Jean-Éric Vergne

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jean-Éric Vergne
Jean-Éric Vergne di ePrix Berlin 2018.
Lahir25 April 1990 (umur 33)
Pontoise, Prancis
Karier Kejuaraan Dunia Formula Satu
KebangsaanPrancis Prancis
Tahun aktif2012-2014
TimToro Rosso
Nomor mobil25
Jumlah lomba58 (58 starts)
Juara dunia0
Menang0
Podium0
Total poin51
Posisi pole0
Lap tercepat0
Lomba pertamaGrand Prix Australia 2012
Lomba terakhirGrand Prix Abu Dhabi 2014
Klasemen 201413th (22 pts)

Jean-Eric Vergne (lahir 25 April 1990) merupakan seorang pembalap mobil professional dari Prancis yang pada saat ini berkompetisi di dalam ajang Formula E bersama dengan tim DS Penske. Ia merupakan juara Formula Tiga Inggris musim 2010. Pada musim 2011 ia membalap di dalam ajang Formula Renault 3.5 dan berhasil menjadi runner-up di klasemen akhir. Pada bulan September 2011, Vergne mendapatkan jatah untuk menjadi pembalap hari Jumat untuk tim Scuderia Toro Rosso di dalam ajang Formula Satu. Kemudian, pada tanggal 14 Desember 2011, Vergne mendapatkan kesempatan untuk membalap di dalam ajang Formula Satu musim 2012 bersama dengan tim yang sama.

Karier awal[sunting | sunting sumber]

Karting[sunting | sunting sumber]

Lahir di Pontoise, Prancis, Vergne mulai berkompetisi di karting pada usia 4 tahun[1] di sirkuit kart ayahnya di dekat Paris.[2] Ia memasuki kompetisi pertamanya pada tahun 2000 dan menjadi juara Prancis dalam kategori "anak-anak" (Minimes) pada tahun 2001. Tiga tahun kemudian, ia menjadi runner-up di kejuaraan Rotax Max Prancis.[1] Pada tahun 2005, ia finis sebagai runner-up di kelas ICA Kejuaraan Eropa, di belakang James Calado,[3] dengan puncak karier kartingnya datang pada tahun berikutnya ketika ia finis di urutan ketujuh di KF1 Kejuaraan Dunia, diadakan di Angerville, trek lain di dekat Paris.[4]

Formula Renault 1.6 dan 2.0[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007, Vergne naik ke balap kursi tunggal, bergabung dengan seri French Formula Renault Campus yang ia menangkan dengan nyaman pada percobaan pertama, mengambil sepuluh podium dari tiga belas balapan dalam prosesnya. Vergne menjadi anggota dari Red Bull Junior Team dan French Automobile Sport Federation (FFSA), pada akhir musim 2007.[5]

Di musim berikutnya, Vergne berkompetisi di kejuaraan Eurocup Formula Renault 2.0 dan Formula Renault 2.0 West European Cup untuk SG Formula. Dia finis di urutan keenam dalam klasemen Eurocup, mengambil sembilan poin dalam empat belas balapan, termasuk naik podium pada balapan terakhir musim ini di Barcelona.[6] Di West European Cup, ia menempati posisi keempat dalam kejuaraan, mencetak tiga tempat podium.[7]

Di kedua seri, ia finis sebagai pembalap rookie tertinggi, dan sebagai tambahan, ia juga memenangkan Kejuaraan French Formula Renault 2.0, yang diberikan kepada pembalap Prancis terbaik di klasemen West European Cup.[8]

Jean-Éric Vergne di Seri Dunia oleh Renault putaran Nürburgring 2011.

Untuk musim 2009, Vergne tetap di kedua kejuaraan dengan Formula SG. Dia finis kedua di belakang Spanyol Albert Costa di Eurocup, dan WEC.

Formula Satu[sunting | sunting sumber]

2010–2011: Testing[sunting | sunting sumber]

Vergne selama sesi tes pra-musim, untuk tim Toro Rosso, di Jerez, pada bulan Februari 2012.

Vergne menikmati pengalaman perdananya di atas mobil Formula Satu dalam acara Goodwood Festival of Speed pada bulan Juli 2010, dengan mengendarai mobil Red Bull RB5. Pada bulan September 2010, ia mengumumkan bahwa ia akan ikut serta di dalam sesi tes pembalap muda di Sirkuit Yas Marina di bulan November, dengan tim yang kemudian mengkonfirmasikan bahwa ia akan mengendarai mobil Toro Rosso STR5 untuk kedua hari tes. Pada hari pertama uji, ia mengatur waktu tercepat ketujuh dengan catatan waktu 1:42.489, dan menyelesaikan 93 putaran dalam proses.

