Jean Fouquet

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Jean Fouquet, portret diri (1450). Potret miniatur terawal, dan diyakini merupakan potret diri formal terawal.[1]

Jean (atau Jehan) Fouquet (1420–1481) adalah pelukis Perancis terkenal dari abad ke-15,[2] seorang master dari lukisan panel dan naskah beriluminasi, dan pencipta dari miniatur potret. Ia merupakan artis Perancis pertama yang berkunjung ke Italia dan menjadi tangan pertama dari awal masa Renaisans Italia.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Jean Fouquet lahir di Tours. Sedikit yang diketahui tentang kehidupannya, namun ia diketahui berada di Italia sebelum 1447, dimana ia memusnahkan sebuah potret dari Paus Eugenius IV yang meninggal pada tahun tersebut (hanya salinan-salinan dari potret tersebut yang masih ada).

Fouquet menampilkan Charles VII sebagai salah satu tiga orang majus. Gambaran tersebut merupakan salah satu dari beberapa potret dari raja tersebut. Menurut beberapa sumber, dua orang majus lainnya adalah Dauphin Louis, yang kemudian menjadi Louis XI, dan saudaranya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bertentangan dengan kebiasaan artis tersebut yang suka membuat sebuah potret kecil dari dirinya sendiri dalam sebuah adegan keagamaan. Sebuah lukisan 1433 karya Jan van Eyck (Potret dari seorang Pria) diyakini merupakan sebuah potret diri oleh sebagian besar orang.
  2. ^ Encyclopaedia Britannica

Pranala luar[sunting | sunting sumber]