi kanan / selatan sungai Donau (Serbia) yang merupakan sisa-sisa kepulauan Pontes (Pontes castrum), yang melayani tujuan yang sama.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The bridge seems to have been surpassed in length by another Roman bridge across the Danube, Constantine's Bridge, a little-known structure whose length is given at 2,437 m (Tudor 1974b, hlm. 139; Galliazzo 1994, hlm. 319).
  2. ^ The earliest identified Roman caisson construction was at Cosa, a small Roman colony north of Rome, where similar caissons formed a breakwater as early as the 2nd century BC: International Handbook of Underwater Archaeology, 2002.
  3. ^ Fernández Troyano, Leonardo, "Bridge Engineering - A Global Perspective", Thomas Telford Publishing, 2003
  4. ^ In the first century BC, Roman engineers had employed wooden caissons in constructing the Herodian harbour at Caesarea Maritima: Carol V. Ruppe, Jane F. Barstad, eds. International Handbook of Underwater Archaeology, 2002, "Caesarea" pp505f.
  5. ^ Ranko Jakovljević (9 September 2017), "Srećniji od Avgusta, bolji of Trajana", Politika-Kulturni dodatak (dalam bahasa Serbian), hlm. 05 
  6. ^ Opper, Thorsten (2008), Hadrian: Empire and Conflict, Harvard University Press, hlm. 67, ISBN 9780674030954 
  7. ^ Romans Rise from the Waters Diarsipkan 2006-12-05 di Wayback Machine.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • Bancila, Radu; Teodorescu, Dragos (1998), "Die römischen Brücken am unteren Lauf der Donau", dalam Zilch, K.; Albrecht, G.; Swaczyna, A.; et al., Entwurf, Bau und Unterhaltung von Brücken im Donauraum, 3. Internationale Donaubrückenkonferenz, 29–30 October, Regensburg, hlm. 401–409 
  • Galliazzo, Vittorio (1994), I ponti romani. Catalogo generale, Vol. 2, Treviso: Edizioni Canova, hlm. 320–324 (No. 646), ISBN 88-85066-66-6 
  • Griggs, Francis E. (2007), "Trajan's Bridge: The World's First Long-Span Wooden Bridge", Civil Engineering Practice, 22 (1): 19–50, ISSN 0886-9685 
  • Gušić, Sima (1996), "Traian's Bridge. A Contribution towards its Reconstruction", dalam Petrović, Petar, Roman Limes on the Middle and Lower Danube, Cahiers des Portes de Fer, 2, Belgrade, hlm. 259–261 
  • O’Connor, Colin (1993), Roman Bridges, Cambridge University Press, hlm. 142–145 (No. T13), 171, ISBN 0-521-39326-4 
  • Serban, Marko (2009), "Trajan's Bridge over the Danube", The International Journal of Nautical Archaeology, 38 (2): 331–342, doi:10.1111/j.1095-9270.2008.00216.x 
  • Tudor, D. (1974a), "Le pont de Trajan à Drobeta-Turnu Severin", Les ponts romains du Bas-Danube, Bibliotheca Historica Romaniae Études, 51, Bucharest: Editura Academiei Republicii Socialiste România, hlm. 47–134 
  • Tudor, D. (1974b), "Le pont de Constantin le Grand à Celei", Les ponts romains du Bas-Danube, Bibliotheca Historica Romaniae Études, 51, Bucharest: Editura Academiei Republicii Socialiste România, hlm. 135–166 
  • Ulrich, Roger B. (2007), Roman Woodworking, Yale University Press, hlm. 104–107, ISBN 0-300-10341-7 
  • Vučković, Dejan; Mihajlović, Dragan; Karović, Gordana (2007), "Trajan's Bridge on the Danube. The Current Results of Underwater Archaeological Research", Istros (14): 119–130 
  • Ранко Јаковљевић (2009). "Трајанов мост код Кладова". Rastko. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]