Pada hari kedua tes, Vergne selesai tercepat kesembilan dengan waktu 1:40.974, hanya 0,030 detik di belakang pembalap Williams yang juga juara GP2 yang baru, yaitu Pastor Maldonado. Serta menderita masalah mesin-terkait yang terbatas berjalan, ia juga harus meninggalkan tes awal untuk melakukan perjalanan ke Makau untuk balapan akhir musim Formula Tiga.

Pada bulan Agustus 2011, selama akhir pekan Grand Prix Belgia, tim Toro Rosso menegaskan bahwa Vergne akan berpartisipasi di dalam sesi latihan bebas pertama yang dipilih kemudian di sisa musim di empat balapan, dengan dimulai pada Grand Prix Korea. Ia tidak ambil bagian di dalam sesi latihan bebas di India untuk memungkinkan pembalap Jaime Alguersuari dan Sebastien Buemi untuk mencatatkan waktu maksimal di sirkuit tersebut.

Pada bulan November 2011, Vergne menguji mobil Red Bull RB7 di dalam sesi tes pembalap muda di Abu Dhabi, dan berhasil mencatatkan waktu putaran tercepat pada tiga hari tes.

2012–2014: Scuderia Toro Rosso[sunting | sunting sumber]

Musim 2012[sunting | sunting sumber]

Vergne membalap untuk tim Toro Rosso di Grand Prix Malaysia 2012.

Pada tanggal 14 Desember 2011, secara resmi menegaskan bahwa Vergne akan berlomba untuk tim Toro Rosso di musim 2012, bersama dengan rekan setimnya, yaitu Daniel Ricciardo. Setelah menyelesaikan sesi kualifikasi dan finis di urutan ke 11 pada balapan pembukaan musim Grand Prix Australia, Vergne berhasil mencetak poin Kejuaraan Dunia pertamanya pada balapan berikutnya di Malaysia, dengan finis di urutan ke 8 dalam balapan yang dipengaruhi oleh hujan. Di Grand Prix Eropa, ia berbelok ke mobil Heikki Kovalainen dari luar jalur balap selama upayanya untuk menyalip, dan merusak kedua mobil dengan parah, dan menyebarkan cukup banyak puing di lintasan, sehingga mobil keselamatan harus dikerahkan. Setelah balapan, pengawas balapan menemukan bahwa kecelakaan itu dapat dihindari, dan bahwa Vergne yang menyebabkan kecelakaan itu. Dia akan menerima penalti ganda 10 posisi untuk hasil kualifikasinya di Grand Prix Inggris, bersama dengan denda sebesar € 25.000.

Vergne di Grand Prix Amerika Serikat 2012.

Ini juga terbukti menjadi balapan pertamanya untuk pensiun di dalam ajang Formula Satu, karena ia telah menyelesaikan secara konsisten tujuh balapan sebelumnya sesuai dengan jadwal. Vergne tidak akan mencetak poin lagi sampai dengan Grand Prix Belgia, tetapi berhasil mencetak poin lagi empat balapan kemudian, di Grand Prix Korea, dan akhirnya di balapan terakhir di musim ini, yaitu Grand Prix Brasil. Vergne menyelesaikan musim ini di urutan ke-17 di dalam klasemen akhir Kejuaraan Dunia Pembalap dengan 16 poin, total ditambahkan dengan empat kali finis di tempat ke 8. Meski tidak mencetak poin sesering Daniel Ricciardo, namun dia menyelesaikan musim ini di depan Ricciardo.

Musim 2013[sunting | sunting sumber]

Vergne di sesi latihan bebas pertama untuk Grand Prix Malaysia 2013.

