Jembatan Renville

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jembatan Renville yang baru pasca Double Track beroperasi penuh dari Kebumen hingga Karanganyar

Jembatan Renville (BH 1751) adalah jembatan kereta api yang terletak di desa Panjer, Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. yang melintas di atas Sungai Luk Ulo. Jembatan ini di sebut jembatan Renville oleh para pejuang kemerdekaan. Untuk mengabadikan peristiwa perundingan Renville.

Peristiwa pelanggaran Belanda pada tanggal 21 Juli 1947 yang secara terang-terangan terhadap persetujuan Linggarjati, dengan melancarkan ekspansinya hingga ke Gombong mengakibatkan TNI mengadakan perlawanan dengan tetap mematuhi perintah genjatan senjata. Pihak Belanda yang pada awalnya mengambil batas wilayah di timur Kali Kemit (tepatnya dilokasi yang kini menjadi monumen kemit). Akhirnya bersedia memundurkan garis, setelah diadakannya perundingan dengan pihak RI yang di tengahi oleh KTN dan di ambil kesepakatan bahwa Kali Kemit sebagai garis demarkasi/status Quo.[1]

Sedangkan, Jembatan Renville yang lama sekarang sudah tidak ada lagi karena sudah diganti dengan konstruksi jembatan yang baru karena proyek jalur ganda lintas tengah dan selatan Pulau Jawa.

Pada Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Jembatan Renville sempat dijadikan sebagai lokasi penelusuran acara misteri Mister Tukul Jalan-Jalan pada tahun 2014 silam.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ c 2007-2022perpustakaan digital indonesia