Jembatan Helix

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jembatan Helix adalah jembatan pedestrian terpanjang yang berada di Downtown Core, Singapura. Jembatan ini menghubungkan Marina Center dengan Marina South di kawasan Marina Bay Sands, Singapura. Jembatan yang juga dikenal sebagai Double Helix Bridge ini mempunyai bentuk yang unik, yaitu menyerupai DNA manusia.[1]

Desain dan konstruksi Bangunan[sunting | sunting sumber]

Awalnya pemerintah Singapura menawarkan tender untuk pembangunan jembatan dengan arsitektur berskala internasional. Hal tersebut sudah diumumkan sejak bulan Maret 2006. Sebanyak tiga puluh enam perusahaan mengajukan penawaran untuk menangani hal tersebut, namun hanya tim dari tiga perusahaan yang terpilih. Mereka adalah Cox Group (Australia), Arup Pte Ltd (Australia), dan Architects61 (Singapura). Konsep awal dari perencanaan pembangunan jembatan tersebut sebenarnya berupa desain berbentuk jala untuk menggambarkan Singapura yang dulu terkenal sebagai sebuah desa nelayan (Temasek). Namun rancangan awal tersebut berubah menjadi konsep DNA manusia, yang dimaksudkan untuk melambangkan kehidupan dan kesinambungan serta pembaruan dan pertumbuhan bagi Singapura.[2]

Pembangunan jembatan tersebut pun dimulai pada tahun 2007, dengan menelan biaya sekitar 68 juta dolar Singapura. Dengan desain yang telah ditetapkan tersebut, terdapat keuntungan lain yang didapatkan yaitu penghematan biaya untuk kontruksi. Hal ini karena lebih sedikit baja yang digunakan dibandingkan dengan box girder atau jembatan kabel. Jembatan sepanjang 280 meter tersebut terbuat dari duplex stainless steel (baja tahan karat), tepatnya 650 ton stainless steel dan 1.000 ton carbon steel, yang dilengkapi dengan kekuatan struktural yang tinggi sehingga tahan karat meskipun diterpa panas atau hujan. Kekuatan jembatan tersebut dapat menampung beban sekitar 16.000 orang secara bersamaan dalam satu waktu. Jembatan tersebut mempunyai jarak bebas 8,8 meter di atas air, sehingga kapal-kapal dapat melewati Marina Bay dan Marina Channel. Jembatan setinggi tiga lantai ini juga terdiri dari heliks mayor dan minor dengan panjang total tabung yang membentuk heliks ganda adalah sekitar 2.250 meter.

Antara bulan November sampai bulan Desember 2008, Urban Redevelopment Authority (URA) mengadakan konsultasi publik untuk menentukan nama jembatan tersebut. URA mengusulkan nama "The Double Helix" dan "The DNA Bridge", namun akhirnya diputuskan nama "The Helix" sebagai nama resmi jembatan tersebut.[3] Sesuai namanya, jembatan ini berbentuk dua heliks (spiral, memutar) yang saling berjalin. Bentuk heliks tersebut didesain menyerupai bentuk DNA manusia. Bentuk tersebut membuat Land Transport Authority (Otoritas Angkatan Darat) mengklaim jembatan tersebut sebagai jembatan dengan desain DNA pertama di dunia. Jembatan Helix juga dilengkapi dengan kanopi pada bagian atas yang terbuat dari fritted glass. Terdapat lampu-lampu pada lantai di Jembatan Helix dengan huruf A, G, C, dan T. Huruf-huruf tersebut merupakan simbol dari 4 basis DNA, yaitu Adenine (Adenina), Guanine (Guanina), Cytosine (Sitosina), dan Thymine (Timina). Lampu-lampu dengan huruf tersebut dapat dilihat dan dinikmati pengunjung pada malam hari dalam perpaduan warna merah, hijau, biru, dan ungu.

Peresmian dan kegunaan[sunting | sunting sumber]

Jembatan Helix secara resmi dibuka pada 24 April 2010 dan beroperasi penuh pada bulan Juli 2010. Urban Redevelopment Authority (URA) mengundang lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembukaan dengan mengambil gambar Jembatan Helix untuk diunggah di laman Facebook Marina Bay. Foto-foto itu kemudian digunakan untuk membuat ulang gambar tiga dimensi jembatan tersebut. Hal tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara yang disebut dengan Marina Bay Invitations. Acara itu bertujuan untuk memperingati dibukanya Jembatan Helix serta mempromosikan jembatan tersebut sebagai salah satu atraksi atau pemandangan baru di kawasan Marina Bay.

Pembangunan Jembatan Helix ini mempunyai kegunaan baik dari segi estetika maupun praktikal. Selain pembangunan jembatan yang dilatarbelakangi oleh kebutuhan wisatawan tentang akses yang lebih mudah untuk menikmati kawasan Marina Bay Sands, jembatan ini juga berfungsi sebagai galeri outdoor. Galeri outdoor tersebut dimaksudkan untuk menampilkan dan mempromosikan karya seni anak muda setempat. Bahkan sebelum jembatan tersebut dibuka, diadakan sebuah kompetisi seni bagi para pemuda untuk menunjukkan bagaimana desain yang mereka buat dapat dimasukkan atau ditempatkan ke dalam desain jembatan tersebut. Delapan pemenang akhirnya terpilih untuk dipasangkan dengan seniman lokal untuk mengembangkan desain mereka untuk dipajang di area sekitar jembatan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Helix Bridge | Infopedia". eresources.nlb.gov.sg. Diakses tanggal 2021-12-01. 
  2. ^ "A futuristic bridge with a view". eresources.nlb.gov.sg (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-03. 
  3. ^ "URA seeks feedback on bridge name". eresources.nlb.gov.sg (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-03.