Vergne mengawali musim 2013 dengan finis di posisi kedua belas di Grand Prix Australia, sebelum meraih poin pertamanya musim ini dengan finis di posisi ke 10 di Malaysia, meskipun terlibat kontak dengan pembalap Caterham, yaitu Charles Pic. Vergne tidak mencetak poin lagi sampai dengan Grand Prix Monako, di mana dia menyelesaikan balapan ini di tempat ke 8, menyamai hasil terbaik di dalam karirnya. Vergne memiliki sesi kualifikasi yang terbaik dalam karirnya untuk Grand Prix Kanada, ketika ia menyelesaikan sesi kualifikasi di posisi ke 7 di grid, sebelum melanjutkan untuk menyelesaikan posisi finis terbaiknya di dalam kariernya di urutan ke 6 pada hari berikutnya, dalam balapan. Sisa musim ini adalah mimpi buruk, dengan posisi finis tertinggi yaitu di urutan ke-12 dengan tiga kali tersingkir dari balapan, dan menyelesaikan balapan terakhir di tempat ke-15 dan ke-15 di klasemen akhir Kejuaraan Dunia Pembalap dengan total 13 poin, sementara Daniel Ricciardo berhasil mengungguli dia untuk mendapatkan 20 poin.

Musim 2014[sunting | sunting sumber]

Diumumkan pada musim 2013 bahwa Vergne akan berkendara lagi untuk Toro Rosso bersama dengan seorang rookie, yaitu Daniil Kvyat yang berusia 19 tahun, yang menggantikan posisi Ricciardo di dalam tim. Vergne lolos babak kualifikasi dengan baik di balapan pembukaan musim ini di Australia di tempat keenam, dengan mengalahkan tiga juara dunia, yaitu Kimi Räikkönen, Sebastian Vettel, dan Jenson Button, dan dia menyelesaikan balapan tepat di depan rekan setimnya di urutan ke-9, namun setelah Daniel Ricciardo didiskualifikasi, dia naik ke posisi ke-8. Di Malaysia, ia menyelesaikan sesi kualifikasi di posisi ke-9, tetapi tidak menyelesaikan balapan setelah mendapatkan start yang buruk dan bertabrakan dengan Marussia dan Caterham, sementara rekan setimnya yang juga seorang rookie, yaitu Daniil Kvyat, finis di urutan ke-10. Vergne kemudian mundur lagi pada balapan berikutnya di Bahrain. Pada Grand Prix Tiongkok, Vergne menyelesaikan sesi kualifikasi di urutan ke-9, sementara Kvyat menyelesaikan sesi kualifikasi di urutan ke-13 dalam kondisi yang basah. Vergne sekali lagi memiliki awal balapan yang buruk dan finis di posisi ke-12, sementara Kvyat kembali mencetak poin dengan finis di tempat ke-10.

Vergne di sesi latihan bebas kedua untuk Grand Prix Singapura 2014.

Pada saat kalender dipindahkan ke benua Eropa untuk Grand Prix Spanyol, keberuntungan Vergne tidak kunjung membaik. Sebuah roda mobilnya tidak dipasang dengan benar pada sesi latihan bebas hari Jumat yang mengakhiri sesinya lebih awal dan memberinya penalti turun 10 tempat. Hasilnya, dia start dari posisi ke-21, hanya di depan Pastor Maldonado yang mengalami kecelakaan di sesi Q1. Vergne memulai balapan ini dengan awal yang baik, setelah melewati pembalap dari Marussia dan Caterham, sambil menarik diri dari Maldonado, tetapi dia mundur untuk yang ketiga kalinya di dalam lima balapan karena mengalami masalah teknis pada mobilnya. Di Grand Prix Austria, Vergne pensiun untuk yang kelima kalinya di dalam delapan balapan, setelah menyelesaikan balapan sebelumnya di Kanada di tempat ke-8. Dalam balapan berikutnya di Silverstone, Vergne mampu naik ke sesi Q3 untuk yang keenam kalinya, dan menyelesaikan balapan ini di urutan ke-10. Di Hungaria, Vergne menyelesaikan sesi kualifikasi di posisi ke-8 dalam kondisi yang berubah, tetapi dalam balapan, ia berhasil mencapai posisi ke-2 setelah masuk ke dalam pit setelah periode mobil keselamatan, dia memegang posisi di depan pertempuran yang termasuk Nico Rosberg, Sebastian Vettel, dan Lewis Hamilton. Namun, setelah pemberhentian keduanya, dia turun dan finis di posisi ke-9.

