Jejak Kaki Setan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah ilustrasi yang dibuat oleh The Illustrated London News, 1855

Jejak Kaki Setan merupakan sebuah nama yang diberikan pada sebuah fenomena yang terjadi pada tanggal 8 Februari 1855 di Devon, Inggris. Jejak-jejak itu memiliki pola seperti kuku belah. Saksi lain mendeskripsikan bentuknya seperti huruf U atau seperti tapal kuda. Ukuran panjangnya adalah 4 cm hingga 6,25 cm dan jarak antara jejak kaki sekitar 20 cm. Jejak-jejak tersebut terlihat hingga 160 km jauhnya dari Exmouth hingga Topsham.

Insiden[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 8 Februari 1855, salju tebal turun di Devon selatan selama seharian. Hujan salju itu baru berhenti kira-kira pada tengah malam dan saat itu para penduduk Devon sudah lelap dalam tidurnya. Pagi harinya, para penduduk mulai bersiap untuk melakukan aktivitasnya. Tiba-tiba mereka melihat jejak misterius yang tidak biasa di atas permukaan salju. Tidak ada jejak lain di permukaan salju. Pada beberapa lokasi, jejak-jejak tersebut terlihat menghampiri pintu rumah penduduk, namun kembali menjauh.

Di tempat lain, jejak tersebut terlihat di atap rumah. Lalu, ada juga jejak yang terlihat menghadap sebuah tembok setinggi 4 meter dan muncul di sisi lain dari tembok, seakan-akan mahkluk tersebut berjalan menembus tembok. Di sungai Exe, jejak tersebut terlihat pada dua sisinya, entahkah makhluk itu menyeberangi sungai tersebut atau ada dua makhluk yang berjalan di kedua sisi sungai.

Teori[sunting | sunting sumber]

Kangguru[sunting | sunting sumber]

Pendeta G.M Musgrave kemudian segera mengirim surat kepada harian Illustrated London News untuk memberitahukan mengenai adanya dua ekor kangguru yang terlepas dari kebun binatang pribadi milik Mr. Fische di Sidmouth.

Balon[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1985, terbit sebuah buku berjudul "The Devil's Footprints: The Great Devon Mystery as it was reported in the newspapaer of 1855" yang ditulis oleh Geoffrey Household.

Dalam bukunya, ia mengajukan teori kalau jejak-jejak aneh tersebut mungkin telah diciptakan oleh sebuah balon eksperimen. Ia mengaku mendapatkan informasi kalau sebuah balon telah terlepas tanpa sengaja dari galangan kapal Devonport. Balon itu terikat dengan sebuah tali yang menggantung dengan besi di ujungnya. Besi inilah yang dianggapnya telah membuat jejak-jejak misterius tersebut.

Household adalah seorang pria lokal bernama Major Carter yang mengetahui hal ini dari kakeknya yang bekerja di galangan kapal itu. Menurutnya, pada waktu itu, informasi ini dirahasiakan karena balon itu juga merusak beberapa rumah kaca dan jendela rumah penduduk sebelum akhirnya jatuh di Honiton.

Kutipan[sunting | sunting sumber]

Bacaan lain[sunting | sunting sumber]