Di Grand Prix Singapura, Vergne mampu menyamai hasil terbaiknya di dalam ajang Formula Satu dengan finis di posisi keenam setelah melakukan serangan di menit-menit akhir yang membuatnya berhasil melewati Nico Hülkenberg, Kimi Räikkönen, dan Valtteri Bottas di empat putaran terakhir balapan, meskipun ada dua kali penalti lima detik. Di Grand Prix Jepang, Vergne finis di posisi ke-9 dalam kondisi basah yang memburuk, meskipun start dari posisi ke-20 di tengah kecelakaan fatal yang menimpa Jules Bianchi setelah sebelumnya Adrian Sutil melintir di tikungan Dunlop Curve. Di Grand Prix Rusia, ia menempati posisi kesembilan, sementara Kvyat menempati posisi kelima di balapan kandangnya sendiri. Di awal balapan, Vergne berhasil naik ke posisi kelima, dan berhasil menyalip Kevin Magnussen di tikungan ketiga pada putaran ketiga. Namun, Vergne perlahan-lahan turun kembali dan finis di urutan ke-13, tepat di depan Kvyat.

Pada bulan Agustus, Red Bull secara resmi mengumumkan bahwa Kvyat akan bergabung bersama dengan tim Toro Rosso bersama dengan Max Verstappen untuk musim 2015, sehingga Vergne tidak memiliki rekan untuk musim 2015.[9] Namun, setelah Sebastian Vettel keluar dari tim Red Bull dan pindah ke tim Scuderia Ferrari, Kvyat secara resmi mengumumkan bahwa ia akan menggantikan posisinya, sehingga Vergne masih memiliki kesempatan untuk bergabung bersama dengan tim Toro Rosso pada tahun 2015. Namun, pada tanggal 26 November 2014, Vergne secara resmi mengumumkan bahwa ia akan meninggalkan tim Toro Rosso untuk musim 2015, dan Carlos Sainz, Jr. akan menggantikan posisinya. Vergne akan pindah ke dalam ajang Formula E untuk musim 2014-2015.[10]

Formula E[sunting | sunting sumber]

Andretti Autosport (2015)[sunting | sunting sumber]

Setelah tidak dapat mengamankan pembalap penuh waktu untuk Formula Satu musim 2015, ia beralih ke Formula E dan menandatangani kontrak dengan Andretti Autosport.[11] Vergne melakukan debutnya di balapan ketiga musim ini ePrix Punta del Este di Uruguay dan mengamankan posisi pole.[12] Vergne disalip di awal oleh Nelson Piquet, Jr., dan dia memimpin kembali di lap 12. Setelah pit stop Vergne memberikan keunggulan kepada Sébastien Buemi, tetapi dia menyerang Buemi sampai tersingkir karena suspensi rusak dua putaran sebelum akhir perlombaan.[13] Dia mencapai podium pertamanya di ePrix Long Beach, finis kedua di belakang pemenang lomba Piquet.[14] Dia finis ketiga di balapan pertama di ePrix London, melewati Piquet dan Lucas di Grassi dalam prosesnya. Pada balapan kedua, ia finis di urutan ke-16 setelah menerima penalti drive-through. Dia akhirnya finis ketujuh di klasemen kejuaraan terakhir, dengan 70 poin.

Virgin Racing (2015-2016)[sunting | sunting sumber]

Vergne di DS Virgin Racing mobil Formula E-nya.

Pada 8 Agustus 2015, diumumkan bahwa Vergne akan bergabung dengan tim DS Virgin Racing untuk Formula E musim 2015–2016, bermitra dengan Sam Bird.[15] Vergne berjuang untuk bersaing dengan Bird dan finis di urutan kesembilan di kejuaraan.

Techeetah (2016-2022)[sunting | sunting sumber]

Vergne selama ePrix Kota Meksiko 2022, di mana ia selesai di tempat ketiga.

Pada Juli 2016, diumumkan bahwa Vergne akan bersaing dengan Techeetah yang baru dibentuk, setelah mereka mengakuisisi Team Aguri. Vergne kemudian mencetak podium pertama, penghargaan putaran tercepat dan kemenangan pertama tim di final musim 2016-2017 di Montréal. Vergne dipastikan akan terus bersama tim pada musim 2017-18. Dia mencetak kemenangan keduanya di ePrix Santiago 2018, dan meraih kemenangan ketiganya dalam karier Formula E di ePrix Punta del Este 2018. Setelah mengumpulkan poin yang konsisten, Vergne meraih gelar dengan balapan tersisa di New York, menjadi juara pembalap keempat yang berbeda dalam empat musim.[16] Untuk musim 2018-19, Vergne bertahan bersama Techeetah dan memenangkan 3 balapan di Sanya, Monako, dan Bern. Dia juga menjadi juara untuk tahun kedua berturut-turut, menjadi juara ulangan pertama Formula E.[17] Diumumkan bahwa pada musim 2019-2020, Vergne akan membalap bersama António Félix da Costa, yang akan menggantikan André Lotterer yang diikat oleh TAG Heuer Porsche Formula E Team (yang merupakan rekan setimnya dari 2017 hingga 2019). Setelah dua poin selesai dan dua tersingkir, Vergne mencetak podium pertamanya di Marrakesh meskipun absen latihan bebas pertama karena demam. Veteran Super GT Jepang dan Super Formula Jepang James Rossiter menggantikannya di latihan bebas pertama. Setelah jeda singkat musim ini karena pandemi COVID-19, Vergne mencetak dua podium di dua dari enam ronde di ePrix Berlin, finis ketiga di ronde ketiga, dan mencetak kemenangan pertamanya musim ini di ronde empat. Dia akhirnya akan finis ketiga di klasemen kejuaraan, hanya satu poin di belakang Stoffel Vandoorne.

Vergne tetap bersama DS Techeetah untuk musim 2020-2021. Vergne gagal mencetak poin di Diriyah dan memenangkan balapan pertama di Roma, meninggalkan Italia dengan 25 poin setelah 4 balapan. Vergne gagal finis pada balapan pertama di Puebla setelah menabrak tembok setelah mengaktifkan mode serangan. Vergne menempati posisi kedua di Kota New York pada hari pertama, namun tetap berada di posisi ke-24 di grid setelah lampu padam keesokan harinya, yang membuatnya mengalami DNF kedua. Vergne kembali gagal mencetak poin di London dan mengakhiri musim di posisi ke-10 dengan 80 poin, 19 poin di belakang Nyck de Vries yang menjadi juara.

Vergne bertahan dengan DS Techeetah untuk musim keenam berturut-turut. Vergne mendapatkan 12 poin dari Diriyah dan meraih posisi ke-3 di Meksiko. Dua pole-nya terjadi pada balapan kedua di Roma dan Jakarta, finis kedua di kedua balapan tersebut di belakang Mitch Evans dan meraih dua podium di Monako dan Berlin. Vergne mengalami DNF pada kedua balapan kedua di Kota New York dan London, keduanya akibat senggolan. Vergne finis ke-6 pada kedua balapan di Seoul yang berarti ia mengakhiri musim di posisi ke-4 dengan 144 poin.

DS Penske (2023-kini)[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Oktober 2022, diumumkan bahwa Vergne akan bergabung dengan tim DS Penske yang baru dibentuk bersama juara bertahan Stoffel Vandoorne untuk musim 2022-2023.[18][19] Ia meraih kemenangan perdananya bersama tim di ePrix Hyderabad perdana.

Musim ke musim[sunting | sunting sumber]

Jean-Éric Vergne pada tahun 2012.

Ringkasan karier[sunting | sunting sumber]

Musim Seri Tim Lomba Menang Pole F/Lap Podium Poin Posisi
2007 Formula Campus Renault Formule Campus 13 6 5 ? 10 189 1st
2008 Eurocup Formula Renault 2.0 SG Formula 14 0 0 0 1 58 6th
Formula Renault 2.0 WEC 15 0 0 0 3 95 4th
2009 Eurocup Formula Renault 2.0 SG Formula 14 4 5 2 9 128 2nd
Formula Renault 2.0 WEC 14 3 2 0 10 143 2nd
2010 British Formula 3 Championship Carlin 30 13 11 13 20 392 1st
Masters of Formula 3 1 0 0 1 0 N/A 4th
Macau Grand Prix 1 0 0 0 0 N/A 7th
GP3 Series Tech 1 Racing 4 0 0 0 0 9 17th
Formula Renault 3.5 Series 6 1 0 0 4 53 8th
2011 Formula Renault 3.5 Series Carlin 17 5 4 1 9 232 2nd
Formula One Scuderia Toro Rosso Test driver
2012 Formula One Scuderia Toro Rosso 20 0 0 0 0 16 17th
2013 Formula One Scuderia Toro Rosso 19 0 0 0 0 13 15th
2014 Formula One Scuderia Toro Rosso 19 0 0 0 0 22 13th
2014–15 Formula E Andretti Autosport 9 0 3 1 2 70 7th
2015 Formula One Scuderia Ferrari Test driver
2015–16 Formula E DS Virgin Racing 10 0 1 0 2 56 9th
2016 Formula One Scuderia Ferrari Test driver
2016–17 Formula E Techeetah 12 1 0 0 5 117 5th
2017 FIA World Endurance Championship – LMP2 CEFC Manor TRS Racing 8 0 0 0 1 81 10th
24 Hours of Le Mans – LMP2 1 0 0 0 0 N/A 6th
2017–18 Formula E Techeetah 12 4 4 0 6 198 1st
2018 European Le Mans Series G-Drive Racing 5 3 1 1 3 88.25 2nd
24 Hours of Le Mans – LMP2 1 0 0 0 0 N/A DSQ
2018–19 Formula E DS Techeetah 13 3 1 3 5 136 1st
FIA World Endurance Championship – LMP2 TDS Racing 1 0 0 0 0 12 16th
2019 European Le Mans Series G-Drive Racing 4 1 0 0 2 63 5th
24 Hours of Le Mans – LMP2 1 0 0 0 0 N/A 6th
2019-20 Formula E DS Techeetah 11 1 2 0 3 86 3rd
2020 European Le Mans Series G-Drive Racing 1 0 0 0 1 18 13th

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b About Jean-Éric Diarsipkan 2013-12-02 di Wayback Machine. – Scuderia Toro Rosso official Website
  2. ^ "RKC website". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-12-03. Diakses tanggal 2021-02-13. 
  3. ^ "European Championship – ICA 2005". driverdb.com. Driver Database. Diakses tanggal 13 July 2011. 
  4. ^ "World Championship Formula A 2006". driverdb.com. Driver Database. Diakses tanggal 13 July 2011. 
  5. ^ "Jean-Eric Vergne joins the Red Bull Junior Team" (PDF). ffsa.org. Fédération Française du Sport Automobile. 23 November 2007. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 18 February 2012. Diakses tanggal 22 September 2009. 
  6. ^ "Formula Renault 2.0 Eurocup 2008". driverdb.com. Driver Database. Diakses tanggal 22 September 2009. 
  7. ^ "Formula Renault 2.0 WEC 2008". driverdb.com. Driver Database. Diakses tanggal 22 September 2009. 
  8. ^ "WEC: Series Barcelona and championship summary". Motorsport.com. Motorsport.com, Inc. 20 October 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-07. Diakses tanggal 22 September 2009. 
  9. ^ Meens, Stefan (18 Agustus 2014). "Max Verstappen will make Formula 1 debut in 2015 with Scuderia Toro Rosso". verstappen.nl. Verstappen Info Page. Diakses tanggal 18 Agustus 2014. 
  10. ^ Gill, Pete (26 November 2014). "Jean-Eric Vergne to leave Toro Rosso". Sky Sports. Diakses tanggal 26 November 2014. 
  11. ^ Joseph, Noah (8 Desember 2014). "Jean-Eric Vergne signs on with Andretti Formula E". Autoblog.com. AOL. Diakses tanggal 13 Desember 2014. 
  12. ^ Bradley, Charles (13 Desember 2014). "Punta del Este Formula E: Debut pole for ex-F1 man Jean-Eric Vergne". Autosport. Haymarket Publications. Diakses tanggal 24 Agustus 2015. 
  13. ^ Bradley, Charles (13 Desember 2014). "Punta del Este Formula E: Buemi wins, late drama for Vergne". Autosport. Haymarket Publications. Diakses tanggal 23 Desember 2014. 
  14. ^ "Emotional Piquet emulates his father". FIA Formula E Championship. Formula E Operations. 4 April 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-04-07. Diakses tanggal 29 April 2015. 
  15. ^ "Ex-F1 racer Jean-Eric Vergne switches to Virgin-DS Formula E team". Autosport. Haymarket Publications. 8 Agustus 2015. Diakses tanggal 24 Agustus 2015. 
  16. ^ Grzelak, Antonia (14 Juli 2018). "Vergne crowned champion at Audi festival in New York". www.e-racing.net (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 14 Juli 2018. 
  17. ^ "Vergne claims historic two-time Championship title in New York". www.fiaformulae.com (dalam bahasa Inggris). 14 Juli 2019. Diakses tanggal 15 September 2019. 
  18. ^ "DS PENSKE announces Vandoorne and Vergne". FIA Formula E (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-12. 
  19. ^ "DS Automobiles, PENSKE AUTOSPORT to partner as DS PENSKE from Season 9". FIA Formula E (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-10-12. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]